Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Posted by

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar - Android yang merupakan sistem operasi pada smartphone canggih (dan kini sudah merambat ke tablet dan phablet) umumnya support Multi Tasking dimana kita dapat menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Misalnya saja memutar aplikasi Music sambil browsingan di internet atau yang lain.

Walhasil karena support Multi Tasking, layaknya Symbian pastinya Android juga memiliki Task Manager yang mana itu merupakan pusat menejemen aplikasi yang running di background.

Namun dalam beberapa kondisi tertentu bentuk Task Manager itu biasa-biasa saja. Bahkan di versi Android terdahulu mulai dari CupCake sampai GingerBread sangat disayangkan interface nya sangat minim. Lain dengan ICS dan Jelly Bean yang sudah memiliki Task Manager yang bisa men-terminate program yang berjalan.

Artikel kali ini akan membahas Cara mengHapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar.

Pada Android biasanya cara kita masuk ke Task Manager dengan menekan tombol Home selama beberapa detik hingga Task Manager itu muncul. Kurang lebih tampilannya seperti ini,

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Mbosenin banget kan? :) Kini ada alternatif lain cara kita menghapus atau men-terminate aplikasi Android yang berjalan, cukup menggeser layar kita ke kiri atau ke kanan dan memilih aplikasi mana yang ingin kita hapus yaitu dengan Sidebar.

Seperti namanya, Sidebar adalah Task Manager Android dengan gaya minimalis, non-intrusif, dan sangat fungsional tidak bertele-tele. Sidebar ini bisa dioperasikan dengan cepat dan style nya bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

Fitur Sidebar,
  • Pin Aplikasi dan Toggle (Airplane, Bluetooth, WiFi, GPS, dan lain-lain) di sidebar samping
  • Memungkinkan untuk menghapus aplikasi yang berjalan (tinggal geser dan memilih aplikasi yang running untuk men-terminate nya)
  • Bisa menyesuaikan tampilan sesuka kita seperti merubah warna, opacity, ukuran, dan letak Sidebar
  • Berjalan pada waktu booting
  • Minim RAM dan tidak mempengaruhi daya tahan baterai
  • Notification yang sedang berjalan dapat dinonaktifkan (4.1 +) / dibuat tidak terlihat
  • Banyak widget yang dapat dipilih (Home, App Drawer, WiFi, Mobile Data, Bluetooth, GPS, Sound, Rotation, Contrast, Torch, Play / Pause / Stop Music, dan lain sebagainya)
Screenshot,

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Hapus Aplikasi Android yang Berjalan dengan Sidebar

Lebih ringkas dan simple bukan bila dibandingkan dengan Task Manager bawaan Android?

Untuk lebih jelasnya seperti apa Sidebar ini dan bagaimana cara mengoperasikannya bisa dilihat video nya langsung di official thread nya di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2152373

Sidebar ini dibuat oleh Mohammad Adib. Ia terinspirasi dengan tampilan Ubuntu yang menyediakan vertical app switch list yang mana kita dapat dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya hanya dengan sekali klik. Dan dengan bakat serta kekreatifannya ia lalu membuat aplikasi semacam itu untuk Android. Katanya, "Kalau di Ubuntu ada, kenapa Android tidak?"

Sidebar tersedia dalam dua varian yaitu versi Lite dan versi Pro. Silahkan download disini untuk yang versi Lite (https://play.google.com/store/apps/details?id=mohammad.adib.sidebar.lite) dan disini untuk yang Pro (https://play.google.com/store/apps/details?id=mohammad.adib.sidebar).

Untungnya Sidebar itu adalah sebuah aplikasi bukan sebuah moddingan flashable Zip yang belum tentu support untuk kebanyakan smartphone Android. Sidebar untuk yang versi Lite bisa diunduh secara gratis dan compatible untuk Android 2.1 keatas.

Berniat untuk meninggalkan Task Manager anda yang lama? Coba dulu Sidebar :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 2:59:00 AM

1 komentar:

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email