» » Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3

Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3 - Dulu saya pernah membuat tutorial cara memindah aplikasi Android ke SD Card menggunakan Link2SD dengan file system FAT32. Alasan saya memakai FAT32 karena sudah dijelaskan disitus resminya Link2SD bahwa tidak semua jenis smartphone support menggunakan partisi EXT (EXT2, EXT3, EXT4) sedangkan FAT32 bisa dipastikan support. Kalaupun support memakai EXT, partisi EXT tersebut sebenarnya masih memiliki beberapa kelemahan.

Terkadang EXT2 bug nya suka nge-lag. Selain itu yang bikin saya paling tidak suka dengan EXT2, selain EXT2 ini kurang sempurna, SD Card yang second partition nya dibuat EXT2 maka first partition nya tidak akan terbaca di Windows. Generasi selanjutnya EXT2 yakni EXT3 hasil penyempurnaan EXT2 sudah lebih baik, sudah ada banyak peningkatan dan EXT4 yang merupakan hasil revisi dari EXT3 yang hingga saat ini masih menjadi yang paling tinggi justru malah kurang stabil. Sehingga hanya EXT3 lah yang daya kinerjanya tercatat normal untuk Android.

Baru-baru ini saya membeli sebuah hape yaitu Xperia Mini ST15i. Sudah saya oprek sedemikian rupa dan tentunya cara yang saya pakai untuk memindah aplikasi ke SD Card yaitu dengan menggunakan Link2SD.

Saya menyadari bahwa FAT32 itu bisa dipakai di smartphone apa saja tapi sebetulnya menurut pengamatan saya FAT32 memiliki kelemahan. Salah satunya aplikasi yang terlink dengan Link2SD bila dibuka terkadang sering 'not responding'. Hal itu bisa diselesaikan dengan mengganti SD Card kita ke class 10 (untuk hasil yang paling maksimal). Tapi kalau tidak, anda harus menanggung dan menikmati sendiri pedas manisnya menggunakan FAT32. Atau mungkin normal-normal saja di smartphone Android anda?

Sebagai alternatif lain, tidak ada salahnya anda mencoba EXT3 tersebut. Mungkin EXT3 lebih baik performanya di smartphone anda.
 
Tapi tenang tentunya saya tidak sekedar menyuruh anda untuk memakai EXT3 lalu urus saja sendiri masalah trouble shooting nya karena disini saya akan memberikan Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3.
 
Hal ini dilatar belakangi oleh Xperia Mini saya yang kebetulan tidak support EXT juga. Biasanya hampir seluruh custom rom CyanogenMod sudah support partisi EXT tapi untuk saat ini saya sedang tidak memakai MiniCM.

Tutorial ini sama mudahnya dengan tutorial yang sebelumnya (cari di kategori Modding didalam Sitemap).

A. Persiapan
  • Pertama yang harus dipersiapkan untuk memulainya yaitu second partition SD Card. Silahkan baca Cara Mempartisi SD Card Android untuk Link2SD. Perlu diingat kembali, yang akan kita pakai yaitu partisi jenis EXT3 jadi pada waktu pemartisian pilih EXT3 bukan FAT32 seperti yang ada di tutorial diatas.
  • Kedua, download data untuk membuat Android anda support EXT3. Download EXT3.ZIP disini.
  • Ketiga, download Link2SD versi terbarunya di Google Play Store. Atau cari di Google juga tidak masalah. Untuk saat ini seri terakhirnya versi 2.4.4.
  • Keempat yang akan menentukan semuanya yaitu ROOT. Sudahkah Android anda berstatus ROOTED?
  • Kelima, Root Explorer :)

B. Fase Eksekusi
  1. Sesudah anda mempersiapkan segala keperluan diatas, pindahkan data EXT3.ZIP yang sudah anda download ke SD Card. Kemudian ekstrak. Ada dua file didalamnya yaitu ext3.ko dan jbd.ko
  2. Pindah file ext3.ko dan jbd.ko ke /system/lib/modules/ dan rubah permissions nya menjadi rw-r--r--
  3. Buka folder /system/etc/ cari install-recovery.sh
  4. Rubah isinya menjadi seperti berikut  lalu SAVE :
#!/system/bin/sh
#added by link2sd
sleep 2
insmod /system/lib/modules/jbd.ko
insmod /system/lib/modules/ext3.ko
mount -t ext3 -o rw /dev/block//vold/179:2 /data/sdext2
mount -t ext3 -o rw /dev/block/mmcblk0p2 /data/sdext2
Secara default, mungkin isinya #!/system/bin/sh. Kemudian hapus saja itu semua dan ganti dengan yang diatas.

Baik proses editing EXT3 nya sudah selesai, kini anda bisa menginstall Link2SD lalu pilih jenis partisi EXT3 pada waktu awal membuka EXT3.  Klik OK bila muncul warning Mount script created lalu reboot.

Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3

Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3

Tutorial Cara Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3

Bila ada kendala yang terjadi pada anda, bisa langsung diutarakan di kotak komentar dibawah.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post