Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E

Posted by

Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E - Satu lagi cara ampuh memindah aplikasi android ke SDCard dengan mudah, pastinya tanpa komputer yaitu menggunakan S2E.

Apa itu S2E? Bedanya dengan metode-metode yang terdahulu apa?

S2E itu merupakan sebuah tool berukuran kecil mirip Link2SD namun sepertinya lebih hebat lagi performanya. Ya walaupun S2E ini hanya dikhususkan bagi pengguna CM7, CM9 & CM10 saja tapi tidak ada salahnya anda mengetahuinya.

Bagi anda pengunjung setia blog ini, anda pasti sudah pernah membaca beberapa referensi yang akan saya sebut dibawah ini :
Dari keempat metode diatas, masing-masing mempunyai kelemahan.

App2SD hanya bisa memindah aplikasinya saja ke android sehingga pada interface nya App2SD juga ada warning pada setiap aplikasinya, apakah aplikasi tertentu tersebut bisa di pindah atau tidak. Maka dari itu solusinya pakai Link2SD, dimana Link2SD bisa memindah seluruh data aplikasi (App, Dalvik & Lib) melalui menu create link.

Tapi apa? Bila memakai Link2SD performanya tidak terlalu bagus untuk user android yang memakai SDCard kelas 6 kebawah. Kasusnya aplikasi sering not responding. Cara lain untuk mengatasinya yaitu memakai DC2SD.

Pastinya akan lebih panjang lagi bila saya teruskan :)

Cara kelima ini kita pakai aplikasi bernama S2E. S2E singkatan dari simple2ext merupakan aplikasi android yang hanya dapat bekerja dengan CyanogenMod7, CyanogenMod9 dan CyanogenMod10.

USE AT YOUR OWN RISK ONLY! 
MAKE A FULL BACKUP BEFORE INSTALLING, THE APPLICATION CAN DAMAGE YOUR DEVICE.

Aplikasi ini akan menginstall script yang memungkinkan anda untuk memindahkan aplikasi, data dan beberapa cache ke partisi sd-ext (lengkap). Tentunya anda tetap bisa menentukan apa yang perlu dipindahkan dari dalam aplikasi itu.

Aplikasi S2E bisa memindah data sebagai berikut,
  • App, aplikasi paid dan aplikasi pribadi
  • Data Aplikasi
  • Dalvik Cache dan cache download
S2E mendukung pemasangan sd-ext partisi ext4.

*Lebih jelasnya baca di official threadnya di Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.krikun.s2e&hl=en)

Screenshot :
Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E

Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E

Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E

Memindah Aplikasi Android ke SDCard dengan S2E

Untuk menginstall S2E tidak diperlukan syarat-syarat khusus. Yang jelas anda harus mempersiapkan partisi kedua (baca Cara Mudah Mempartisi SDCard Android), ponsel harus sudah diroot dan yang paling penting anda harus memakai custom rom entah itu CM7 (Gingerbread), CM9 (ICS) & CM10 (Jelly Bean).

Isi dikolom komentar dibawah bila ada yang kurang jelas, baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 5:19:00 PM

5 komentar:

  1. kalo pake galaxy young bisa g niih

    ReplyDelete
  2. mas kalo sudah pake link2sd tapi mau move on ke S2E gimana mas? apa nanti aplikasinya jadi harus ngistalin lagi satu per satu??

    ReplyDelete
  3. mas kalo sudah pake link2sd tapi mau move on ke S2E gimana mas? apa nanti aplikasinya jadi harus ngistalin lagi satu per satu??

    ReplyDelete
  4. Saya baca ada syaratnya di playstore :
    Description
    S2E works only with CyanogenMod7, CyanogenMod9 and CyanogenMod10!
    ROM standar ndak bisa yah ?

    ReplyDelete
  5. Maz ini sudah ikutin caranya mas Yusron, tapi kog stiap habis sya partisi kog sllu '2nd partition not mounted'.. maaf kalo bleh tny itu sebabx apa yah??

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email