Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT

Posted by

Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT - Ruang penyimpanan memori internal sudah umum menjadi masalah konstan untuk setiap pengguna Smartphone Android. Semua pengguna Android pasti pernah menghadapi saat-saat ketika anda tidak dapat menginstal aplikasi karena kurangnya kapasitas penyimpanan di memori internal.

Hal itu tentu masih ada pilihan lain untuk mengakalinya yakni dengan memindahkan aplikasi third party ke SDCard, bisa memakai Link2SD, App2SD, Ungaze, ataupun Amarullz. Tapi biasanya akan ada beberapa kendala lain yang muncul misal app nya tidak bisa dibuka, widget tidak mau berjalan, dan juga aplikasi yang di move tadi menjadi sedikit lemot / lag.

Ada berbagai macam aplikasi di Google Play yang bisa membantu Anda dalam menambah / memperluas kapasitas memori internal. Saat ini saya memakai Link2SD. Tidak ada kendala sama sekali selama saya menggunakannya sebagai metode memindah aplikasi Android ke SD Card. Soal pemilihan app / tweak mana yang bagus dipakai untuk memindah aplikasi ke SD Card, kembali lagi ke diri masing-masing.

Di tutorial kali ini, yang akan saya bahas yaitu Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT.

Apa INT2EXT itu? INT2EXT adalah script untuk meningkatkan ukuran / kapasitas memori internal Android anda dengan membuat sebuah partisi di SD card. Jadi sebetulnya bukan memori internal nya yang benar-benar bertambah melainkan pertambahan itu dibantu oleh SD Card kita.

Script ini diberi nama INT2EXT oleh pengembangnya, croniccorey. Script ini hanya untuk perangkat Android dengan status ROOTED dan untuk ROM yang sudah support init.d. (Baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android).

Berikut adalah tutorial singkat untuk menerapkan script ini.

DWYOR! - Do With Your Own Risk!

A. Persyaratan

Catatan : Anda harus mempartisi SD Card anda sedemikian rupa sehingga partisi anda harus berada dalam rasio 5:1 dengan penyimpanan memori internal. Berarti jika anda memiliki media penyimpanan internal 100MB, partisi tidak boleh melebihi 500MB. Untuk kinerja yang optimal tidak disarankan membuat partisi di atas 1GB. Satu lagi, hapus seluruh data yang berkaitan dengan Link2SD, A2SD, S2E, DC2SD dan lain-lain misal anda pernah menggunakannya.

B. Fase Eksekusi
  • Taruh file script INT2EXT kedalam SD Card anda
  • Boot Android anda ke CWM Recovery
  • Flash seperti biasa
  • Reboot
FAQ bisa dilihat di thread resminya (http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1716124)

Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:49:00 PM

4 komentar:

  1. Gan sy sdh sampai di fase eksekusi yg ke 3 : Boot Android anda ke CWM Recovery, nah itu cara flash, sy sdh masuk recovery mode, tp setelah sy pilih filenya, sy eksekusi file zip "CronMod-INT2EXT_signed" muncul tulisan "failure" trs, bagaimana cara nge flash yg benar?

    ReplyDelete
  2. Thanks gan tutorialnya, sy dah coba dan eksekusi di cmw, pas saya jalankan kok waktu nyampai proses "Only install SWAP2INT if you kernel supports swap 4ext: disable_scrn_update" (1/3 proses) lama banget.. emang begitu atau ada yang salah di prosesnya?

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email