Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android

Posted by

Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android - Tutorial kali ini berbeda dengan tutorial hari-hari sebelumnya. Semenjak awal kita menjalankan ibadah puasa Ramadan kemarin hingga sekarang hanya tutorial flashing dan tutorial rooting saja yang saya bahas. Mungkin pernah sesekali saya membahas soal review gadget atau aplikasi. Untuk kali ini mari kita sama-sama belajar ngoprek Android lebih tepatnya ngoprek aplikasi Android.

Jadi terkadang selain dari segi ketahanan performa Android, orang akan melihat terlebih dahulu tampilan Android nya soalnya tipe-tipe orang itu juga berbeda-beda. Diantaranya ada yang hanya mementingkan tampilan (enggak mau kalau dilihat orang Android nya terkesan biasa-biasa saja), ada yang sangat mementingkan kinerja (sehingga dia sukanya nyari-nyari tutorial cara menambah ram dan performa Android, cara mempercepat kinerja Android dengan tweaks, dan lain-lain sampai-sampai smartphone Android nya smooth banget ngalahin Samsung Galaxy S4 kalau pas lagi digeser), ada yang masa bodoh dengan itu semua yang penting Android nya bisa buat SMS sama telpon pacarnya (bukan saya), seperti itu.

Rata-rata pengguna Android yang masih pemula alias baru belajar, awalnya ia merubah tampilan Android dengan hanya mengganti launcher. Terkadang dengan menginstall beberapa widget lain ditambah pengukur baterai dan kecepatan internet di status bar sudah membuatnya cukup senang dan PD untuk memamerkan smartphone nya ke teman terdekatnya.

Selain itu ada juga yang dengan sikap pantang menyerahnya memberanikan diri mengoprek file APK system seperti SystemUI atau framework karena ingin dianggap ahli / master padahal ia tak tahu menahu apa yang ia kerjakan. Walhasil setelah ia menirukan apa yang dituliskan di tutorial yang ia baca, hasilnya smartphone Android nya bootloop karena salah edit file.

Baik lah itu tadi hanya guyonan pengantar sebelum kita melanjutkan tutorial Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android.

Umumnya struktur aplikasi system Android itu sama mulai dari menu, tata letak hingga tampilannya. Misal pada seri Android Cupcake, Eclair sampai Gingerbread, struktur didalam menu Settings nya sama semua. Mungkin hanya pewarnaan seperti background nya saja yang sedikit dirubah.

Jika anda bosan dengan pewarnaan background aplikasi-aplikasi Android tersebut, dengan mudah anda pun bisa merubahnya.

Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android, contohnya seperti ini :


Atau yang ini :

Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android

Jadi yang perlu kita lakukan yaitu merubah isi framework-res.apk yang kita peroleh dari system Android kita, kita rubah beberapa line didalamnya dengan value yang sudah ditentukan.

Langsung saja mari kita mulai.

A. Persiapan

  • Tutorial berikut hanya untuk anda yang memakai Custom ROM Android dengan seri Eclair, Froyo maupun Gingerbread. Selain itu jangan mencobanya
  • Buat sebuah Nandroid Backup untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu bootloop karena edit file system seperti framework-res ini sangat beresiko terjadi bootloop. Baca Tutorial backup ROM Android
  • Pastikan komputer anda sudah terinstall Java. Jika belum silahkan cari di google "Download Java"
  • Download APKManager (http://www.mediafire.com/download/qukmcc8thst0kiv/Apk_Manager_5.0.2.zip) untuk compile dan decompile APK Android
  • Download Notepad++ sebagai alat untuk merubah isi XML
B. Fase Eksekusi
  • Karena anda sudah memakai Custom ROM Android pastinya sudah tidak terlalu susah lagi untuk menjelaskan kepada anda karena saya anggap anda sudah masuk ke dalam kategori Advanced. Pertama ambil framework-res.apk yang berada didalam /system/framework/. Pindahkan kedalam komputer
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Download APKManager kemudian ekstrak kedalam sebuah folder. Pindahkan framework-res.apk tadi ke folder place-apk-here-for-modding didalam APKManager
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Buka file Script.bat yang berada didalam APKManager. Bila framework-res nya sudah benar berada di folder yang saya tentukan, maka di line paling atas tertulis Current-App: framework-res.apk. Ketik angka 9 untuk Decompile APK
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Hasilnya setelah anda men-decompile APK tadi bisa dilihat didalam folder Project
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Cari file bernama styles.xml didalam folder /res/values/
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  •  Klik kanan, arahkan ke Edit with Notepad++
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Disini waktunya kita modding. Tekan CTRL+F lalu cari line style name="Theme". Didalam tag line tersebut ada banyak line yang berbeda-beda. Cari lagi item name="colorBackground" dan item name="windowBackground" (tinggal scroll kebawah tidak perlu CTRL+F). Setelah ketemu, keduanya ganti value nya menjadi @color/transparent
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android

Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Setelah itu Save
  • Langkah terakhir tinggal kita Compile kemudian kita kembalikan ke system Android kita. Masuk lagi ke Script.bat & ketik angka 11 (Compile APK)
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Perhatikan terus warning-warning yang keluar. Warning pertama yang mengisyaratkan apakah aplikasi tersebut merupakan aplikasi system, ketik Y. Warning yang kedua ketik N. Bila diketik Y, maka percuma anda mengedit file styles.xml tadi. Kemudian tunggu hingga prosesnya berjalan sempurna
Cara Menambah Efek Transparan Pada Aplikasi Android
  • Beres :) lihat di place-apk-here-for-modding. Disana akan ada file framework baru yang baru saja anda edit. Sekarang tinggal masukkan kembali framework tersebut kedalam Android anda, jangan lupa untuk merubah permissions nya.
*Catatan : Jangan panik bila terjadi bootloop (gagal booting). Mungkin ada beberapa hal yang anda lewatkan. Entah merubah permissions nya atau salah edit styles. Jika terjadi bootloop tinggal direstore ulang ROM yang sudah anda backup dan Android anda akan langsung sembuh.

Tutorial diatas kelihatannya panjang tapi bila anda baca dengan teliti dan dipahami, jika dipraktekan tidak sampai lima menit.

Semoga lancar :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:38:00 PM

13 komentar:

  1. mas... sebelum edit APK kan harus ada Java..
    saya udh ada javanya.. tpi ko di APKmanager gak detect ada Java yahh...?? itu knp mas

    ReplyDelete
  2. gagal mulu gan napa ya ?? udh bbrpa kali pdhal..

    ReplyDelete
  3. Klo utk ics gan???kok folder value nya gak ada ya???

    ReplyDelete
  4. Klo utk ics gan.??kok folder value nya gak da ya.puyeng ngubek2.tlong pencerahanya.mkasih

    ReplyDelete
  5. blognya keren gan.. tutorialnya mudah di pahami thanks ya :D

    ReplyDelete
  6. gan kalo bisa tutor yg tanpa pc...katena rata2 ..gak punya pc....opek lewat hh langsung..
    ino hanya saran kalo tdk di terima juga gak papa...

    ReplyDelete
  7. kalau buat android jely bean caranya gmn

    trima kasih

    ReplyDelete
  8. kalau untuk android jely bean bagaimana caranya gan?

    trima kasih

    ReplyDelete
  9. untuk android jely bean bagaimana caranya gan? mohon bantuanya

    terima kasih

    ReplyDelete
  10. gan kok di memori hanpone saya gak ada folder system

    ReplyDelete
  11. Setau saya jika melakukan hal seperti ini resikonya sangat rentan dgn bootlop. Ukuran apk framawork 12mb lebih jika melakukan eksekusi seperti akan berdampak buruk. Beberpa kali anda melakukan seperti ini hanya pada mereka itu sama tidak di artikan sekali. Jadi para pengembang merancangkan sebuah tool memeberi kemudahan anda untuk merubah system UI seperti background transparen style setting yang menakjubkan . Coba anda perhatikan cara legal tidak bekerja dengan baik .
    Xposed membantu anda untuk memecahkan solusi terbilang aman. Pastikan pramgkat anda berakar . Xposed akan bekerja jika anda memiliki tool xblast .

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email