» » Cara Mengganti Font Android Jelly Bean

Cara Mengganti Font Android Jelly Bean - Bila sebelumnya pernah saya membuat artikel mengenai Tutorial Cara Mengganti Font Android yang mana tutorial itu dikhususkan hanya untuk pengguna Gingerbread saja, maka kali ini akan saya berikan tutorial yang sebaliknya yaitu Cara Mengganti Font Android Jelly Bean. Just Jelly Bean! (Sebetulnya ICS juga). And it works 100%!

Baik, untuk apa sih kita mengganti font android? Bukankah semuanya sama saja? Oh sudah pasti beda. Yang jelas pertama alasan kita merubah font, untuk merubah tampilan android kita. Rasanya tidak cukup bila kita hanya merubah tema android kita saja beserta launchernya tanpa merubah jenis font. Betul?

Alasan kedua selain tampilan, merubah font juga dapat merubah mood dan menambah keindahan. Kalau yang satu ini saya tidak bisa menjelaskan soalnya hanya kita sendiri yang merasakan. Dengan merubah font android terkadang bisa memunculkan perasaan bangga yang tersirat dan cenderung menambah mood positif terhadap imajinasi kita.

Misalnya kita lihat user Symbian kebanyakan. Mereka suka mengotak-atik font sesuka dan sekreatif mereka. Dulu saya penggemar Symbian. Kegiatan Symbianer rata-rata kalau tidak merubah tampilan ponsel mereka, membuat tema opera mini, membuat dan merubah font, ya gretongan. Gretongan adu kecepatan internet dengan memposting screenshot network connection masing-masing. *Saya tidak menjelek-jelekkan Symbian lo

Alasan ketiga kenapa kita harus merubah jenis font, didunia smartphone terutama Symbian, ada jenis font yang familiar disebut Font Unicode (bisa coba dilihat diartikel Kumpulan Font Unicode Emoji by Ihint & Kiva Lengkap). Bedanya dengan font biasa, Font Unicode memiliki ukuran yang lebih besar 10x atau 100x dibanding jenis font biasa. Rata-rata Font Unicode memiliki ukuran antara 1.5MB sampai dengan sekitar 10MB. Tentunya itu semua tidak serta merta memiliki ukuran file yang besar saja karena font-font tersebut sudah dimodif dan disisipi dengan berbagai macam simbol auto text seperti yang ada di Blackberry. Jadi bila dengan jenis font standard kita tidak bisa membaca simbol-simbol Blackberry, dengan Font Unicode simbol Blackberry yang tadinya hanya terbaca simbol kotak-kotak saja kini bisa terbca menjadi simbol Blackberry yang sebenarnya (baca Cara Membuat Auto Text Blackberry di Android).

Cara Mengganti Font Android Jelly Bean itu tidak sulit. Berikut tutorialnya,

A. Persiapan
  • Pertama yang harus kita persiapkan, sebuah software bernama FontCreator. Fungsinya untuk merubah klasifikasi Font Unicode. Nanti akan saya jelasakan. Download disini : http://www.4shared.com/rar/jAfp30Xz/High-Logic_FontCreator_65_With.html 
  • Password : TotalFreeSofts.blogspot.com
  • Persiapkan sebuah Font Unicode yang akan kita inject ke system android supaya font Jelly Bean kita berubah. Font Unicode bisa anda search di Google sesuka anda
B. Fase Eksekusi

Jadi sedikit akan saya jelaskan, alasan kita tidak bisa merubah font Jelly Bean android kita yaitu karena font yang hendak kita masukkan ke System tidak sinkron. Karena tidak sinkron itu tadi maka walaupun kelihatannya pada waktu proses menginject font ke system normal-normal saja, niscaya pada waktu direstart ponsel tersebut akan bootloop.

Cara merubah font android tanpa menggunakan aplikasi yaitu dengan mengganti font Roboto-Regular.ftf yang berada didalam folder /system/fonts/ dengan font yang kita mau, dengan syarat nama font yang mau kita masukkan dirubah menjadi Roboto-Regular.ftf

Perhatikan gambar berikut :


Gambar diatas merupakan screenshot FontCreator dari font Roboto-Regular standard yang saya ambil dari system. Bila saya klik tab Format < Settings kemudian saya geser ke tab Classification, hasilnya seperti berikut :


Sudah jelas? Lanjut, bila saya melakukan hal yang sama terhadap Font Unicode yang akan saya masukkan ke System, hasilnya sebagai berikut :


Tadaaaa :) Sudah jelas? Jadi sebenarnya hanya itu yang membuat font pribadi kita tidak sinkron dengan system sehingga pasti akan bootloop bila kita inject ke system tanpa memodifikasinya terlebih dahulu. Sekarang silahkan dieksekusi klasifikasi dari Font Unicode yang sudah anda persiapkan. Pastinya anda sudah tahu apa yang perlu anda lakukan.

Setelah modif klasifikasi selesai, masukkan font anda tersebut ke dalam system.

Cara merubah font android tanpa menggunakan aplikasi yaitu dengan mengganti font Roboto-Regular.ftf yang berada didalam folder /system/fonts/ dengan font yang kita mau, dengan syarat nama font yang mau kita masukkan dirubah menjadi Roboto-Regular.ftf

*INGAT, LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN TELITI. BILA TERJADI BOOTLOOP BUKAN TANGGUNG JAWAB SAYA. CARA MEMPERBAIKI BOOTLOOP SATU-SATUNYA DENGAN MEMFLASH ULANG ROM/FIRMWARE ANDA

Semoga bermanfaat. Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

20 comment(s):

  1. kalau aku yang pengguna masih Ice Cream sandwich nukar font nya masih bisa lewat hp. yah.. walaupun font nya masih default hasil download tan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari komputer ataupun dari hape bisa semua sih :v
      saya anti font default :D

      Delete
    2. thanks gan
      password filenya apa ya??

      Delete
  2. wah kalo punya aku malah belum di perbaharui versi android nya? mas saya mau tanyak nih tapi lari dari jalur gak papa ya? biar diterima di google adsense, apakah crawl error dan duplikat title tag di google webmaster harus benar benar sudah hilang? soalnya crawl error dan duplikat title tag ku gak mau hilang, padahal sudah dihapus. coba ke blog aku ya mas kickymaulana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak harus sih mas kicky.

      nih yaa, diterima atau enggak nya itu tergantung dari apa yang dikatakan google terhadap blog kita pada waktu peninjauan adsense. hanya itu yang bisa dijadikan pegangan.

      dulu pada waktu saya daftar, 12 jam kemudian dapet email dari adsense katanya blog saya belum memenuhi dua hal. Pertama Copyrighted Material, yang kedua Unacceptable site content.
      Dari dua hal tersebut yang Copyrighted Material saya perbaiki dengan menambahkan halaman kebijakan privasi. sedangkan Unacceptable site content, mungkin blog saya masih acak-acakan sehingga pada waktu itu saya rombak serapi mungkin.

      kemudian sehari setelahnya saya ketrima :) -jadi hanya dua hari proses ketrimanya-

      Delete
  3. font creatornya dinstal di lepi pa hh gan?

    ReplyDelete
  4. Bro paswordx apa klo mau extract font editorx

    ReplyDelete
  5. cara yang kamu jelasin ini, ganti fontnya tanpa root kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya emang bener gak makek akses root. tapi untuk nginject ke system nya itu harus pakai root.

      Delete
  6. gan boleh minta penjelasan lebih detail lagi gak? hehe :) (pemula)font unicode nya tuh di donlod lwat hp atow leppy?
    terus cara editnya tuh font yg di system di copy ke sdcard dula ya baru di edit pake font creator? font unicodenya di rename jadi roboto-reguler.ftf dulu ya?

    mf gan kalo banayak nanya hehe
    mohon pencerahan nya gan

    ReplyDelete
  7. kalau om baca tolong balas ke email ane ja ya om..thanks

    ReplyDelete
  8. Passwordnya apa gan font creatornya? ?

    ReplyDelete
  9. ko di save ngak mau mas brow suruh regis

    ReplyDelete
  10. berhasil ?! makasih yaaaa :kiss:

    ReplyDelete
  11. Aslmkm.ada cara yg lebih simpel ga mas? tanpa harus pake lepi dan edit sana sini.misalnya pake aplikasi seperti font changer untuk gingerbread.mohon jawabannya.terimakasih.

    ReplyDelete
  12. gan kira2 font Rosemerry itu udah cocok kayak klasifikasi font untuk jelly bean g ya mohon jawabanya

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih