Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner

Posted by

Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner - Jaman sekarang teknologi sudah maju. Semuanya serba praktis dan mudah diketahui. Terlebih dalam hal identitas sudah menunjukkan kemajuan yang lumayan pesat.

Anda warga Indonesia, pasti sudah tahu. Dalam hal identitas, di Indonesia kini sudah tidak lagi memakai KTP (Kartu Tanda Penduduk) biasa. Kini KTP sudah tidak dipakai lagi namun disempurnakan dalam wujud E-KTP.

E-KTP bukan sembarang kartu identitas. Didalam E-KTP terdapat data-data diri pemilik E-KTP yang tersimpan rapi dan tidak bisa dipalsukan. Tentunya data tersebut hanya bisa dibaca melalui alat scanner elektronik yang hanya badan pemerintahan saja lah yang punya.

Tapi disini bukan E-KTP yang akan saya bahas.

Android, sebagai sistem operasi open source yang kini laris manis dipasaran memiliki segudang aplikasi, salah satu diantaranya bernama Barcode Scanner.


Anda pernah menjumpai gambar Barcode/QR Codes disebuah tempat umum misal toko atau supermarket atau dikemasan makanan ringan? Asal anda tahu, itu bukan sekedar gambar biasa. Didalamnya terdapat informasi-informasi mengenai suatu benda atau barang itu. Cara melihatnya dengan membukanya melalui Barcode Scanner.

Barcode Scanner merupakan sebuah aplikasi khusus pen-scan barcode untuk android, cara kerjanya menggunakan kamera pada perangkat anda untuk membaca barcode dari segala jenis barcode. Setelah memindai barcode yang anda temukan di produk atau didepan toko misalnya, anda dapat menemukan harga dan ulasan tentang itu. Atau saat memindai barcode baru dua dimensi, seperti QR Codes, anda dapat mengakses informasi kontak, bookmark, link situs web dan yang lainnya lebih banyak lagi.

Barcode Scanner tidak mengumpulkan, menyimpan atau mengirimkan informasi tentang data penggunanya maupun penggunaan aplikasi. Akses aplikasi informasi pribadi seperti kontak dan bookmark hanya dalam rangka melaksanakan fungsi aplikasi, seperti berbagi kontak dan bookmark dengan Kode QR pada layar.

Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner
Scan barcode buku
Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner
Scan QR Code website
Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner
Data scan barcode
Barcode Scanner tersedia tiga macam. Versi gratis bernama Barcode Scanner, versi berbayarnya Barcode Scanner+ (Plus) dan satunya lagi Barcode Scanner+ Simple.

Saya memakai yang Barcode Scanner+ (Plus). Bila anda berkeinginan memilikinya silahkan unduh langsung dari Google Play.

*Tentunya saya mendapatkan versi yang Plus bukan dari Google Play. Hehe

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Scan Barcode di Toko atau Label dengan Barcode Scanner


Blog, Updated at: 9:55:00 PM

1 komentar:

  1. min.. dapet barcode scanner+ nya dimana? kalo di play store suruh bayar 35k

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email