Solusi Android Sering Hang Atau Restart

Posted by

Solusi Android Sering Hang Atau Restart - Banyak permasalahan yang sering muncul dan tidak diketahui penyebabnya oleh kebanyakan user android pemula. Rata-rata dari mereka mengeluhkan "Android saya memory nya sering penuh low space padahal saya tidak melakukan apa-apa" , "Android saya lemot, kadang ngeblank dan sering mati sendiri".

Kalau dianalisa pakai terawangan bisa dibayangkan penyebabnya ada dua.

Satu, android sering hang karena memory RAM habis dimakan aplikasi-aplikasi yang running. Dulu saya sering kejadian seperti diatas. X10 Mini yang pada dasarnya memiliki kapasitas RAM yang amat sangat kecil (182MB) saya install aplikasi-aplikasi sosial seperti LINE, WeChat, Whatsapp, Instagram, Friendcaster, dan juga Plume tanpa menggunakan Link2SD untuk memindah aplikasi ke SDCard. Hasilnya? Suatu ketika saya cek di menu settings, tertulis space RAM 0.0KB dan seketika itu juga handphone saya freeze tidak bisa diapa-apakan. Layar touchscreen tidak mau merespon hingga pada akhirnya saya diamkan beberapa saat lalu kapasitas RAM mau bertambah sedikit demi sedikit lalu habis lagi.

Dua, android sering hang atau restart karena crash. Crash yang saya maksud disini bermacam-macam. Bisa crash karena system error, crash karena tweaks yang diaplikasikan berbenturan dengan tweaks yang lain, atau crash karena jalan main aplikasi A dengan aplikasi B berlawanan misal Juice Defender dengan DR. Battery Saver.

Keterangan diatas merupakan analisa secara singkat melalui terawangan. Lalu apa dan bagaimana sih Solusi Android Sering Hang Atau Restart?

1. Sesuaikan Jumlah Aplikasi dengan Kapasitas RAM
Terkadang kita terlalu over dalam menginstall aplikasi pihak ketiga terutama aplikasi-aplikasi sosial yang kebanyakan berjalan di background. Hindari itu. Kalau terpaksa, silahkan cari referensi supaya RAM android anda hemat.

Referensi menghemat RAM android :
2. Install Aplikasi Android di Memory Eksternal (SDCard)
Ya, install aplikasi di SDCard. Gunanya supaya memory internal kosong dan tidak terlalu terbebani dengan aplikasi-aplikasi anda. Selain itu juga aplikasi yang bisa kalian install juga kemungkinan menjadi lebih banyak. Kalau anda bertanya "Bukannya kalau install aplikasi di SDCard bikin android lemot?" saya rasa tidak juga. Buktinya saya lancar selama ini. Hanya memakai memory class 4. Namun kalau anda memaksa berfikir seperti itu, apa gunanya SDCard class 10 dibuat :)

Referensi Link2SD :
3. Install Aplikasi Android Yang Bermanfaat
Install aplikasi-aplikasi yang berguna demi kepentingan anda. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak pernah anda sentuh sedikit pun karena hanya akan membebani system.

Android
Android
4. Hapus Aplikasi System Yang Tidak Berguna
Tidak hanya aplikasi pihak ketiga saja yang perlu disingkirkan dari daftar menu anda. Contoh kasusnya saya tidak pernah memakai layanan GTalk bawaan android ataupun saya tidak terbiasa memakai keyboard original. Saya lebih suka memakai aplikasi lain seperti Smart Keyboard. Nah, dari situ ketimbang aplikasinya hanya memenuhi space kosong di internal lebih baik dihapus. * Hanya untuk user yang mengerti *

Referensi :
Tutorial Cara Menghapus Aplikasi System Android Dengan Mudah

5. Install Task Killer atau Auto Killer
Jujur terkadang saya kurang setuju dengan pendapat orang yang menyatakan kalau Task Killer/Auto Killer itu tidak baik untuk android. Padahal sesudah saya pelajari satu demi satu yang saya dapat ternyata luar biasa. Hingga pernah saya mengatakan lebih baik memakai Auto Killer daripada Supercharger. Jadi, silahkan install kalau ingin mencobanya.

6. Jangan Meng-overclock CPU Berlebihan
Apa yang ada dibenak anda bila clock CPU android anda dinaikan. Apa performanya menjadi kencang? Ya bisa jadi. Tapi lihat bila anda terlalu agresif dalam meng-overclock CPU. Aplikasi sering force close, not responding, hang, bahkan freeze sampai ke bootloop :D

7. Ada Yang Mau Menambahkan?
Silahkan.

Jadi itulah beberapa Solusi Android Sering Hang Atau Restart. Yang paling sering terjadi, android hang karena kehabisan kapasitas RAM atau terjadi crash. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.


Blog, Updated at: 11:36:00 PM

14 komentar:

  1. izin copas gan

    visit juga gan blog ane

    http://androidsr.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Thanks atas tips dan solusinya sob

    ReplyDelete
  3. Andromax c saya touchscreen nya tidak berfungsi sama sekali,,, setelah permainan candy crush. Saya bingung gejalanya dari software atau hardware ?? Pliss minta pencerahan, soalnya udah saya factory reset tetep gak bisa !!! Saya pengen flash cuma bingung n gak tau caranya ??

    ReplyDelete
  4. Andromax c aq touchscreen nya gak bisa berfungsi sama sekali,, udah factory reset tetep gak bisa !!! Mau flashing ga tau caranya,, minta pencerahannya bang,, kendala di software atau hardware ???

    ReplyDelete
  5. knpa andromax C tiba2 layarnya menjadi putih dan tidak bisa beroperasi seperti sebelumnya...
    tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  6. Gan nmpng nanya ane pke tablet advan e 1c tba2 mati total tu gimn kira2 gan mhn solusiny

    ReplyDelete
  7. Gan tablet ane advan e1c tiba2 mati total tu kira2 knpa y gan....? Mhon solusinya.

    ReplyDelete
  8. nice share sob, coba donlot auto killer dl nihh.. trims

    ReplyDelete
  9. ternyata begitu ya. mkasih mas bro

    ReplyDelete
  10. Tablet saya samsung gal 2 akhir2 ini suka ngerestart sendiri kenapa ya.. :(

    ReplyDelete
  11. Tablet saya samsung gal 2 kok akhir2 ini sering ngerestart sendiri ya.. bingung nih :( kirain ada virus.. setelah di cek bersih.. . Ada yang bisa bantu?

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email