» » Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard

Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard - Banyak yang bertanya kepada saya melalui jejaring sosial termasuk Whatsapp, WeChat dan LINE tentang keluhan-keluhan mereka soal android. Beberapa diantaranya yang paling sering seperti ini, "Mas yusron kasih solusi dong kan saya mau ganti memory card. Sebelumnya memory saya itu sudah dipartisi. Nah kalau saya ganti memory yang baru kan aplikasi lama saya ada di partisi memory yang lama. Mohon bantuannya sangat mas".

Sebetulnya itu mudah dan simpel :) Bagi anda yang ingin mengganti memory card lama dengan yang baru, anda tinggal membackup ulang seluruh aplikasi pribadi anda yang terinstall di android (tidak termasuk aplikasi system) setelah itu hapus aplikasi itu semuanya (supaya nanti data aplikasi pribadi anda (tidak termasuk aplikasi system) yang tersimpan di memory internal tidak error) lalu kita restore ulang.

Sedangkan bagi anda yang baru menginstall custom rom baru atau habis selesai flashing karena android anda error/bootloop caranya juga sama. Backup aplikasi anda terlebih dahulu sebelum anda mengganti rom anda dengan yang baru dan setelah rom baru terinstall, barulah anda restore kembali seluruh aplikasi anda tadi.

Lalu apa bedanya dengan install aplikasi ulang? Kalau hanya backup dan restore saja bukannya sama saja dengan fresh install. Itu dia yang saya maksud. Silahkan download aplikasi Titanium Backup.

Titanium Backup bukan tool sembarangan. Titanium Backup bisa membackup seluruh aplikasi android anda (termasuk aplikasi system) lengkap dengan data-datanya jadi tidak hanya aplikasinya saja. Anda tidak perlu khawatir bila (misal) data-data bookmark dan save page di Opera Mini anda akan hilang karena dengan Titanium Backup anda bisa mengembalikan seluruh aplikasi dan datanya secara keseluruhan. Tinggal backup kemudian restore, setelah anda membuka aplikasi tersebut dijamin tidak ada satu hal pun yang berubah. Sama seperti pada waktu awal anda membackupnya.

Apakah bisa Titanium Backup merestore seluruh aplikasi dengan cepat? Tentu saja bisa. Di Titanium Backup ada sebuah option yaitu 'Bath'. Didalamnya ada banyak macam perintah salah satunya merestore seluruh aplikasi yang ada (yang sudah anda backup) hanya dengan menggunakan satu kali klik.

Seperti ini penggambarannya (dari pojok kiri atas kekanan) :

Langkah-langkah restore aplikasi Titanium Backup
  1. Dari Home Screen kita masuk ke App Drawer
  2. Buka Titanium Backup
  3. Pada tampilan awal Titanium Backup klik tombol opsi android anda
  4. Pilih Batch
  5. Pilih Restore missing apps with data
  6. Disana akan tampil daftar aplikasi yang sudah pernah anda backup sebelumnya. Pilih aplikasi mana saja yang ingin anda restore/yang ingin anda kembalikan lagi ke ponsel android anda, pastikan opsi App+Data anda pilih.
  7. Pilih Run the batch operation
Saya sering menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi Titanium Backup saya tidak lagi kesulitan dalam hal mengembalikan aplikasi setelah saya selesai menggonta-ganti ROM android saya.

Jadi tunggu apalagi? Silahkan download Titanium Backup yang full beserta versi PRO nya (klik link berikut, https://www.google.com/search?q=titanium+backup+full&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a).

Semoga tutorial Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Setelah Flashing Atau Ganti SDCard ini berguna untuk kalian semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

23 comment(s):

  1. mas yusron,aplksi sd card sy bnyak yg kehapus
    pas dipsang android sy tdk bsa mmbuka file ky fb.tweetr,bhkan kntak ma psan jg ga bsa kebuka.
    tp klo sd card dilepas android normal lg,mnta solusi gan

    ReplyDelete
  2. gan aplksi ad card sy bnyak yg khapus,alhasil android galaxy y sch i509 sy ga bsa bka aplikasi bhkan psan,kontak,pun tak bsa kbuka..cma google searh yg dicover aja.klo download apksi yg bru apa gan nama apliksinya..sy bngung gan.ksih saran donk.

    ReplyDelete
  3. mas yusron sy mau gnti sd card untuk android samsung galaxy y sch i509
    aplikasi yg di sd card dlu ke hapus..mnta saranya

    ReplyDelete
  4. gan sy mau gnty sd card di samsung galaxy y sch i509
    sd card yg dulunya ga ada datanya khapus smua.
    mnta saranya gan

    ReplyDelete
  5. Klo mengembalikan aplikasi bawaan yang hilang gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilang gimana? habis dihapus? cara ngembaliin aplikasi bawaan yang hilang setelah dihapus, kalau pakai custom rom mudah. tinggal dibongkar ROM zip nya kemudian cari di system aplikasi apa yang ingin dimasukin lagi setelah itu APK nya masukin ke SD Card baru deh di move ke /system/app/. tapi kalau pakai stock rom, cara satu-satunya diflash ulang

      Delete
  6. Pake app TB trus gak sengaja ke uninstall... Dulu udah pernah aku back up, jika direstore gtu klo pke stock rom tetep gak bisa kembali ya mas...

    ReplyDelete
  7. mau tanya mas..download app TB itu kudu diinatal di device ya mass?klo datanya dipindah di memory yg baru dengan cara copy all ato cut all dri pc bsa gak?
    Terimakasih..mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  8. gan,, sdcard internal bs restore ulang gk?? sya lupa format phone gk back up dlu file2nya.pdhl bnyk foto, video, dn tmbang kenangn gan.tlong gan!!!!

    ReplyDelete
  9. gan,, sdcard internal bs restore ulang gk?? sya lupa format phone gk back up dlu file2nya.pdhl bnyk foto, video, dn tmbang kenangn gan.tlong gan!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdcard internal? sdcard itu memory eksternal kan ya :/
      apa maksudnya memory internal?

      kalau memory eksternal (sdcard), data2 yang hilang bisa direcovery. kalau memory internal android kurang tahu saya mas

      Delete
  10. kalau sebelumnya backup melalui cwm trus di restore pakai titanium backup bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cwm ya cwm, titanium ya titanium :) tidak bisa dibolak-balik

      Delete
  11. Mau tnya gan,klu hh bootloop n normal lg,apa titanium backup mash ada di menu hh?

    ReplyDelete
  12. makasih banyak... sangat membantu.. tapi sd card saya blm di back up jadi udah terlanjur ilang semuanya.. -____-

    ReplyDelete
  13. gan gmn cara ngembali'in aplkasi bawa'an android yg g sngaja d hapus gan??
    moho pencerahan!?

    ReplyDelete
  14. masih tetep nggak bisa mas, saya ganti pake GoGreen 4

    solusi mas?

    ReplyDelete
  15. mas yusron kn udah saya backup app.ny sebelum custom rom,..tapi setelah install rom kn hilang titaniumnya,..terus saya install lg,..mau saya restore koq gk bisa ya

    ReplyDelete
  16. mas yusron kn sblm custom rom kn udah saya backup, trus setelah install rom titanium backupnya ilang, trus saya install lagi, mau saya restore koq gk bisa ngbaca file sebelumnya ya..

    ReplyDelete
  17. Mas.. pernah ngalamin data dalam satu folder hilang gak...? pernah ilang isi file titanium backup sama satu folder berisi apk file... seinget setelah konek dengan iMac pake bluetooth.. awal saya curiga aplikasi cleaner,,, setelah saya cek pembersihan automatis sudah saya off kan... ada yang bilang karena konek ke PC dengan mass storage... kalau itu kayaknya cocok dengan kasus yg pertama... kira2 tau penyebanya gak ya MAs

    ReplyDelete
  18. Mas numpang tanya .. gimana caranya mengembalikan contacs hape yg hilang gara2 update firmware di android ?? Bales ya mas penting soalnya :((

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih