Memperbaiki SuperUser Yang Tidak Memberi Akses Root

Posted by

Memperbaiki SuperUser Yang Tidak Memberi Akses Root - Pada tahun 2004, Android awal mulanya adalah sebuah sistem operasi yang ditujukan untuk kamera. Dulu bukan Android namanya. Suatu ketika saat para pengembang sistem operasi ini sadar bahwa di masa yang akan datang kamera tidak akan menghasilkan karya yang menakjubkan seperti sekarang ini, sistem operasi tersebut dialihkan ke device smartphone.

Lantas apa yang membedakan OS ini dengan OS lain yang lebih dulu ada? Android base nya ada di Linux, sebuah sistem operasi Open Source untuk desktop. Dengan membawa nama Open Source ini Android didaulat bebas untuk dikembangkan alias berhak untuk dimodifikasi sebebas mungkin sesuai keinginan penggunanya.

Tapi, masih ada tapinya. Walaupun Android itu sistem operasi Open Source namun tidak semua user bisa begitu saja mengotak-atik Android. Kemungkinan bila dipikir ulang demi menjaga keamanan sistem, Android dikunci oleh pihak pengembangnya sehingga akan membuat user-user yang tidak membutuhkan modifikasi tingkat lanjut bisa lebih safety / aman.

Untuk memulai mengoprek Android, kita harus mempunyai sebuah akses ke sistem. Bisa dikatakan kita harus menjadi 'Administrator' -- pada Windows --. Layaknya Symbian V3 yang biasa disebut 'Hack', iPhone yang sebutannya itu 'Jail Break', Android sendiri mempunyai nama 'SuperUser'.

Yah.. Nostalgia Linux deh akhirnya.

Memperbaiki SuperUser Yang Tidak Memberi Akses Root
Kebanyakan orang bilang "be a SuperUser on your device". So, how to be? Itu mudah :) Tutorial rooting Android banyak beredar diluar disana. Apapun jenis Android anda pasti bisa di root. Atau kalau mau nyari di blog ini juga ada sedikit Tutorial Rooting Android.

Yang jadi masalah disini adalah terkadang ada sebuah kejadian dimana walaupun kita sudah me-root smartphone kita, sudah muncul aplikasi SuperUser / SuperSU, tapi masih saja tidak ada akses SuperUser.

Kasusnya sama persis seperti yang sedang dialami salah seorang pengunjung yang kemarin sempat berdialog dengan saya.

Jujur saja saya belum pernah mengalami hal serupa. Meskipun terkadang pada waktu saya memilih-milih custom ROM yang tersebar di forum ada sebuah notice yang bila SuperUser nya error disuruh menginstal super_su_fix.zip yang sudah disediain tapi untungnya tidak pernah saya alami.

Hal tersebut sebenarnya mungkin saja terjadi apabila binary dari SuperUser nya rusak. Juga bisa saja terjadi entah karena ada file SuperUser di system Android mengalami kerusakan (corrupt) dan semacamnya.

Lalu bagaimana langkah penyelesaiannya? Ada lima cara yang bisa anda coba.
  1. Cara pertama : Rubah default access SuperUser nya menjadi Grant / Allow. Menu nya ada di Settings / Preference didalam SuperUser. Setelah itu test ke satu per satu aplikasi anda yang menggunakan akses root
  2. Cara Kedua : Update binary SuperUser anda. Menu nya ada di dalam SuperUser (bukan SuperSU). Sesudah itu, test
  3. Cara ketiga : Install Superuser Update Fixer (download di Google Play) fungsi nya sama seperti namanya
  4. Cara keempat : Re-install aplikasi SuperUser nya (bisa download lagi di Google Play) guna mendapatkan SuperUser versi terakhir & binary script yang baru
  5. Cara kelima : Root ulang Android anda memakai tutorial yang berbeda
Silahkan mencobanya satu per satu untuk Memperbaiki SuperUser Yang Tidak Memberi Akses Root. Untuk yang kemarin, solusinya ada di nomor 4. Entah itu berlaku untuk anda atau tidak.

Android yang sudah berstatus ROOTED namun tidak mendapatkan hak akses root bisa jadi karena kerusakan binary. Hal itu biasanya dialami oleh smartphone yang memakai custom ROM. Biasanya disertai juga dengan error-error yang lain. Tapi untuk stock ROM, ya wallahu alam hanya Allah yang tahu ^_^

Mudah-mudahan tutorial diatas dapat membantu anda dalam menuntaskan problem ini serta bisa dijadikan referensi bila kelak anda mengalami hal serupa.

Sekian tutorial Memperbaiki SuperUser Yang Tidak Memberi Akses Root ini.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 10:25:00 PM

8 komentar:

  1. Gan, gimana nih semua cara ud dibikin tp SU nya tetep gk ngasih akses root buat link2sd

    ReplyDelete
  2. RT gan sama kaya yg diatas. Pertamanya lancar-lancar aja. Tapi semenjak ane update su binary jadi error mulu, oh iya sama install superuser elite bajakan juga. Saya perlu buat buka Link2SD

    ReplyDelete
  3. Saya bukan supersu tetapi kinguser saya mengalami hal yang sama pertamanya berhasil di root tetapi besoknya tidak ada root premision

    ReplyDelete
  4. Nggx sempat rubah settingannya gan,masuk ke superSU gx bisa. Ada tulisannya su binary perlu di update tpi instalasi gagal

    ReplyDelete
  5. bos...
    kalo mau menghilangkan aplikasi superuser tadi gimna..
    kok kyk.y gk bsa dihpus

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah. Postingan yg sangat membantu :-bd

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah. Postingan yg sangat membantu :-bd

    ReplyDelete
  8. :-bd Alhamdulillah. Postingan yg sangat membantu

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email