Cara Membuat Screenshot Android Tanpa Root

Posted by

Cara Membuat Screenshot Android Tanpa Root - Bila kita ingin memberikan suguhan gambar layar android kita guna memberikan informasi seperti tutorial, example, atau sebagai ajang pemberitahuan atau hanya untuk sekedar pamer-pameran, kita membutuhkan screenshot.

Mengingat kegunaannya sangat banyak, Screenshot merupakan fitur umum yang hampir selalu ada di setiap system operasi mulai dari desktop hingga mobile. Seperti pada Windows, caranya cukup kita tekan tombol print screen yang sudah ada di keyboard lalu ki pastekan ke paint setelah itu kita save. Berbeda lagi dengan Symbian. Di Symbian kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk dapat membuat screenshot misalnya Screenshot For Symbian. Di Android kita bisa membuat screenshot dengan mudah, hanya tinggal kita tekan tombol volume bawah dan tombol power selama beberapa saat hingga muncul notifikasi Screen Captured.

Namun sayangnya itu tidak berlaku bagi kebanyakan pengguna android ICS kebawah. Tapi tenang, jalan tidak hanya satu. Masih ada aplikasi third party yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar screenshot ini dari android kita.

Screenshot Free

Screenshot Free - Take Screenshots With Screenshoter
Take Screenshots With Screenshoter
Screenshot Free adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk membuat screenshot layar android anda. Beberapa fitur diantaranya,
  • Memungkinkan anda untuk membuat screenshot dengan hanya satu gerakan (shake)
  • Mengedit screenshot dengan Crop dan Pencil tool (baru)
  • Berbagi (facebook, google+, Evernote dan banyak lagi)
  • Widget menakjubkan yang memungkinkan untuk membuat snapshot tertunda hanya dengan satu kali klik pada layar home screen anda
Screenshot Free bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan aplikasi ini bisa dipakai tanpa memerlukan akses root. Caranya sebagai berikut :
  • Aktifkan mode USB Debugging lewat Settings < Applications < Development
  • Pastikan driver khusus ponsel anda sudah terinstall di komputer
  • Sambungkan ponsel ke PC menggunakan kabel data USB
  • Download file berikut, https://dl.dropbox.com/u/131010/Screenshoter/install.zip
  • Ekstrak menggunakan WinRAR kemudian jalankan install.bat yang berada didalam ekstrakan tadi
  • Selesai
Baca halaman resmi Screenshot Free di Google Play bila masih bingung atau sekedar ingin melihat review.

Itu tadi salah satu aplikasi Screenshot untuk android yang tidak memakai akses root dalam proses penggunaannya. Bila aplikasi tersebut tidak bekerja semestinya di ponsel android anda, anda bisa mencoba alternatif aplikasi screenshot lain yang tersedia secara gratis di Google Play.
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 9:48:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email