» » Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard

Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard - Banyak yang bertanya kepada saya melalui jejaring sosial termasuk Whatsapp, WeChat dan LINE tentang keluhan-keluhan mereka soal android. Beberapa diantaranya yang paling sering seperti ini, "Mas yusron kasih solusi dong kan saya mau ganti memory card. Sebelumnya memory saya itu sudah dipartisi. Nah kalau saya ganti memory yang baru kan aplikasi lama saya ada di partisi memory yang lama. Mohon bantuannya sangat mas".

Sebetulnya itu mudah dan simpel :) Bagi anda yang ingin mengganti memory card lama dengan yang baru, anda tinggal membackup ulang seluruh aplikasi pribadi anda yang terinstall di android (tidak termasuk aplikasi system) setelah itu hapus aplikasi itu semuanya (supaya nanti data aplikasi pribadi anda (tidak termasuk aplikasi system) yang tersimpan di memory internal tidak error) lalu kita restore ulang.

Sedangkan bagi anda yang baru menginstall custom rom baru atau habis selesai flashing karena android anda error/bootloop caranya juga sama. Backup aplikasi anda terlebih dahulu sebelum anda mengganti rom anda dengan yang baru dan setelah rom baru terinstall, barulah anda restore kembali seluruh aplikasi anda tadi.

Lalu apa bedanya dengan install aplikasi ulang? Kalau hanya backup dan restore saja bukannya sama saja dengan fresh install. Itu dia yang saya maksud. Silahkan download aplikasi Titanium Backup.

Titanium Backup bukan tool sembarangan. Titanium Backup bisa membackup seluruh aplikasi android anda (termasuk aplikasi system) lengkap dengan data-datanya jadi tidak hanya aplikasinya saja. Anda tidak perlu khawatir bila (misal) data-data bookmark dan save page di Opera Mini anda akan hilang karena dengan Titanium Backup anda bisa mengembalikan seluruh aplikasi dan datanya secara keseluruhan. Tinggal backup kemudian restore, setelah anda membuka aplikasi tersebut dijamin tidak ada satu hal pun yang berubah. Sama seperti pada waktu awal anda membackupnya.

Apakah bisa Titanium Backup merestore seluruh aplikasi dengan cepat? Tentu saja bisa. Di Titanium Backup ada sebuah option yaitu 'Bath'. Didalamnya ada banyak macam perintah salah satunya merestore seluruh aplikasi yang ada (yang sudah anda backup) hanya dengan menggunakan satu kali klik.

Seperti ini penggambarannya (dari pojok kiri atas kekanan) :

Langkah-langkah restore aplikasi Titanium Backup
  1. Dari Home Screen kita masuk ke App Drawer
  2. Buka Titanium Backup
  3. Pada tampilan awal Titanium Backup klik tombol opsi android anda
  4. Pilih Batch
  5. Pilih Restore missing apps with data
  6. Disana akan tampil daftar aplikasi yang sudah pernah anda backup sebelumnya. Pilih aplikasi mana saja yang ingin anda restore/yang ingin anda kembalikan lagi ke ponsel android anda, pastikan opsi App+Data anda pilih.
  7. Pilih Run the batch operation
Saya sering menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi Titanium Backup saya tidak lagi kesulitan dalam hal mengembalikan aplikasi setelah saya selesai menggonta-ganti ROM android saya.

Jadi tunggu apalagi? Silahkan download Titanium Backup yang full beserta versi PRO nya (klik link berikut, https://www.google.com/search?q=titanium+backup+full&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a).

Semoga tutorial Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard ini berguna untuk kalian semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post