tips menulis surat lamaran kerja, cara menulis surat lamaran kerja, cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan, cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, cara menulis surat lamaran kerja lewat email, cara menulis surat lamaran kerja di amplop, cara menulis surat lamaran kerja dalam bahasa inggris, cara menulis surat lamaran kerja di pt, cara menulis surat lamaran kerja di kertas folio bergaris

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat permohonan yang dibuat oleh pelamar, untuk kemudian dikirimkan pada suatu badan usaha atau instansi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang ditawarkan oleh instansi tersebut.

Membuat surat lamaran kerja harus dilakukan sebagaimana mestinya atau sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya.

Memahami Kerangka
Menulis surat lamaran kerja tidak bisa asal-asalan, harus sesuai dengan kerangka surat lamaran kerja. Pada beberapa perusahaan besar atau institusi, sudah disediakan kerangka. Sehingga sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah kerangka sudah disediakan ataukah belum.

Namun apabila belum disediakan, maka ikutilah kerangka pada umumnya yang bisa didapatkan dalam mesin pencarian. Cobalah untuk mencari lebih dari satu referensi untuk mendapatkan yang terbaik.

Paragraf Pembuka
Pembuka atau pengatar dari surat lamaran kerja terletak pada paragraf pertama. Isi dari pembuka adalah salam pembuka, sepatah dua patah kata, sumber informasi lamaran kerja, tujuan dari surat lamaran tersebut, serta posisi yang dilamar. Tidak perlu Panjang lebar menjabarkan, cukup singkat, padat dan jelas.

Dalam menuliskan sumber informasi lowongan kerja, pelamar dapat menyebutkan sumber-sumber seperti pengumuman, dari koran ataupun selebaran, suatu Lembaga yang bekerja sama, iklan internet, sosial media, radio, televisi, inisiatif sendiri, kantor penempatan tenaga kerja, ataupun sumber lainnya.

Isi Surat Lamaran
Surat lamaran kerja memiliki isi yang singkat, padat dan jelas. Surat lamaran yang baik dan benar tidak akan menggunakan banyak kata kata ataupun bertele-tele. Yang terpenting adalah bagaimana poin yang ingin disampaikan tersampaikan dengan baik. Idealnya isi dari surat lamar kerja terdiri dari:

Baca juga:   20+ Contoh Soal Bilangan Berpangkat Dan Jawabannya Lengkap

– Data Diri Pelamar
Setelah menuliskan kalimat pembuka serta kata pengantar pada aragraf pertama, kemudian dilanjutkan dengan data diri pelamar yang dituliskan pada paragraf kedua. Data diri pelamar meliputi nama lengkap beserta gelar, alamat, nomor telepon dan email.

Satu hal yang wajib diingat adalah tidak berlebihan dalam mendeskripsikan diri anda. Adapun informasi yang disediakan sebaiknya yang bersifat valid. Nomor telepon dan email yang dicantumkan harus yang paling sering digunakan (apabila anda memiliki lebih dari satu).

Adapun mencatumkan sosial media ketika tidak diminta sebaiknya hindari. Untuk mencantumkan alamat, tulis alamat selengkap mungkin hingga kode pos. Karena ketika diterima, alamat tersebut yang akan digunakan untuk keperluan kantor.

– Pendidikan
Latar berlakang pendidikan merupakan satu hal yang berpengaruh dalam melamar kerja. Mencatumkan pendidikan dalam surat lamaran kerja bukan sesuatu yang wajib.

Karena pada curriculum vitae atau daftar riwayat hidup sudah dicantumkan lebih detail. Untuk itu apabila informasi pendidikan diperuntukkan untuk memperkuat statement maka cukup sebutkan pendidikan yang terakhir atau yang bersangkutan.

– Pengalaman
Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Menuliskan pengalaman dalam surat lamaran kerja juga menambah salah satu poin penilaian. Pengalaman seseorang tentu lebih dari satu, untuk itu harap sebutkan pengalaman kerja yang paling terakhir beserta jobdesc tanpa perlu terlalu detail. Melalui pengalaman tersebut, cobalah untuk membuat link atau hubungan ke kemampuan yang didapatkan serta pekerjaan yang dilamar.

– Kemampuan
Pada daftar riwayat hidup, tentunya pelamar telah mencantumkan kemampuan yang dimiliki serta hobi. Maka dari itu dalam penulisan surat lamaran kerja, hanya perlu menyebutkan kemampuan yang akan menjadi kelebihan anda dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca juga:   Link Pendaftaran Lowongan Kerja Indomaret Terbaru, Segera Daftar Disini!

Paragraf Penutup
Pada paragraf penutup, pelamar diharapkan membuat kata kata yang mampu memikat pembaca agar terkesan. Pada bagian ini juga tidak lupa mengucapkan maaf dan terimakasih.

Adapula yang menambahkan kalimat untuk meminta dihubungi apabila ada informasi selanjutnya ataupun memberi sepatah duah patah kata harapan agar diterima. Sampaikan hormat serta nama dan tanda tangan anda.

Lampiran
Lampiran tidak termasuk dalam surat lamaran kerja. Hanya beberapa dokumen yang akan menjadi bentuk pembuktian tercantum. Untuk memasukan lampiran, dalam surat lamaran kerja harus ditulis apa saja berkas yang dilampirkan.

Biasanya dalam surat lamaran kerja, yang dilampirkan adalah kartu identitas, ijazah, surat referensi, daftar riwayat hidup, sertifikat dan pas foto. Tidak menutup kemungkinan ada dokumen lain yang apabila ingin dilampirkan.