» » Menambah RAM di Android Dengan SWAP

Menambah RAM di Android Dengan SWAP - Salah satu hal terburuk dari smartphone kelas bawah jenis tertentu yaitu tidak memiliki cukup banyak RAM. Biasanya ini bukan menjadi masalah besar bagi kebanyakan pengguna yang menggunakan ponsel mereka dengan tujuan hanya untuk menelepon, mengirim teks SMS, browsing, dan memeriksa email.

Namun bagi orang yang memperlakukan ponsel android nya secara lebih seperti bermain game dan penggunaan aplikasi berat, sosial media, kekurangan RAM mungkin sedikit lebih membatasi. Kehabisan RAM dapat menyebabkan banyak masalah seperti aplikasi crash dan lag.


Meskipun anda memiliki kapasitas RAM yang tergolong sedikit, anda dapat mengaktifkan file swap dan partisi swap layaknya seperti pagefile yang digunakan di windows, walaupun efeknya tidak terasa secara signifikan karena swap hanyalah sebuah virtual memory namun dengan swap kemungkinan akan membantu aplikasi tertentu yang membutuhkan sedikit banyak ruang RAM untuk berjalan.

Mengaktifkan swap tidak terlalu sulit, anda hanya disuruh untuk mempartisi ulang SDCard anda. Metode ini akan berpotensi menurunkan umur SDCard anda karena siklus read nya akan bertambah lebih tinggi dari batas normal. Namun SDCard anda tidak serta merta akan mudah rusak begitu saja. Butuh waktu yang lama untuk mengalami itu semua.

Apa itu SWAP? Singkatnya SWAP adalah RAM virtual. Dengan swap sebagian kecil dari memory eksternal disisihkan dan digunakan sebagai RAM. Jadi swap berfungsi sebagai RAM kedua (secondary) yang membantu kinerja RAM pertama.

Menambah RAM di Android Dengan SWAP

Sebelum melakukan proses swapping, persiapkan file-file berikut :
Membuat Partisi SWAP Menggunakan MiniTool Partition Wizard

Membuat partisi SWAP sama dengan membuat partisi EXT. Sebelumnya pernah saya bahas soal Cara Mempartisi SDCard Untuk Link2SD Android. Silahkan anda pelajari terlebih dahulu/Bila anda sudah terbiasa mempartisi atau menggunakan MiniTool Partition Wizard, buat partisi ke-3 dengan file system Linux Swap. Ukurannya minimal 32MB, maksimal 1024MB. Direkomendasikan ukuran Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sebagai Primary.
 
Atau bila SDCard anda belum pernah dipartisi sebelumnya, silahkan ikuti tutorial partisi untuk Link2SD diatas, hanya saja file system nya memakai Linux Swap dan ukurannya sebesar yang saya rekomendasikan.

Linux Swap MiniTool Partition Wizard
Linux Swap MiniTool Partition Wizard
Membuat File SWAP Menggunakan Swapper

Swapper For Swap File
Swapper
Langkah ini terbilang sangat mudah. Bila anda masih dalam tahap pengembangan, masih memakai stock rom, android anda masih original dan belum pernah dirubah systemnya sama sekali, memakai file swap merupakan jalan terbaik. Alasannya karena tidak semua kernel android support partisi swap.
 
Kebanyakan custom rom saat ini sudah support partisi swap. Maka dari itu pilih satu dari kedua cara ini. Jangan memakai keduanya karena fungsinya itu sama.

Pada artikel Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android, salah satu point nya memakai Swapper.
 
Pertama-tama install Swapper anda kemudian buka. Centang Active Swap on Boot kemudian ganti Swap File Position menjadi SD Card FAT Partition lalu isi value nya.

Sesudah itu klik Save lalu tunggu beberapa saat sampai Swapper selesai membuat file swap. Lama pembuatannya tergantung berapa MB swap file anda. Bila besarnya 1GB bisa memakan waktu belasan menit.

Swapper akan membuat file swap dengan ekstensi .swp kedalam SDCard anda. Jadi jangan bingung kalau kapasitas SDCard anda berkurang sebanyak value yang anda isikan diatas. Untuk mengembalikan kapasitas tersebut, hapus file swap tersebut.

Cara Mempastikan SWAP Berjalan Dengan Baik

Cara mempastikan apakah SWAP anda berjalan atau tidak, silahkan buka Terminal Emulator anda. Download terlebih dahulu via Google Play bila anda belum memiliki Terminal Emulator.

Pada Terminal Emulator, ketik 'free' tanpa tanda kutip lalu lihat. Bila isinya angka-angka yang relevan dan bukan angka Nol semua dibagian total, used dan free nya, maka swap yang anda buat berhasil.

Swap Terminal Emulator
Swap Terminal Emulator
Begitulah Cara Menambah RAM di Android Dengan Metode SWAP. Ada kalanya kita harus mengoptimalkan kinerja android kita karena beberapa alasan salah satunya 'keterbatasan'.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya dan silahkan masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

53 comment(s):

  1. Ini harus di root dulu ya Androidnya?
    Kalau buat swap tanpa root bisa nggak?

    ReplyDelete
  2. @Andre Wicaksono: harus d Root. Root aja HH nya gan, mudah aja kok

    ReplyDelete
  3. punya'q kok "not found"....... pdhal udah tk partisi n tk kasih swapper configurasi...

    ReplyDelete
  4. gan boleh ga ane pake sd booster, swapper dan seeder sekaligus biar mantap?? wkwk kalo misalnya itu ga bagus, ane harus pilih yg mana nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2. ditambahin ram manager pro juga gapapa ^_^ yang penting secukupnya aja pakai aplikasi optimizer semacam itu

      Delete
  5. misi ni .. kalo gw partisi untuk link 2sd sama di swap bisa ga barengan ..? cuz ram sama memory gw kecil..

    ReplyDelete
  6. misi ni .. kalo gw partisi untuk link 2sd sama di swap bisa ga barengan ..? cuz ram sama memory gw kecil..

    ReplyDelete
  7. Gan mau tanya ni .. kalo RAM nya Direkomendasikan ukuran Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sebagai Primary.

    berarti cuma ngeffect dikit doank donk . pengen gtu sizenya sampe GB biar performa nya mantep . apa mungkin ada aplikasi lain gtu yang sama caranya seperti ini dan menambahkan ukuran size nya double apabila keduanya kita pakai ? mohon pencerahannya gan Thnks :)

    ReplyDelete
  8. Gan mau tanya ni .. kalo RAM nya Direkomendasikan ukuran Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sebagai Primary.

    berarti cuma ngeffect dikit doank donk . pengen gtu sizenya sampe GB biar performa nya mantep . apa mungkin ada aplikasi lain gtu yang sama caranya seperti ini dan menambahkan ukuran size nya double apabila keduanya kita pakai ? mohon pencerahannya gan Thnks :)

    ReplyDelete
  9. Gan mau tanya ni .. klo Direkomendasikan ukuran Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sebagai Primary.

    berarti ngeffectnya dikit doank donk . mungkin ada apps lain atau software lain gtu yang sama seperti ini dan bisa di gabungkan keduanya biar size nya sampe ber GB . mohon pencerahannya gan . Thanx :)

    ReplyDelete
  10. Gan mw tnya ni,klo Direkomendasikan ukrn Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sbgai Primary.

    brti ngeffectnya dkt doank donk,mgkin ada apps lain atw software lain gtu yg sma sprti ni & bsa d'gbngkan kedua'a biar size nya smpe br GB.mhon bntuanya gan. Tq :)

    ReplyDelete
  11. Gan mw tnya ni,klo Direkomendasikan ukrn Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sbgai Primary.

    brti ngeffectnya dkt doank donk,mgkin ada apps/software lain gtu yg sma sprti ni & bsa d'gbngkan kedua'a biar size nya smpe br GB.mhon bntuanya gan. Tq :)

    ReplyDelete
  12. Gan mw tnya ni,klo Direkomendasikan ukrn Linux Swap nya sebesar 256MB. Buat sbgai Primary.

    brti ngeffectnya dkt doank donk,mgkin ada apps/software lain gtu yg sma sprti ni & bsa d'gbngkan kedua'a biar size nya smpe br GB.mhon bntuanya gan. Tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi tutorial diatas intinya hanya untuk menambah virtual memory saja. virtual memory tidak perlu banyak-banyak. virtual memory juga gunanya hanya untuk membantu kinerja ram internal.
      lagi pula 256MB itu tidak seutuhnya terpakai semua mas trio karna seluruh pemakaian ram sepenuhnya tetap dibebankan ke ram internal bukan virtual memory :)

      Delete
  13. tanya gan, kan klw stock rom dipastikan kernelnya gk bakalan support swap, apa cara swap ini work di HH ane (stock rom) yg kernelnya gk support swap (ane takut klw HH ane jd brick)???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu x10 mini saya kernelnya tidak support swap. kemudian setelah saya pakai swap file (tutorial diatas yang menggunakan Swapper), saya periksa di info, info swap nya terisi semua :)

      Delete
    2. dulu x10 mini saya kernelnya tidak support swap. kemudian setelah saya pakai swap file (tutorial diatas yang menggunakan Swapper), saya periksa di info, info swap nya terisi semua :)

      Delete
  14. punya'q kok "not found"....... pdhal udah tk partisi n tk kasih swapper configurasi...

    ReplyDelete
  15. kok pnya ane jga not found gan,,,gmana?
    tutor dah ane ikutin mua,,,hh ane tipo single..mohon bntuan,,,

    ReplyDelete
  16. mf nubie bntu jawab. kl not found brarti harus ketik su.tunggu hingga tanda $ berubah jd #. itu tanda dah masuk sbagai superuser. baru deh ketik free. kl msh not found jg,install dulu busybox(ada di google play). ulangi langkah diatas td. cm bro yusron ane bingung qo,hasil swap ny nol terus y. mhn pncerahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kernelnya mungkin belum support :)

      *atau sebetulnya soal swap file dan swap partition itu memang tidak bisa dicek di terminal emulator pakai command 'free'. jujur screenshot diatas itu karna saya memakai ZRam
      http://yusronkrista.blogspot.com/2013/07/menambah-ram-di-android-dengan-zram.html

      Delete
  17. Mau tanya gan, klo pake cara yang pertama, apa support dengan jenis kernel bawaan?Klo pake OS 4.1.2 perlu ganti kernel atau tidak?terimakasih

    ReplyDelete
  18. bro ane bikin swamp pake mini partizion wizard 128mb pas di cek terminal emu ko cuman 0 ? tapi kalo bikin swamp pake ram manager pro baru kebaca jumlah swamp nya ! terus kalo itu udah tanggung bikin swamp di mini partision sama ram ram manager juga bakal crash kaga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang pakai minitool partition wizard mungkin karna kernelnya belum support swap sedangkan RAM Manager, itu ZRam bukan swap. 'sama tapi beda' :) silahkan cari di Sitemap dari menu navigasi blog ini diatas untuk mengetahui ciri-ciri keduanya

      Delete
  19. kok di terminal emulatornya kok pad di cek. 0 semua gan?
    gmn itu,,,hh ane xtipo

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf yang bisa dicek menggunakan terminal emulator itu ZRam (http://yusronkrista.blogspot.com/2013/07/menambah-ram-di-android-dengan-zram.html)

      Delete
  20. Klo bikin partisi swap, memory yg tersimpan di sd card kta akan terhapus atau tidak ya ?

    ReplyDelete
  21. gan,,kok yg berkurang mlahan memry internl y bkan sdCard ny?

    ReplyDelete
  22. gan , ane dah hapus file swp nya tapi kok memory nya masih berkurang tolong gan

    ReplyDelete
  23. yg bkin ane bingung. knp harus bkin partisi linux swap? klo juga bkin file swap pada partisi yg FAT. klo pake swapper, jadinya sm ky windows kan. nah klo bkin partisi swap, harusnya gausah bkin file swap lg dong. ky linux standar. jd yg bner yg mana nih??

    niru paging file windows, apa swap partisi linux os?

    blm lg kernelnya support pa engga. gugel mesti sempurnain osnya nih. drpd bkin repot orang. hehehe

    klo bisa sih, se stabil osx, paling engga se stabil ubuntu atau mandriva.

    ReplyDelete
  24. gan cara root hp G2 G-Plus , gimana yaaa?? udah coba segala cara, gak bisa

    ReplyDelete
  25. trus ngecek swapnya berhasil ato tidak pake apa dong gan?

    ReplyDelete
  26. gan. ane udah jalankan swapnya tapi waktu diliat di Teremul hasilnya angka 0.

    gimana tu gan...??? hh gak support atau diulang lagi. mohon pencerahannya gan.

    thx b4

    ReplyDelete
  27. gan yusron numpang tanya ne, untuk partisi yg menggunakan linux swap tdi agan merekomendasikan 256MB yah, terus klo buat aplikasi swapper di isikan berpa gan rekomendasinya, apa sesuai memory yg kita buat d linux swap tdi(256MB) atau sesuai contoh agan tdi 1000MB.

    ReplyDelete
  28. Kok saya free nya ada tpu usednya gk ada atau 0. di pengecekan terminal emulator.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  29. gan saat melakukan swaper menggunakan app swaper sdcard nya hrus d backup dulu gg ...

    ReplyDelete
  30. harus suport swap kernel ga gan?

    ReplyDelete
  31. permisi gan nmpang tanya.
    gmn y cara root andromax c.

    ReplyDelete
  32. misi gan numpang tanya.
    gumana y gañ cra root andromax c.
    mohon bantuannya gan.

    ReplyDelete
  33. gan , kalau udah di swap memori internal jadi external n external jd internal , kalau misalny external gw rusak , jd gimana memoriny nanti ? fatal gak ya ? bisa d ganti dgn memori baru lgi kah ?

    ReplyDelete
  34. broo aku gae swap file leewat ram manger pro ko gk kenek lapo ya... maslah kernel kernel ngunu... awale tak kiro sd card kuu write speede gur 3mb aku tuku clas 10 tp tetep gk kenek

    ReplyDelete
  35. itu untuk partisi menggunakan minitool partition ukuran 256 untuk apa ya mas?

    trus yg 1GB d swapper itu pake memory internal ya ternyata?

    ReplyDelete
  36. nompang bertanya gan, sdcard android saya udah di pertisi dengan partisi ke 3 linux swap sebesar 300 mb, tetapi setelah saya cek swap bekerja atau tidak lewat terminal emulator hasilnya 0 gan, mohon beri pencerahannya gan.

    dody.bronches@yahoo.com
    pin : 74ab6687

    ReplyDelete
  37. Kalau dicek lewat terminal emulator hasil swap 0 coba ganti kernel yang support swap gan

    ReplyDelete
  38. cara menganti kernelnya dengan yang pas gimana gan?

    ReplyDelete
  39. Silahkan coba custom rom/custom kernel yang support swap untuk hh agan dan cara menggantinya bisa diflash lewat cwm recovery/pakai pc lewat odin

    ReplyDelete
  40. gan kalo di set ke maksimal ram jadi 1024 emang kenapa ?
    apa beresiko ??

    ReplyDelete
  41. gan pertanyaan yg sama,,, itu untuk partisi menggunakan minitool partition ukuran 256Mb untuk apa ya mas?

    trus yg 1GB d swapper itu pake memory internal ya ternyata? lalu fungsi yg di linux swap 256mb apa yah gan.. ane tes ternyata masih 0 0 0 0 nilai swapnya... langkah2 sudah benar semua.. tes di gayoung..

    ReplyDelete
  42. Gan..root memang gampang tapi klo penginnya swap tanpa root..bisa gk?
    Partisi Linux swap sudah ane buat 512MB pakai mini tool...tinggal swap aja caranya gmn gan...

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih