» » Cara Mengambil APK Dari Aplikasi Google Play

Cara Mengambil APK Dari Aplikasi Google Play - Anda tahu kenapa tidak semua orang yang paham soal android kurang senang dowload aplikasi langsung dari Google Play Store? Alasannya selain karena kurang praktis, membutuhkan akses internet, Google Play Store tidak memberikan installer aplikasi. Padahal besar kemungkinan bila memiliki installer aplikasi tersebut bisa disebar luaskan kepada siapa saja entah kerabat dekat atau siapapun yang membutuhkannya atau bisa jadi untuk bahan belajarnya.

Kebanyakan orang lebih suka memakai installer APK karena selain lebih mudah dalam penginstalan (banyak orang mengalami kesulitan & error pada saat ingin mendownload aplikasi dari Play Store) APK bisa digunakan sewaktu-waktu tanpa akses internet. Tidak seperti aplikasi yang berada di Play Store. Kapanpun kita memerlukannya kita harus menginstallnya ulang.

Ya memang aplikasi yang kita download langsung dari Google Play lebih aman proteksinya dari jangkauan virus liar, terlebih lagi Google Play memberikan fitur notification yang mana bila setiap aplikasi yang terinstall dari Google Play tersedia update ke versi yang lebih baru, Google Play akan langsung memberitahukannya kepada kita semua.

AppMonster
AppMonster
Namun itu semua kembali ke keperluan kita. Bila anda ingin memberikan beberapa installer aplikasi dari aplikasi yang anda download dari Play Store ke teman/rekan anda, berikut ini Cara Mengambil APK Dari Aplikasi Google Play.

Dalam mengambil APK nya, kita bisa memanfaatkan sebuah tool bernama AppMonster. AppMonster adalah sebuah application manager untuk smartphone android dan tablet, memiliki banyak fungsi antara lain Backup aplikasi , Restore aplikasi , Uninstall aplikasi, dan lain sebagainya.

Dengan mem-backup aplikasi maka seluruh data aplikasi yang kita pilih akan dicopy ke SDCard termasuk file APK nya.

Berikut step by step Cara Mengambil APK Dari Aplikasi Google Play menggunakan aplikasi AppMonster.

AppMonster
Step by step mengambil APK dari aplikasi Google Play
  1. Pertama-tama buka AppMonster. Pilih aplikasi mana yang ingin anda backup. Sebagai contoh, WeChat
  2. Klik satu kali pada WeChat setelah itu pilih Backup
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan "Wechat successfully saved on SD" dan tulisan backed up berwarna kuning keluar
  4. Anda sudah berhasil membackup aplikasi WeChat. Lalu apa? APK nya mana? Silahkan buka folder /appmonster2/backup/ yang letaknya ada didalam SDCard anda
  5. Disana anda tidak langsung menemukan file APK nya melainkan folder aplikasinya. Foldernya juga bukan dari nama aplikasi yang telah dibackup namun nama kode dari aplikasi tersebut
  6. Untuk memastikannya, silahkan buka folder yang ada (misal com.tencent.mm)
  7. Disana terlihat logo dari aplikasi yang bersangkutan. Silahkan dicek. Bila benar, file APK ada didalam folder rev didalam folder com.tencent.mm
Begitulah tutorial Cara Mengambil APK Dari Aplikasi Google Play menggunakan AppMonster. Silahkan download AppMonster yang free langsung dari Google Play bila ingin mencobanya. https://play.google.com/store/apps/details?id=de.android_telefonie.appmanager&hl=en.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya dan silahkan masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post