Memperbaiki Android Yang Terkunci Lockscreen Pattern

Posted by

Memperbaiki Android Yang Terkunci Lockscreen Pattern - Bagi pengguna smartphone Android kadang merasa tidak suka ketika handphone nya diutak-atik orang lain. Hal ini terjadi karena kadang ada data penting yang sifatnya pribadi dan sangat privasi sehingga sangat tidak diperbolehkan orang lain untuk mengetahuinya. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini, biasanya user smartphone tersebut senang menggunakan password baik sandi maupun pola pattern di smartphone mereka.

Kadang kala ada saja teman atau saudara yang sangat penasaran dan nekat mencoba berbagai kombinasi kata maupun kombinasi bentuk pola supaya bisa membuka kode kunci sebuah smartphone yang diproteksi. Celakanya setelah 3x salah memasukkan password atau kombinasi pola, biasanya smartphone yang khususnya berbasis android akan meminta anda memasukkan account gmail beserta passwordnya. Setelah anda memasukkan account gmail dan juga password barulah biasanya smartphone anda bisa dibuka kembali seperti sedia kala.

Memperbaiki Android Yang Terkunci Lockscreen Pattern
Namun ada juga kasus yang setelah beberapa kali terjadi masalah seperti itu dan diselesaikan dengan memasukkan account gmail beserta passwordnya, smartphone tetap menolak untuk memverifikasi. Padahal email dan password accountnya sudah benar.

Akhirnya mau tidak mau cara untuk menangani masalah ini hanyalah satu yaitu melakukan "hard reset" atau mengembalikan setting pabrikan seperti sedia kala pertama kali membeli.

Untuk smartphone berjenis Samsung, langkah-langkahnya terbilang cukup mudah. Biasanya anda hanya cukup mematikan smartphone anda kemudian tekan tombol Home + Volume atas + tombol Power secara bersamaan sembari menahannya terus selama beberapa detik untuk kemudian masuk ke menu recovery. Di menu recovery, pilih wipe data/factory reset dengan cara menurunkan kursor memakai tombol volume bawah (atas naik bawah turun) dan tombol home untuk pilihan OK. Selesai wipe data, pilih opsi reboot.

Tentunya dengan melakukan wipe data/factory reset ini akan menghapus seluruh data-data smartphone anda baik aplikasi, nomor kontak, SMS, settingan handphone, dan lain-lain. Namun tidak akan menghapus isi dari SDCard anda.

Sedangkan smartphone berjenis Sony, anda tidak bisa langsung menekan tombol Home + Volume atas + tombol Power untuk masuk ke recovery mode. Karena system recovery Sony tidak dipasang langsung seperti Samsung. Cara untuk mem-wipe data Sony yaitu dengan flashing.

Baik mungkin itulah cara Memperbaiki Android Yang Terkunci Lockscreen Pattern yang terbilang mudah. Semoga dengan adanya kasus semacam itu bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Semoga membantu.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya dan silahkan masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Referensi : http://dafhy.net/2013/04/mengatasi-samsung-galaxy-young-yang-terkunci/


Blog, Updated at: 7:30:00 AM

2 komentar:

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email