Cara Meringankan Performa Android dengan Menghapus Cache

Posted by

Cara Meringankan Performa Android dengan Menghapus Cache - Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa alasan mengapa memori internal kita dari waktu ke waktu terus menggendut yaitu karena dalvik cache yang terus menumpuk. Mungkin bila anda sering mendapati Android anda mengalami 'Low Internal Memory Space' itu bisa saja terjadi karena ulah dalvik cache.

Dalvik cache ialah temporary file atau file sampah yang dipakai oleh mesin virtual java untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android. Bila dalvik cache ini tidak mendapatkan penanganan yang telaten dan rajin bisa jadi memori internal anda bisa termakan dalvik cache hingga mencapai 50%.


Pada umumnya dalvik cache hanya menyerang memori internal saja karena dalvik cache hanya lah sebuah temporary file. Bila diibaratkan seperti bungkus pada makanan ringan. Tinggal dipakai lalu dibuang, dipakai dibuang, dipakai dibuang, dan seterusnya sampai menumpuk penuh ditempat sampah.

Clean Master (Cleaner) - Cara Meringankan Performa Android dengan Menghapus Cache
Tapi di Android ada juga temporary file yang memangsa kinerja dan performa Android. Bukan dalvik cache melainkan 'cache'. Ada cache dari aplikasi-aplikasi Android, cache dari temporary file di browser, cache dari history sms dan telepon, cache dari berbagai macam tweak dan sebagainya yang sebenarnya itu semua merupakan file sampah juga.

Selain merugikan, cache semacam itu juga harus dimusnahkan.

Untuk itu disini mari kita coba Cara Meringankan Performa Android dengan Menghapus Cache. langkah-langkahnya kita ambil cara yang instant yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dari yang saya ketahui aplikasi cache cleaner yang paling ampuh saat ini yaitu Clean Master (Cleaner) yang merupakan aplikasi cleaner favorit dari Life Hacker dan XDA Developer.

Sedikit ulasan mengenai aplikasi diatas, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Clean Master (Cleaner) untuk anda.

Simak baik-baik.
  • [Junk File] - Membersihkan Cache dan File Residual
Ini akan membantu anda menghapus cache dan file residual di Android dengan mudah. Pada perangkat Android, cache dan sisa temporary file akan selalu menumpuk dan mengambil ratusan megabyte internal anda, bahkan dalam beberapa kasus bisa memakan hingga beberapa gigabytes.
  • [Privacy] - Hapus History
Privasi itu penting dan banyak aplikasi pihak ketiga anda secara diam-diam merekam informasi pribadi anda misalnya seperti SMS / MMS, Data web browser, history pencarian Google dan lain-lain. Clean Master dapat melakukan penghapusan, juga dapat menghapus data-data browser, data clipboard dan data history dari banyak aplikasi lain seperti WeChat, Whatsapp, Spotify, Pinterest, Baris dan lain sebagainya.
  • [Task Killer] - Advanced Task Manager
Task yang berjalan di background tidak hanya menempati RAM sistem saja tetapi juga merugikan baterai anda. Task Killer Clean Master dapat menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background dan melepaskan lebih banyak RAM untuk mempercepat perangkat Android anda. Tinggal kita tekan 'Boost' sebagai shortcut untuk menjalankan Task Killer dan Clean Master akan langsung melakukan tugasnya untuk membersihkan aplikasi background.
  • [App Manager] - Backup, Move to SD & Uninstaller
App Manager terdiri dari uninstaller dan backup assistant. Clean Master menawarkan fitur untuk meng-uninstall aplikasi dengan mudah hanya dengan satu kali klik saja. Juga, anda dapat mem-backup file apk ke SD Card dan menginstallnya ulang nanti menggunakan apk installer dari App Manager. Clean Master juga dapat memindahkan data aplikasi ke kartu SD untuk menghemat ruang internal khusus bagi anda pengguna Rooted.
  • [Widget] - Memory Booster Widget
Sekarang widget memory booster hadir bersamaan dengan versi 3.5.0. Tentunya hal ini akan mempermudah anda untuk keperluan boosting RAM Android.

Menariknya aplikasi Clean Master (Cleaner) ini tersedia gratis untuk diunduh melalui Google Play. Silahkan download disini, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleanmaster.mguard atau anda juga bisa mendapatkan versi terbarunya dengan langsung menuju halaman web resminya di http://www.ksmobile.com/

Semoga dengan dihapusnya file temporary yang tidak berguna tersebut bisa membuat Android anda bekerja lebih optimal tanpa ada pengaruh dari hal-hal lain.


Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya dan silahkan masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 1:55:00 AM

2 komentar:

  1. mantap gan...kalau gak salah itu aplikasi tambahan dari go launcher ex ver 3.9.1.1 tap tidak pernah instal
    hehehe
    sekarang nyedot ah

    ReplyDelete
  2. Okee makasih gan infonya... sangat membantu...

    jangan lupa mampir ya : http://satriosuryadinugroho.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email