Bagaimana Cara meng-Overclock Android

Posted by

Bagaimana Cara meng-Overclock Android - Seperti yang kita ketahui Android merupakan sebuah perangkat open source yang awalnya hanya menjaring pengguna smartphone saja dan kini sudah merambah ke dunia tablet hingga phablet (Phone Tablet).

Android masih erat kaitannya dengan Linux karena sebetulnya Android sendiri base nya menggunakan Linux juga. Dengan begitu bisa jadi anda pengguna yang paham soal linux berpikir, "Jadi Android bisa dioprek kayak Linux dong?". Benar sekali. Salah satu keunggulan Linux selain bisa untuk dimodif misal menambah Virtual Memory nya, di-Root, dan lain sebagainya linux juga bisa di Overclock. Itu juga berlaku untuk Android.

Lalu apa itu Overclock? Penting gitu harus di Overclock? Overclock atau Overclocking adalah proses meningkatkan clock (frekuensi) processor Android agar beroperasi lebih cepat atau diperlambat dari frekuensi clock yang sudah ditentukan oleh pihak pabrik dengan memodifikasi parameter sistem guna mendapatkan daya kinerja Android yang diharapkan.

Dengan meng-Overclock HH Android kemungkinan kita dapat memperoleh peningkatkan kecepatan, mendapatkan performa yang powerfull, bisa menghilangkan lag dan kehabisan RAM Android walaupun kebanyakan teknik Overclocking memunculkan gejala seperti meningkatkan konsumsi daya baterai menjadi sedikit lebih boros, menghasilkan lebih banyak panas sehingga meningkatkan suhu handset, namun itu semua dapat terbayarkan bagi anda seorang gamers sejati atau anda yang membutuhkan performa ekstra.
 
Kemudian bagaimana Cara meng-Overclock Android? Untuk meng-Overclock Android, syarat pertama yang dibutuhkan yaitu akses Root. Syukur-syukur bila anda memakai custom rom seperti Cyanogen Mod. Anda tidak perlu lagi susah-susah karena didalam Performance di menu settings Cyanogen Mod sudah terdapat pilihan overclocking.

Syarat kedua dengan menginstall aplikasi Overclocker Android, salah satunya yang paling terkenal, SetCPU.

SetCPU adalah satu dari sekian banyaknya aplikasi Overclocking Android untuk mengubah pengaturan CPU pada smartphone atau tablet & phablet bersistem operasi Android. SetCPU bisa bekerja dengan berbagai macam perangkat Android dan ROM, diantaranya termasuk HTC One series, Samsung Galaxy series, dan beberapa perangkat Nexus lain dan bekerja dengan baik pula di Sony Xperia series. Jika anda memakai SetCPU, anda harus bersiap-siap merasakan sensasi SetCPU karena SetCPU dapat meningkatkan kinerja smartphone Android anda, menghemat baterai, atau bahkan kedua-duanya.

SetCPU memungkinkan kita untuk mengatur profil clock processor Android dalam kondisi tertentu seperti pada app apa saja yang berjalan, pada waktu sedang sleep atau charging, pada waktu ketahanan baterai turun di bawah titik tertentu, pada saat suhu telepon terlalu tinggi atau selama waktu tertentu dalam sehari. Lihat screenshot dibawah sebagai contoh bagaimana anda dapat mengatur profil.

Bagaimana Cara meng-Overclock Android
Cara mengatur Overclock Android menggunakan SetCPU
Pada SetCPU terdapat banyak pilihan menu. Ada Main yang merupakan menu utama dari SetCPU, Profiles yang berguna untuk mengatur settingan SetCPU, Governor yang fungsinya hampir sama seperti Profiles. Hanya saja bila Profiles lebih menitik beratkan kepada kapan SetCPU akan bekerja sedangkan Governor sendiri merupakan Profiles dari management frekuensi processor.

Untuk lebih jelasnya mengenai Governor baca Android CPU Governors Explained.

Sayangnya SetCPU ini bersifat Premium. Anda diwajibkan membayar sebesar $1.99 untuk membelinya melalui Google Play. Tapi tenang. Silahkan cari di Google untuk mendapatkan versi gratisnya. Saat ini SetCPU sudah sampai di versi 3.1.1. Silahkan cari yang mempunyai versi itu atau yang mendekati.

Jadi seperti itu lah Tutorial Bagaimana Cara meng-Overclock Android. Anda bisa dengan bebas meng-Overclock handset anda sesuka-suka anda. Yang perlu diperhatikan, Overclock sebijak mungkin. Jangan serakah misal default clock anda 600MHz anda naikkan menjadi 1000MHz. Bukan menambah RAM dan Mempercepat Performa Android anda yang ada malah merusak processor Android anda.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 11:37:00 PM

18 komentar:

  1. OC ya mas, kegiatan lama nih xixi

    ReplyDelete
  2. Itu profile nya ga perlu d setting ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. didiemin aja gapapa :) atau silahkan kalau mau eksperimen

      Delete
    2. kalo singel core up sampe berapa gan?

      Delete
  3. kl andromax c jadiin brp ya

    ReplyDelete
  4. mau tanya, klo misalnya udah pake rakun optimizer trus install SetCPU, bisa berfungsi sempurna ga atau harus milih salah satu

    ReplyDelete
  5. tolong dong gah pencerahan buat andromax c nya dong ..
    bisa ampe 1.5ghz gk ...

    ReplyDelete
  6. tolong gan ..
    buat andromax c nya ...

    ReplyDelete
  7. gan...gimna cara overcloking galaxy chat???
    saya sudah memakai set cpu versi 3.1.2 tapi prosesornya gak bisa di naikin..cuma mentok 850 Mhz ...
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  8. gan...gimna cara overcloking galaxy chat???
    saya sudah memakai set cpu versi 3.1.2 tapi prosesornya gak bisa di naikin..cuma mentok 850 Mhz ...
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya galaxy chat prosesornya emang mentok 850. Pnya saya aja dual core sampai 1300mhz .

      Delete
  9. gan klo galyoung mentok 1000 MHz..!!
    klo d rbah jdi arvm7 bisa di buat game HD gk y..??

    ReplyDelete
  10. Luar biase ente...!!! Thkz ye hh ane sekarang ngaciiir....

    ReplyDelete
  11. gan kalo mhz max nya dikurangi gk papa kan. gk bakal ngerusak prosesor kan

    ReplyDelete
  12. Mas klo Sony x lc2105 bisa gk di overcoock cz kadang lancar kadang agk lambat

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email