» » Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery

Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery - Baik, ternyata mempartisi itu mudah. Tidak perlu bingung-bingung menggunakan cara yang lama (memakai bantuan komputer) karena mempartisi itu bisa dilakukan langsung dari handphone android anda dengan resiko kerusakan lebih kecil.

Dulu pernah saya membuat artikel Cara Mempartisi SD Card Untuk Link2SD yang hingga kini masih menjadi populer post di blog ini. Disana terdapat banyak sekali pro dan kontra oleh orang-orang yang mengaku dirinya para Master Android #Wew :3

Pada tutorial tersebut saya menggunakan cara yang paling umum yaitu memakai MiniTool Partition Wizard. Mempartisi menggunakan MiniTool Partition Wizard merupakan jalan yang paling mudah. Selain user interface nya bagus, menu navigasinya lengkap, hasil pengamatan saya software tersebut lebih cepat performanya dibanding software partisi lain.

Namun masih banyak juga yang merasa kesulitan mempartisi SD Card nya menggunakan MiniTool Partition Wizard. Padahal, didalam tutorial itu juga sudah saya sematkan gambar step by step nya dengan rapi dan jelas.
 

Untuk itu bagi anda yang masih memiliki problem dalam mempartisi SD Card, berikut ini akan saya jelaskan Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery dengan mudah. Syaratnya hanya satu. Anda diharuskan menginstall CWM Recovery. Baca Cara Mudah Install Recovery Untuk Semua Jenis Android sebagai referensi terkecuali Samsung Galaxy Young dan sebangsanya.
 
Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery
 

Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery
  1. Persiapkan CWM Recovery anda. Jika sudah, lanjut ke step dua
  2. Backup seluruh data SD Card anda ke komputer / laptop karena mempartisi SD Card melalui CWM Recovery akan mem-format ulang SD Card anda. Bagi yang belum tahu bagaimana cara mem-backup SD Card, cukup copy kan seluruh isi SD Card anda kedalam komputer dan selesai. Bila anda sudah berhasil mempartisi, pindahkan lagi seluruh file nya tadi ke SD Card. Namanya me-restore
  3. Masuk ke menu CWM Recovery. Pastinya anda sendiri sudah tahu bagaimana cara melakukannya
  4. Pilih Advanced di menu paling bawah dengan cara menekan tombol volume untuk menaik-turunkan cursor dan tombol home untuk OK
  5. Pilih Partition SD Card
  6. Pilih berapa banyak kapasitas partisi Ext anda. Saya sarankan maksimal hanya 1 GB
  7. Pada swap size, bisa dikosongkan atau isi dengan berapapun yang anda mau
  8. Tunggu hingga proses partisi selesai hingga muncul warning "Partition completed", setelah itu reboot
Selesai.
 
Jadi begitu lah Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery. Ada baiknya anda benar-benar memperhatikan tutorial diatas supaya tidak terjadi kesalahan. Jangan lupa untuk membackup SD Card anda karena sudah saya jelaskan diatas, mempartisi SD Card via CWM akan mem-format ulang SD Card anda.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post