» » [UPDATE] Tutorial Cara Root Samsung Galaxy Chat B5330

[UPDATE] Tutorial Cara Mudah Root Samsung Galaxy Chat B5330 - Masih saya akan membahas mengenai ponsel dari vendor bernama Samsung yang hingga malam ini masih tetap menjadi primadona bagi pecinta android dari seluruh kalangan masyarakat dunia.

Samsung semakin melonjak tinggi tingkat kepopularitasnya dengan dilaunchingnya Samsung Galaxy S4 beberapa waktu silam dengan sambutan bagus dan penuh kagum dari banyak pihak.

Dikabarkan juga Samsung Galaxy S4 akan memiliki nasib yang sama dengan 'kakak kandungnya' Samsung Galaxy SIII yaitu sebuah kloningan mini. Ya, Samsung Galaxy S4 Mini.

Kira-kira seperti apa nanti?

Entahlah setahu saya yang jelas spesifikasi hardware nya sedikit jauh dibawah yang Original.

Review Samsung Galaxy Chat
Baik, wacana diatas merupakan berita lama. Tutorial rooting kali ini merupakan revisi dari Tutorial Cara Mudah Root Samsung Galaxy Chat B5330 yang masih belum sempurna karena banyak yang belum berhasil mengikuti tutorial tersebut. Kebanyakan dari mereka mengeluh file package nya tidak bisa diinstall, selalu muncul pesan 'installed aborted'.

Banyak Tutorial Rooting Samsung Galaxy Chat yang tersebar. Mungkin salah saya tidak mencobanya terlebih dahulu sebelum membuat artikel soal Rooting Galaxy Chat ini. Biasanya selalu saya test dan bila berhasil langsung saya share. Alhasil pada waktu saya sendiri yang praktek rooting Galaxy Chat, ternyata benar. Installed aborted. Padahal didalam thread yang saya baca di XDA Developer yang merupakan sumber referensinya, disana banyak yang mengatakan "Its work. Thanks" seperti itu.

Untuk itu kali ini akan saya tulis [UPDATE] Tutorial Cara Root Samsung Galaxy Chat B5330 yang sudah saya coba sendiri dan berhasil, source nya disini.

A. Persiapan
Pada tutorial di XDA kita diharuskan mengganti Firmware kita ke Firmware Polandia. Akan tetapi saya coba di Firmware asli, berhasil. Jadi silahkan itu semua tergantung keputusan anda :)

B. Fase Eksekusi
  • Sesudah anda mendownload seluruh file download diatas (abaikan Poland Firmware Samsung Galaxy Chat), ekstrak ketiga file berikut yaitu Odin, Recovery & PIT. Taruh kedalam satu folder. Sedangkan untuk Root Package Samsung Galaxy Chat silahkan anda taruh didalam SDCard anda (jangan didalam folder)
  • Matikan ponsel Galaxy Chat anda
  • Masuk ke Download Mode, caranya tekan Volume Bawah + Tombol home + Tombol power secara bersama-sama
  • Sambungkan ponsel dengan komputer. Pastikan Galaxy Chat anda tadi sudah benar-benar masuk ke Download Mode
  • Buka Odin. Lihat, pastikan dibawah ID:COM muncul kotak warna kuning
  • Pada layar Odin terdapat banyak pilihan input file seperti CSC, PHONE, PDA, Bootloader, dan lain-lain. Klik pada tombol PDA, pilih file recovery.tar.md5 dimana anda sudah mengekstraknya tadi
  • Klik start
Rooting Samsung Galaxy Chat via Odin
Rooting Samsung Galaxy Chat via Odin
Proses flashing diatas tidak memakan banyak waktu. Sesudah proses tersebut selesai, kini saatnya kita memflash Root Package nya.

  • Matikan ponsel Samsung Galaxy Chat anda, masuk ke mode recovery (Volume Atas + Tombol home + Tombol power)
  • Pilih opsi apply update from sd card menggunakan kedua tombol volume untuk menaik turunkan opsi dan tombol home untuk OK
  • Cari file Galaxy_chat_Root.zip yang tadi anda copy ke SDCard
  • Setelah ketemu, tekan tombol home untuk OK dan memulai proses rooting
  • Tunggu hingga proses selesai, selanjutnya bila sudah pilih reboot now dan nyalakan kembali Galaxy Chat anda. Lihat di menu apakah ada aplikasi SuperUser terpampang nyata disana :) bila ya, selamat Samsung Galaxy Chat anda sudah berstatus ROOTED!

  • Samsung Galaxy Chat Rooted
    Samsung Galaxy Chat Rooted
    Itu tadi tutorial singkat Cara Root Samsung Galaxy Chat B5330 dengan firmware original. Semoga berguna untuk anda yang sedang susah mencari tutorial yang pas.

    *NB : Bila anda masih mengalami kegagalan setelah mencoba tutorial diatas, mungkin ada benarnya anda harus menginstall Firmware Polandia tersebut. Caranya mudah. Sama dengan tutorial diatas. Hanya sebagai pedoman saja pada Odin, pada kotak Bootloader isi dengan file BOOT dari hasil ekstrakan Firmware Polandia, PDA isi dengan PDA, Phone isi dengan MODEM dan CSC isi dengan CSC.

    Silahkan ditanyakan bila ada yang masih kurang jelas.

    Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau hubungi saya di bagian kontak/kotak komentar dibawah bila ada yang ingin anda tanyakan.

    About Yusron Kristanto

    Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post