Cara Melegakan Memori Internal dengan Link2SD Extreme

Posted by

Cara Melegakan Memori Internal dengan Link2SD Extreme -Tutorial ini merupakan tutorial yang dicari-cari banyak orang. Bagaimana tidak lha wong sebetulnya Link2SD itu tetap memakan memori internal sedangkan yang diminta oleh banyak orang itu internalnya benar-benar kosong song song.

Awalnya entah darimana trik yang satu ini berkembang, yang saya tahu trik ini muncul dari blog nya Surabaya Galaxy Community (baca disini). Entah apa trik nya berkembang di forum XDA atau dimana saya juga kurang paham yang jelas trik yang dinamai "Link2SD Extreme" ini lumayan ampuh bila dipakai.

Jadi Link2SD Extreme berbeda dengan Link2SD basic. Kemungkinan besar setelah anda mencoba mengaplikasikannya ke handheld Android anda, internal memory nya jauh lebih banyak kosongnya dibanding menggunakan Link2SD versi standard.

Prinsipnya sebetulnya Link2SD itu tetap memakai memori internal walau tidak terlalu besar (/data/). Nah dengan teknik yang dilakukan Link2SD Extreme, data yang tersimpan di internal dialihkan langsung secara manual ke folder sdext.

Cara Melegakan Memori Internal dengan Link2SD Extreme

Langsung saja berikut Cara Melegakan Memori Internal dengan Link2SD Extreme.

A. Persiapan 
  • Diharuskan bagi yang mengikuti tutorial ini benar-benar sudah paham dengan sistem bongkar pasang Android (Oprek Android). Bagi yang belum, saya tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan data maupun error yang keluar karena ini hanya untuk pengguna advanced saja yang saya yakin bisa dengan sendirinya melakukan trouble shooting bila terjadi kekeliruan. Tapi saya juga tidak melarang anda mencobanya. Kenapa seperti itu? Karena saya belajar introspeksi dari tutorial cara install Link2SD yang dulu pernah saya bahas. Disana banyak sekali terjadi kendala-kendala salah satunya kebanyakan dari mereka tidak membaca tutorialnya dengan teliti terlebih dahulu sehingga error, tidak bisa mengkonfigurasi Link2SD, tidak bisa memindah aplikasi Android ke SD Card, dan lain-lain. Yang lebih membuat saya mangkel lagi, ada yang membanding-bandingkan saya dengan orang lain "kok tutorialnya gini? Padahal di blog si A gini. Tolong pencerahannya dong gan". Ingat setiap pengguna Android itu mempunyai cara tersendiri bung bukan asal njiplak. #Curhat
  • Pastikan Android anda sudah support Init.D. Tutorial cara mengaktifkan init.d Android ada disini
  • Pastikan anda tidak menggunakan metode cara memindah aplikasi Android ke SD Card apapun misalnya App2SD, DC2SD, S2E, dan lain-lain
  • Persiapkan File Manager yang support akses ke System (disarankan Root Explorer)
  • Backup seluruh aplikasi Android anda karena kita akan merombak Link2SD. Tutorial cara backup aplikasi Android ada disini

B. Fase Eksekusi 

Simak baik-baik.
Kalau sudah menggunakan Link2SD sejak dulu bagaimana? Lebih amannya dimulai lagi saja dari awal dan agar aplikasi-aplikasi yang sudah anda install tidak hilang bisa anda backup terlebih dahulu misal memakai Titanium Backup. Saya cuma cari aman :)
  • Selanjutnya buka Link2SD. Sesuaikan pilihan file system di menu pilihan Link2SD dengan file system second partition anda (EXT4)
  • Restart ulang smartphone Android anda lalu buka Link2SD, masuk ke menu Settings
  • Silahkan uncheck semua pilihan opsi yang berada didalamnya lalu exit
  • Masuk ke file manager (Root Explorer)
Perhatikan.
  • Buka folder /data/sdext2/, hapus seluruh data & folder yang berada didalamnya hingga kosong (bila ada)
  • Kembali ke folder /data/, copy folder app, data, app-private, dan dalvik-cache ke /sd-ext/ (bukan /data/sdext2/). Ingat, COPY bukan CUT
  • Kemudian masuk ke folder /sd-ext/, Buat link dari ke-empat folder yang tadi anda copy dengan menekan + menahan folder tersebut, geser kebawah dan pilih Link to this folder. Tujukan ke folder /data/. Setelah masuk ke folder /data/, klik Create link yang berada disisi bawah layar. Lakukan itu semua ke empat folder tadi. Jadi pertama tekan + tahan folder /sd-ext/app/ lalu pilih Link to this folder dan arahkan ke folder /data/ kemudian klik Create link  dan seterusnya
  • Terakhir reboot perangkat Android anda
Insya Allah setelah anda mengikuti seluruh step diatas, internal memory Android anda lebih banyak kosongnya dibanding menggunakan Link2SD versi standard. Alasannya sudah saya katakan bahwa sebetulnya itu Link2SD tetap memakai memori internal walau tidak terlalu besar (/data/). Nah dengan di Link kan nya ke-empat folder tadi ke sdext maka secara nalar folder data tidak kebagian space aplikasi lagi.

Bila anda berhasil, saya ucapkan selamat. Namun bila gagal dan bingung / frustasi, lebih baik kembalikan lagi semuanya seperti semula. Resiko tukang oprek, berani berbuat berani kehilangan.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 4:10:00 PM

50 komentar:

  1. waduh mas tutorial yg ini ga saya ambil dulu deh. soalnya saya masih cukup puas sama Link2SD versi standard. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mending kalau udah manteb gak usah coba-coba lagi takutnya malah kecewa :)

      Delete
  2. gan pnya sya link2sdnya udh di uninstall trz ganti yg bru tpi pilhan ext partitionya kok ndak keluar ya, dan jga foldr /data/sdext2/ ad tpi klo foldr /sdext2/ ndak ad , ad nya folder /sd-ext/ gan!!!
    mohn pencrhannya, pnya sya xperia x8, os jb!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. versi berapa link2sd nya? v2 kebawah gak pakai pilihan partisi setahu saya.
      iya pakai sd-ext mas

      Delete
  3. versi 2.4.4 gan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ribet mendingan pakai teknik yang biasa :)

      Delete
  4. sdext2 itu maksudnya sdext ta gan....

    ReplyDelete
  5. Setelah coba link2sd Extreme...hp sy jdi lemot,tiap buka aplikasi bth wktu agak lama,
    Hal ini mungkin dikarenakan semua app meload semua kerjanya lewat sd card. atau mgkn jg class sd sy yg rendah (clas 6). apabila sy ganti sd clas 10, apakah bisa lbih cepat?terima kasih.

    ReplyDelete
  6. mantap gan , sukses di hp ane intenal nya bener bener kosong di banding link2sd yg versi standart , walawpun tadi'a hp ane sempet bootlop , tapi akhir nya bisa juga gan .

    ReplyDelete
  7. gan Kalo partisi SD card nya pake cwm , bisa untuk trik INI ga ?

    ReplyDelete
  8. gan Kalo partisi SD card nya pake cwm ,bisa untuk cara INI kah

    ReplyDelete
  9. gan Kalo partisi SD card nya pake cwm, bisa untuk tutorial INI ga?

    ReplyDelete
  10. bisa mas gan. partisi dari CWM hasilnya EXT3

    ReplyDelete
  11. rada ragu nyobanya gan, klw nanti tiba2 microsd ane corrupt bisa gawat, soalnya sring copot pasang krtu memory bwt transfer file, anyway thax infonya!

    ReplyDelete
  12. buat yg blm bisa mungkin custom rom'a gak suport ama script di atas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Tambahan : Tutorial diatas juga bisa pakai EXT3. soal urusan support enggaknya, baca dulu yang satu ini --> http://yusronkrista.blogspot.com/2013/07/tutorial-cara-install-link2sd-android-memakai-partisi-ext3.html

      Delete
  13. bisa menyebabkan HP bootlop kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja.
      kalau ragu mending pakai cara yang standard :) saya tidak lagi memakai link2sd extreme

      Delete
  14. bos, apa bisa Cross A10 upgrade IS yang lenih tinggi? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya enggak mas catur. silahkan cari di google :)

      Delete
  15. mas yus,q kan partisi microSD q dng ext3,dan berhasil,,kemudian q masukkan microSD ke HH tp kok blank microSD jawabana,,apa cara partisinya yg salah ya,mohon pencerahanya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. blank gimana? lengkapnya gimana? coba baca ini : http://yusronkrista.blogspot.com/2013/07/tutorial-cara-install-link2sd-android-memakai-partisi-ext3.html

      Delete
    2. trimakasi mas yus
      atas bantuanya,kemarin q blum download file ext3.zip nya,,

      Delete
  16. gan< ane pernah nyoba ini, os JB 422 leak,
    partisi 1 fat32
    partisi 2 ext2
    pada bagian ini:

    "Kembali ke folder /data/, copy folder app, data, app-private, dan dalvik-cache ke /sd-ext/ (bukan /data/sdext2/). Ingat, COPY bukan CUT"
    ++ ane cut

    waktu mau me-Link-an ke empat folder yg ada, waktu mau menekan + menahan folder di root explor ke hang and stop proses.. kira2 salah dimana ya bro..

    thanks

    ReplyDelete
  17. Gan kok folder sd-ext gk da ya
    Klo dibuat manual bisa gk gan?
    Trus bagaimana dgn permisi nya?

    ReplyDelete
  18. Mas yus, saya tdk menemukan folder sdext yg ada folder sdext2 saja, apa ada yg salah?
    Thanks

    ReplyDelete
  19. Wah mas ribet banget...
    Tapi misalkan SD card dicabut aplikasi pada engga bisa jalan ya?

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Sama, saya cari SD-Ext gak nemu, bagaimana solusinya ya?

      Delete
  21. bagaimana membedakan sd card kita class berapa ???? saya pakai sd card v gen 8GB mas. mohon pencerahan nya. terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Gan cara menghetahui Rom support EXT2/EXT3/EXT4 Gimana cara nya?Sya pake Rom Galaxy 7 (Custom Build Version = G7V4).,versi Kernel 2.6.35.7
    Trimksih sblum nya...:)

    ReplyDelete
  23. gan sudah sy jalankan semua dengan lancar dari init d, busybox, partisi jd 2 fat32 dan primary,lanjut link sd autolink dan buka file manager dengan root browser, tapi ko ya internal di advan 01a tetep 155 mb?

    apa yang salah ya....apa seharusnya setelah direboot file internal jadi membesarkah?

    di link 2 sd dah terlihat sdcard 1 dan 2.

    Saat di root browser bukan root xplorer yg sy pakai, cuma terlihat 1 sdcard, app, data, app-private, dan dalvik-cache sy copi dan dibuat create shortcut bukan create link, sama saja kan gan?
    mohon pencerahan langkahnya terutama untuk advan o1a. trims banyak ya gan

    ReplyDelete
  24. support Init.D yang untuk GT-S5360 aada gak gan aku pengen nyobak yang ini

    ReplyDelete
  25. mas sebenernya pake yg /sd-ext/ atau /data/sdext2/ ?
    karna sblmnya saya pake yg /data/sdext2/ internal jadi lebih longgar trus klo ngecek dipengaturan aplikasi yg sudah terinstal dstu memory yg bebas'a bisa minus.
    nah masalahnya disaya jd ga bisa nginstal aplksi dari google play harus download apk dlu.
    apa emang ga bisa nginstal aplksi dari google play? :p

    ReplyDelete
  26. SALAM KENAL GAN....slmnya
    step dari sini
    >>> Selanjutnya buka Link2SD. Sesuaikan pilihan file system di menu pilihan Link2SD dengan file system second partition anda (EXT4).
    kok proses tunggu nya lama gan....
    kalo normal nya brp lama gan?
    aku pake andromax-c

    ReplyDelete
  27. Bro,
    saya sudah coba dan berhasil dan ga ada masalah. lancarlah pokoknya.

    Satu satunya masalah karena saya pakai memory card 4GB, dan saya mau ganti ke ke memory card 16GB. Karena tiap aplikasi BARU yang saya install, selalu hilang pas HH nya di restart, hanya tinggal shortcut nya aja. Tapi aplikasi lama, aman, tidak hilang.

    Rencana dengan memorycard 16GB, yang baru, saya partisi agak gedean.

    Nah balikin ke semula gimana caranya yah bro….
    Bantu yah ….Thanks nih.

    ReplyDelete
  28. gan punya sya koq ngga ada pilihan link to this folder ya? sorry newbie

    ReplyDelete
  29. gan punya sya koq ngga ada pilihan link to this folder ya? sorry newbie

    ReplyDelete
  30. gan, hp aq udah di oprak2 bikin scrip swap n link2sd eh kmaren2 error aplikasi pada force close, hbis itu aq factory reset trus kira2 script Link2sd di init.d bisa langsung di hapus gtu aja nggak gan? cz pengen pkek link2sd standart aja daripada pkek extreme hp malah lemot...... mohon pencerahannya, Thanks ya......^_^

    ReplyDelete
  31. Salam kenal agan semua

    ReplyDelete
  32. kok di punyaku ga ada /sd-ext ya gan?

    ReplyDelete
  33. alhamdulilah akhirnya setelah mencari kemana mana akhir nya bisa juga ,,,
    skedar saran aja sd-ext ama sd-ext2 itu follder yang sama aja masih ttep itu juga dan mungkin jga maaf admin nambahin ternyata yang di link to this folder adalah di folder data yang kita copy tadi ,, thanks admin ^_^

    ReplyDelete
  34. Sumpahhh om, aq mumettt hahahaha... tapi mantablah mas bro

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email