Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android

Posted by

Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android - Beberapa waktu yang lalu pernah saya menceritakan soal Cara Membackup Stock ROM & Custom ROM Android Melalui CWM Recovery. Yah bukan hal yang sulit lagi memang untuk melakukannya. Tinggal masuk ke Recovery Mode (CWM) setelah itu pilih Nandroid atau langsung masuk ke menu backup & restore selanjutnya klik backup.
 

Namun apa daya terkadang tanpa diketahui penyebabnya pada waktu kita ingin me-restore ROM kita melalu metode yang sama, muncul pesan error yaitu MD5 mismatch!

Apa penyebabnya? Anda tahu? Memang hal seperti ini jarang sekali terjadi terkecuali untuk anda yang gemar bongkar pasang ROM dan suka penasaran terhadap sesuatu.

Baik, pesan error MD5 Mismatch biasanya muncul setelah kita merename / merubah nama folder backupan ROM yang akan kita restore. Percaya atau tidak setelah saya lakukan uji coba dan browsing kesana kemarin memang itu lah penyebabnya.

Biasanya pesan MD5 Mismatch ini hanya muncul bagi orang yang iseng mengganti nama folder backupan di /SDCard/clockworkmod/backup/. Biasanya setelah kita selesai mem-backup sebuah ROM melalui CWM Recovery, pada folder /SDCard/clockworkmod/backup/ akan terbentuk folder baru dengan nama tanggal, bulan, tahun & jam anda melakukan backup.

Mungkin saja alasan anda mengganti nama folder tersebut supaya nanti terkesan rapi dipandang dan mudah dihafal atau untuk membedakan saja supaya tidak lupa atau karena hal unik lainnya :p Tapi ya itu tadi. Tanpa anda sadari "Bahaya mengintai anda".

Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Simpel sekali. Anda tidak perlu menghapus file Nandroid.MD5 atau apa lah itu semacamnya (kebanyakan tutorial menyarankan hal itu), cukup rename kembali nama folder anda tadi menjadi Satu Kata saja. Bisa angka, ataupun huruf. *Eh kalau huruf belum pernah nyoba sih saya*. Baik, rename menjadi Satu Kata, terdiri dari satu angka atau lebih.

Sudah 3x saya melakukan uji coba mengenai hal tersebut dan dengan merename folder itu saja sudah bisa Fix MD5 Mismatch nya :)

Semoga bermanfaat.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 7:30:00 AM

20 komentar:

  1. gan guekan abis hard reset galaxy w dengan keadaan masih root nah pas selesai hard reset tuh tampilan icon jadi kecil terus tampilan layar home screen jadi kecil juga icon di home screen yang widget ga nyampe full ke kanan tapi jadi kecil di bagian kiri tapi pas buka menu iconnya normal full layar tapi kecil iconnya, di home screen juga walpapernya full nah iconnya cara gedeinnya gimana ? terus pas gue pencet ke bagian telpon sama nomer pencetnya dimensinya kecil ke kiri tapi yang atasnya full ada bagian kaanan terus icon status yang di atas tuh kayak sinyal battray notif jadi kecil settingnya dimana biar jadi normal lagi gan? soalnya gue udah buka setting ga nemu nemu buat balikin dimensi, sama resolusi layar seperti semula
    mohon pencerahannya gan, habis udah bingung udah coba buat hardreset lagi dan tetep masih seperti itu.
    terimakasih gan sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau status root sama non-root gak ada hubungannya dengan hal ini kok mas :) coba diflash ulang aja rom nya. flash ke stock rom. mungkin itu rom nya troubel

      Delete
  2. Ini khusus masalah android ya Mas,wah saya belum ada android jadi memperhatikan saja ini Mas,gpp kan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya niche android ^_^ gapapa. makasih udah mampir

      Delete
  3. Saya ndak punya hp andro jadi belum mudeng dengan kayak ginian, tapi mudah2an tahun ini bakalan pegang hp andro meskipun masih yg jenis roti jahe :D

    ReplyDelete
  4. gan.. mau tanya juga nih.. ane mau balik ke stock rom w2430 tp pas direstore system muncul tulisan error while knp ya.. thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. restore nya via cwm? error while lalu apa? tolong yang lengkap :)

      Delete
  5. contoh folder Restore-nya gimana gan?

    ReplyDelete
  6. Wah, Thank You Gan ! Ane panik waktu mau restore Hasil Bsck Up an, malah kagak bisa -_- Thank You Bangeeet Gaan !!

    ReplyDelete
  7. mau tanya donk masbro

    ane pake android galaxy w, awalnya ane coba install CMW (cara installnya ane search via mbag goog) masalahnya setelah ane install CMW sesuai urutan di mbag goog, android ane jadi stuck di tulisan WARNING!!!(sebelum masuk ke download mode), trus ane coba flashing, hasilnya stuck di WARNING!!! volume up down tidak fungsi, dan skrang android ane pas dinyalain langsung masuk ke WARNING!!!. ga bisa di apa2in. mohon pencerahannya masbro, pleaseeeee..!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah bisa belum yang saya saranin kemarin? :)

      Delete
  8. Gan... makasih banyak!!!
    Solusinya mudah banget. sudah saya coba ngilangin spasi dari nama folder /SDCard/clockworkmod/backup/....... (dirubah jadi satu kata). And its work 100%!!!
    Gak perlu pusing2 install ADB segala macem ternyata. simple! Thanks ya...

    ReplyDelete
  9. brohh mksudnya di rubah jadi satu kata gmna contoh nyaa?

    ReplyDelete
  10. terimakasih mas bro, sangat membantu......

    ReplyDelete
  11. terimakasih mas bro,,, sangat membantu,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  12. gan saya mau Tanya. sya install cwm dan pada saat dinyalahkan tidak mau ke android/cwm tp malah tulisan Samsung terus. tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  13. error restore / system, gimana itu gan?

    ReplyDelete
  14. Wah Gan berhasil..tau gitu backup'an yang dulu2 nggakan dihapus..gila simple banget caranya..nice info..thank you banget Gan..

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email