» » Cara Flash Galaxy Wonder ke CM10 Jelly Bean

Cara Flash Galaxy Wonder ke CM10 Jelly Bean - Artikel ini menjawab salah satu request dari seseorang yang tak saya kenal yang meminta saya untuk membuat tutorial bagaimana cara membuat Galaxy Wonder menjadi Jelly Bean.

Sebelumnya pagi tadi saya membuat sebuah pengumuman (baca disini) dibarengi dengan dibuatnya sebuah page baru yang saya namai Request Android.

Berbeda dengan Curhat Android yang isinya curhatan-curhatan mengenai gejala-gejala Android mereka, Request Android ini saya khususkan bagi anda yang ingin merequest artikel tutorial Android, review gadget, review game Android, dan lain sebagainya. Tujuannya tak lain dan tidak bukan hanya untuk mengorganisir apa-apa saja yang ada di blog ini supaya menjadi rapi. Gak relevan banget kan Tutorial Cara Menambah RAM Android isi komentarnya request Bagaimana Cara Memperbaiki Android yang Bootloop.

Baik, Samsung Galaxy W I8150 a.k.a Galaxy Wonder merupakan smartphone Android keluaran Samsung pada Oktober dua tahun silam dengan membawa sejumlah perbedaan dengan smartphone Samsung yang dirilis pada tahun yang sama. Salah satunya yang paling dominan yaitu bentangan layar selebar 3.7 inch.

Dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar yakni 1.7 GB untuk storage & 2 GB ROM serta 512 RAM, clock CPU 1.4 GHz Snapdragon dan sudah ber-GPU Adreno 205 membuat Galaxy W menjadi incaran penggila spec.

Meskipun begitu dengan spesifikasi setangguh itu sayang Samsung Galaxy W ini tidak mendapatkan jatah update Official Android ke versi selanjutnya seperti Samsung Galaxy Chat dan Samsung Galaxy S2. Sampai sekarang Samsung Galaxy W masih memakai OS v2.3.5, apalagi kalau bukan Gingerbread.

Rasanya rugi sekali bukan bila si 'monster' ini tidak dimanfaatkan kelebihannya? Kalau hanya untuk Gingerbread saja dengan spesifikasi minim pun masih lancar.

Untuk itu lah sebagai jalan lain supaya Galaxy Wonder mampu merasakan versi Android yang lebih tinggi daripada Gingerbread kita bisa menggunakan Custom ROM.

Disini akan saya jelaskan Cara Flash Galaxy Wonder ke CM10 Jelly Bean, yang saya pakai Custom ROM dari CyanogenMod tepatnya CM10 (Jelly Bean). Rasanya untuk masalah Custom ROM saya tidak begitu percaya dengan developer ROM lain. Lebih srek sama CyanogenMod basic :)

Berikut ini Cara Flash Galaxy Wonder ke CM10 Jelly Bean. Perhatikan dengan seksama, baca dulu hingga selesai baru anda boleh mempraktekannya.

A. Persiapan
B. Fase Eksekusi
 
Langkah-langkah Cara Install CM10 Jelly Bean di Samsung Galaxy W ini tergolong mudah. Hampir sama dengan Cara Install Jelly Bean di Samsung Galaxy Mini. Tidak memerlukan waktu yang lama, mungkin hanya membutuhkan beberapa detik saja.
  • Pertama persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan diatas. Install CWM Recovery kemudian download ROM CM10 dan GApps nya lalu pindah ke dalam SD Card anda. Jangan ditaruh didalam folder supaya mudah untuk dicari
  • Matikan Galaxy W anda, masuk ke CWM Recovery
  • Pilih Wipe Data / Factory Reset
  • Pilih Install Zip From SDCard
  • Arahkan ke ROM CM10 tadi lalu install
  • Masuk lagi ke Install Zip From SDCard, install GApps
  • Pilih Reboot
Tunggu beberapa saat hingga Galaxy W anda menyala dan selamat :) Kini Galaxy Wonder anda sepenuhnya telah menjadi Jelly Bean.

Pada awal booting mungkin akan sedikit lama karena ROM baru itu harus menyesuaikan dulu dengan Galaxy W anda. Bila proses booting tak kunjung selesai dan disinyalir bootloop, masuk lagi ke menu CWM lalu pilih Wipe Data / Factory Reset.

Demikian tutorial update Jelly Bean untuk Galaxy W, baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post