» » Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android

Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android - Anda pengguna smartphone android baru, mungkin mengalami sedikit masalah yang wajar dan umum dialami. Beberapa diantaranya entah masih bingung bagaimana cara mengoperasikan android, bingung dengan tampilan android sampai bingung dengan bahasa yang ada di android.

Android yang kini menjadi trend smartphone global tidak semuanya memiliki koleksi bahasa yang lengkap. Itu semua tergantung darimana smartphone tersebut berasal. Apakah dari asia atau malah dari eropa.

Jujur pada smartphone android keluaran terbaru ini banyak yang tidak menyertakan bahasa indonesia sebagai bahasa default nya. Itu artinya merupakan masalah besar bagi user yang sangat terbiasa memakai bahasa lokal ketimbang memakai bahasa inggris.

Kasusnya seperti kakak saya yang baru-baru ini membeli smartphone Samsung Galaxy Young yang dari sananya sudah terisi ROM Jelly Blast Jelly Bean Taste. Dianya bingung bagaimana cara merubah bahasanya menjadi bahasa indonesia karena dengan ponselnya dulu ia memakai bahasa indonesia bukan bahasa lain. Jelly Blast tidak menyediakan bahasa indonesia sebagai bahasa default.

Akhirnya saya flash Galaxy Young nya tersebut ke stock firmware. Tak lebih dari lima menit ia menunggu, akhirnya kini smartphone nya sudah terisi bahasa indonesia dan kakak saya pun senang.

***

Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android
Seperti yang sudah saya katakan tadi diatas, "Itu semua tergantung darimana smartphone tersebut berasal. Apakah dari asia atau malah dari eropa." jadi kalau misal iya dari eropa, firmware nya merupakan firmware eropa. Jadi wajar kalau bahasa indonesia yang merupakan bahasa asia tidak ikut dicantumkan. Untuk itu langkah yang paling mudah Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android yaitu dengan mengganti firmware.

Anda bisa mencari firmware smartphone anda di google beserta versi firmware nya dengan gratis.

Optional lain Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android, kita bisa memakai aplikasi MoreLocale 2. Dengan MoreLocale 2, kita bisa menambahkan bahasa-bahasa yang belum ada / belum tercantum di smartphone android kita. Cara penggunaannya mudah sekali. Tinggal buka aplikasinya lalu klik tombol option dan pilih Custom Locale.

Sayangnya terkadang MoreLocale 2 tidak mau bekerja dengan semestinya. Terkadang hanya ada beberapa kata saja yang bahasanya berubah (tidak mencakup keseluruhan). Tapi tidak ada salahnya juga anda mengetest aplikasi ini. Siapa tahu berhasil. Lagi pula aplikasi ini juga gratis diunduh melalui Google Play.

Jadi itulah Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android. Jika anda berkenan merubah bahasa android anda menggunakan cara flashing perhatikan dampak apa saja yang bisa saja terjadi. Yang penting hati-hati merupakan nomor satu.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment(s):

  1. thx gan
    lok bisa follow ya
    qikiarea.blogspot.com

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih