Cara Memilih SD Card Untuk Android

Posted by

Cara Memilih SD Card Untuk Android - Satu hal yang seharusnya kita sadari kenapa smartphone android kita masih lemot, padahal sudah kita terapkan Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android, sudah menginstall Seeder untuk Menghilangkan Lag Android, sudah Memindah Aplikasi Android ke Memori Eksternal, dan lain-lain yaitu soal SD Card.

Walaupun SD Card itu secara fisik bentuknya sama semua, namun didalamnya pasti ada perbedaan. Diantaranya yang sangat berpengaruh terhadap daya performa android kita yaitu Class SD Card.

Selain SD Card itu sendiri memiliki jangka waktu hidup, SD Card juga memiliki Class. Disini maksud dari Class bukan kok "Oh ini Class nya tinggi berarti ini khusus untuk smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S4" misalkan. Akan tetapi Class didefinisikan sebagai Speed / kecepatan.

SD Card terbagi dalam beberapa Class. Mulai dari Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10 (yang paling tinggi). Class 8 nya mana? Nggak ada.

Arti dari masing-masing class sebagai berikut :
  • Class 2 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 2MB per second
  • Class 4 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 4MB per second
  • Class 6 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 6MB per second
  • Class 10 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 10MB per second
Dari sini anda pasti sudah tahu bukan, semakin tinggi Class SD Card semakin baik performa Read dan Write nya. Semakin baik kecepatan Read dan Write nya semakin berpengaruh terhadap smartphone android kita.

Untuk melihat berapa Class pada SD Card kita, lihat dibagian cover. Biasanya ada gambar angka kecil dengan lingkaran separo yang memutarinya. Contoh seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Memilih SD Card Untuk Android

Gambar diatas merupakan contoh SD Card 8GB dengan Class 2. Sayang sekali bukan android kita menjadi kurang bertenaga hanya karena Class nya kecil & Speed nya jelek.

Cara lain bila anda tidak mengetahui berapa Class SD Card anda karena dibagian cover tidak tercantum Class nya, bisa anda pakai aplikasi SD Tools (bisa diunduh secara gratis lewat Google Play). Disana ada fitur test speed. Seperti ini penampakannya :

Cara Memilih SD Card Untuk Android
 
Sore tadi saya baru saja membeli SD Card baru karena yang lama diminta sama kakak saya (baca : Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android). SD Card nya 8GB merk SanDisk versi Ultra dengan fitur Class 10 dan disinyalir kecepatan Read dan Write nya diatas 30MB/sec.

Cara Memilih SD Card Untuk Android

Baik Cara Memilih SD Card Untuk Android yang benar untuk smartphone android diantaranya sebagai berikut :
  1. Cari yang bermerk. Karena apa? Merk merupakan awal dari 'semuanya'. Jangan membeli SD Card yang terkesan asal-asalan
  2. Cari yang bergaransi dan terjamin mutu kualitasnya
  3. Tidak harus membeli SD Card yang memiliki kapasitas sangat besar misal 32GB. Sesuaikan dengan yang anda butuhkan saja
  4. Pilihlah SD Card yang memiliki Class rata-rata atau diatas rata-rata. Usahakan minimal Class 6. Untuk Class 10 seperti milik saya diatas harganya cukup murah, yakni 90.000 ribu saja. Mungkin bisa lebih murah lagi didaerah anda
Sudah mungkin itu beberapa Tips Cara Memilih SD Card Untuk Android. Semoga dengan artikel ini anda bisa menjadi lebih pintar dalam hal memilih SD Card android. Terlebih untuk anda pengguna Link2SD untuk memindah aplikasi android ke SD Card, minimal menggunakan Class 6 sudah baik performanya.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 6:49:00 PM

16 komentar:

  1. mas yus bikin tips menghubungkan galaxy chat ke pc tanpa menginstal kies dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tanpa kies ya pakai samsung usb driver :) buka link berikut, http://www.tsar3000.com/Joomla/index.php?option=com_content&view=article&id=388:samsung-original-usb-drivers&catid=55:samsung&Itemid=82

      Delete
  2. mas yus bikin tips menghubungkan galaxy chat ke pc tanpa menginstal kies dong!

    ReplyDelete
  3. mas yus bikin tips menghubungkan galaxy chat ke pc tanpa menginstal kies dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari driver nya disini : http://www.tsar3000.com/Joomla/index.php?option=com_content&view=article&id=388:samsung-original-usb-drivers&catid=55:samsung&Itemid=82
      gak perlu pakai kies cukup pakai driver diatas :)

      Delete
  4. Kebanyakan orang yang awam masih tergiur ama kapasitas dan harga yang murah untuk clas ini tak banyak orang yang memperhatikannya. makasih infonya sob :)
    eh iya itu olnya kog jam segituan, op warnet ya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul :) malah gak semua orang tahu class itu apa dan untuk apa.

      heh bukan ! sya bukan penjaga warnet saya calon mahasiswa :D kalau siang sampai malem itu kerjaannya main *mumpung masih libur* nah ngeblog nya pagi mas.

      Delete
    2. Owh gitu, ya selamat berlibur, ntar kalo dah jadi MABA malah sibuk bikin tugas ama laporan.

      Delete
  5. kira" harganya berapa gan ?
    kos di tempat ane jarang banget toko yang ngejual sdhc, ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas sudah saya katakan harganya 90rb :)
      itu saya belinya di toko komputer mas. kalau di counter jarang ada

      Delete
  6. merk yang pling oke skrg sandisk ya kak??


    aku pngn beli sd card..
    tp takut ngasal nii.

    ReplyDelete
  7. Ehm, klo memilih class sd card itu kan disesuaikan dengan smartphonenya, saya tkut klo ble yg class 10, tpi smartphone saya tidak cocok mlah mmbebani smrtphonenya. Mnurut anda micro sd class brp yg sesuai untuk smrphone saya(LG L3 435, ramny 500mb, single core)? :)

    ReplyDelete
  8. nah, kan kadang device kita ga support kalau dipasang microSD yg speednya terlampau rendah / terlampau tinggi,. Tau ga cara cari tau device kita cocoknya pakai class yg mana, atau max speed read & write nya.. jadi kita bisa maksimallin performanya.

    ReplyDelete
  9. Mas, sd card sy g ada classnya. Jd gmna mas? sy tdk tau classnya. Kalau tau, reply y mas

    ReplyDelete
  10. mas bro, ada aplikasi yg lebih valid ga ?
    untuk cek speed sd card , soalnya sd tool ini hasil testnya slalu berubah2.
    thanks :)

    ReplyDelete
  11. Kalo bisa mah beli kartu memori yg ber label Made in Japan, Made in Taiwan.
    Kalo Made in China biasa na ska bad sector. Diformat sampe jebol jga gk bakal sembuh tuh yg nama na bad sector.

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email