Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet

Flashdisk sebagai alat penyimpanan yang ringkas ini populer ketika akses internet tidak semudah saat ini. Untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lainnya, flashdisk adalah alat yang menjadi primadona.

Terlebih bagi mahasiswa, flashdisk seperti menjadi barang wajib yang harus dimilki. Karena perannya yang cukup vital, kita juga harus tau bagaimana cara merawat flashdisk yang baik supaya bisa awet dan tahan lama.

Adapun berikut ini cara merawat flashdisk biar awet dan tahan lama serta beberapa tips supaya flashdisk tidak hilang.

1. Beri Gantungan Pada Flashdisk
Tips yang pertama adalah memberikan gantungan yang besar pada flasdisk. Gantungan yang besar memudahkan anda untuk mengetahui keberadaan flashdisk anda. Gantungan yang mudah dilihat dan mudah diingat, sangat bermanfaat sebagai solusi ampuh ketika flashdisk hilang.

2. Namai Flashdisk dengan Nomer HP
Seringkali kita menjumpai seseorang yang kehilangan flashdisk di tempat rentalan atau saat sedang ngeprint tugas. Mereka sering teledor atau sedang buru-buru ngeprint tugas, terlebih bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam.

Oleh karena itu, anda dapat melakukan solusi dengan memberikan nomor hp sebagai nama pada flasdisk anda. Karena dengan adanya nomor hp di flasdisk anda akan memudahkan bagi siapa saja yang menemukannya untuk menghubungi anda.

3. Selalu Eject Sebelum Dicabut
Aturan yang harus selalu dipatuhi supaya flashdisk awet adalah dengan melakukan eject sebelum mencabutnya. Hal ini difungsikan supaya menghindari file corrupt akibat pencabutan paksa.

Dimana eject flashdisk ini adalah proses dimana kita menginformasikan kepada komputer supaya menghentikan proses transfer data. Dengan begitu tidak ada file yang corrupt akibat masih terjadi proses transfer data namun sudah dipaksa dicabut.

Baca juga:   Panduan Lengkap: Cara Reset Remote AC LG dengan Mudah

Sekali lagi kebutuhan akan flashdisk sangatlah penting. Selain untuk transfer data, penyimpanan yang menggunakan flashdisk juga dimaksudkan untuk mengamankan file penting.

Laptop terkadang mengalami kerusakan atau problem-problem yang lainnya seperti terkena virus. Maka dengan anda menyimpan di flashdisk data-data dan file anda akan terjaga keamanannya.