» » Cara Mengatasi Error Pada Waktu Download di Google Play Store

Cara Mengatasi Error Pada Waktu Download di Google Play Store - Google Play Store sebagai mini marketnya android merupakan tempatnya download semua jenis aplikasi android yang syah & legal. Anda tidak perlu lagi browsing kesana-kemari untuk mencari aplikasi yang anda inginkan karena dengan Google Play Store yang sudah ada di ponsel android anda itu, anda hanya tinggal mengetik kata kunci yang ingin anda cari dan wala list aplikasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan langsung keluar.

Di Google Play Store tersedia banyak aplikasi, diantaranya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Kita bisa mendownload aplikasi-aplikasi itu semau kita, yang gratis tinggal kita klik INSTALL saja sedangkan yang berbayar kita harus menggunakan credit card yang sudah diregister terlebih dahulu.

Keuntungan mendownload aplikasi dari Play Store, selain aplikasinya aman dari infeksi virus juga kita akan menerima update secara otomatis disaat aplikasi yang kita download itu mengalami revisi. Dengan Google Play Store juga kita diberi kemudahan dalam mencari aplikasi yang dibutuhkan.

Masalahnya dalam beberapa kasus, terkadang kita mengalami kesulitan pada saat mendownload sebuah aplikasi via Google Play Store. Beberapa diantaranya ada yang proses downloadnya tidak mau berjalan, selain itu ada yang pada waktu akan mendownload tiba-tiba aplikasinya selalu exit dengan sendirinya, ada yang pada waktu selesai download namun aplikasinya tidak mau menginstall, dan lain-lain.

Lalu apa penyebabnya? Bagaimana cara kita memperbaikinya? Menurut saya pribadi penyebabnya tergantung. Bisa jadi karena cache yang menumpuk, karena koneksi atau karena ponselnya itu sendiri.

Google Play Store
Google Play Store
Berikut Cara Mengatasi Error Pada Waktu Download di Google Play Store.

1. Setting ulang profil internet anda
Siapa yang akan mengira kalau anda mendapati error disaat mendownload di Play Store hanya karena anda salah dalam mensetting internet. Entah nomor PORT nya salah atau proxy nya kosong.
Disisi lain ternyata juga anda tidak mendapatkan akses internet pada waktu menggunakan aplikasi semacam Opera Mini atau WhatsApp.

2. Hapus data cache Google Play Store anda
Ini berguna untuk menghapus data-data sampah yang menumpuk dan menghapus setingan-setingan yang bisa jadi penyebab error tersebut. Caranya pada Android 2.3.x buka menu Settings, pilih Application kemudian Manage Application, pilih All. Cari aplikasi Google Play Store anda disana setelah itu buka dan pilih Clear Data kemudian Clear Cache. Sedangkan di Android 4.x.x buka menu Settings, pilih Application, geser kekanan hingga anda temukan tab All. Lakukan seperti langkah-langkah diatas.

3. Install Google Play Store versi terbaru
Penyebab download gagal di Play Store bisa jadi karena Google Play Store anda sudah expired/lawas. Silahkan download Google Play Store terbaru yang kini sudah hadir versi ke-4 nya. Silahkan download di link berikut, Google Play Store v4.0.2.7.

4. Flash ulang ROM android anda
Mungkin ini jalan satu-satunya bila masalah tersebut tidak terpecahkan. Flash ulang ROM android anda. Bisa saja aplikasi-aplikasi system bawaan Google (selain Play Store) ada yang hilang dari ponsel anda.
*Bila anda masih ragu dalam hal flashing memflashing coba saja di Factory Reset.

Baik itulah beberapa Cara Mengatasi Error Pada Waktu Download di Google Play Store menurut pengalaman saya. Tidak bisa dipungkiri anda pengguna pribadi ponsel android anda, anda sendiri yang seharusnya tahu apa yang menjadi penyebab android anda bisa menjadi 'sakit' :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comment(s):

  1. Saya download yg 399MB intrnl sy 424 MB tapi sdh sampai 95% tiba2 brhenti tulisannya error 911, tolong bantuannya

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih