» » Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error

Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L MT25i yang Bootloop dan Error - Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara flashing yang benar dan mudah untuk jenis Xperia tipe Neo L. Alasan mengapa saya membuat artikel flashing Neo L karena banyak yang mengeluh-eluh kan Cara Root Sony Xperia Neo L MT25i itu sulit, ribet, harus ganti kernel android dulu baru bisa nginject SuperUser, banyak terjadi error disana-sini setelah ganti kernel untuk rooting, WiFi nya rusak gak mau nerima sinyal dan lain-lain.

Sebetulnya bila anda mau membaca dan belajar dengan teliti, mencari solusi disaat pikiran kita sudah buntu, bermain logika, semua itu akan cepat terpecahkan asalkan ada usaha dan kemauan. Jujur kalau saya itu sedikit gengsi bila disuruh tanya ke orang :p bukan nya sok pintar sok bisa atau sombong tapi saya yakin saya bisa mengatasinya sendiri (soalnya itu 'masalah pribadi' saya dan saya sendiri pula yang memulainya). Baru deh kalau udah mentok sementok-mentok nya saya mau bertanya ke pakar nya langsung.


Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error
Zaman sekarang sudah serba canggih. Dulu kita harus belajar dari seorang guru yang ahli dibidangnya untuk mendapatkan sedikit ilmu. Tapi sekarang, kita pun bisa belajar tanpa didampingi seorang guru yang benar-benar ahli. Yaitu belajar otodidak dengan si Mbah Google. Saya bisa buat blog ini juga gak ada yang ngajari. Semua dari Google.

Baik memang kalimat-kalimat diatas ialah kalimat lama tapi sekedar untuk menambah penyemangat mengingat bulan ini juga merupakan bulan yang suci bagi kaum muslim. Kita harus berusaha dan bekerja keras demi mewujudkan apa yang kita inginkan.

Rooting Xperia Neo L itu mudah kok. Di step by step nya sudah saya jelaskan dengan gamblang tanpa ada yang harus dikhawatirkan. Tapi bila anda merasa resah gundah gulana karena Xperia Neo L anda sudah tidak p*r*w*n lagi dengan beberapa bug yang mulai bermunculan, anda bisa mengembalikannya seperti sedia kala dengan mem-flash ulang Xperia Neo L anda.

Berikut Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L MT25i yang Bootloop dan Error.

A. Persiapan
  • Download & install Flashtool untuk mem-flash stock rom Xperia Neo L
  • Untuk masalah driver tidak perlu anda cari karena sudah ada didalam folder Flashtool (nanti saya jelaskan)
  • Download FULL Stock ROM Xperia Neo L. Sesuaikan dengan versi yang anda inginkan
B. Fase Eksekusi

*Tutorial dibawah ini saya memakai Screenshot tutorial flashing saya yang sebelumnya, tapi tidak usah bingung. Ikuti kata-kata saya

Langkah pertama, install Flashtool beserta Drivernya di PC anda. Setelah diinstall, copy stock ROM Xperia Neo L berformat FTF yang sudah didownload ke C:/Flashtool/Firmwares.

Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error

Untuk folder drivernya berada di C:/Flashtool/Drivers.

Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error

Selanjutnya langkah eksekusi. Buka Flashtool, pilih gambar Flash dan klik Flashmode pada Mode Selector. Pilih ROM yang anda masukkan tadi.

Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error
Flash < Flashmode
Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error
Firmware Selection
Jika anda sudah pernah flashing menggunakan Flashtool dan setelah mencampurkan stock ROM tadi dengan kernel-kernel atau stock firmware lain dan anda bingung yang mana stock firmware anda, cara mencarinya sangat mudah. Untuk kernel, biasanya hanya memiliki konten loader.sin dan kernel.sin. Sedangkan stock firmware lengkap. Loader.sin, kernel.sin, system.sin, fota0.sin, fota1.sin, simlock.ta, dan lain sebagainya.

Setelah itu tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul warning yang mana anda diharuskan menekan tombol back dan hold sambil mencolokkan kabel data ke PC.

Cara Flash dan Memperbaiki Xperia Neo L yang Bootloop dan Error

Flashing pun dimulai. Tunggu Flashtool berjalan hingga 100% dan ponsel anda akan reboot/menyala dengan sendirinya. Bila menyala dengan normal itu tandanya Xperia Neo L anda sudah sembuh dari berbagai penyakit Android :) Kini Neo L anda sudah kembali menggunakan Stock ROM dan Stock Kernel tanpa terkontaminasi sedikit pun dengan tutorial rooting tersebut.

Flashing Android ke stock firmware / stock ROM menyebabkan seluruh data-data anda mulai dari aplikasi, kontak, sms, settings, semuanya hilang. Untuk itu alangkah baiknya bila anda mem-backup terlebih dahulu apa yang sekiranya penting bagi anda. Dan satu lagi, flashing ke stock ROM bisa membuat android anda hilang root.

Semoga bermanfaat

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post