» » Cara Install ChainFire 3D di Semua Android

Cara Install ChainFire 3D di Semua Android - Anda seorang gamers? Suka bermain game HD di android? Pernah mengalami gagal bermain game pilihan anda karena suatu alasan tertentu?

Tidak semua game HD bisa dimainkan disembarang jenis android. Alasannya simpel. Entah itu karena hardware nya tidak mendukung/tidak mencukupi, membutuhkan CPU atau RAM yang besar, atau kalau tidak masalahnya ada pada GPU (Graphic Processing Unit).

Tidak semua android itu ber-GPU lo. Contohnya android kelas bawah dengan harga setengah jutaan. Jadi kemungkinan sulit untuk bermain game HD di android tersebut. Namun android yang sudah ber-GPU pun kadang masih juga belum cocok/belum memenuhi kriteria game tersebut. Bisa jadi game yang ingin kita mainkan harus menggunakan GPU Nvidia sedangkan GPU kita sebatas Adreno. Lalu bagaimana supaya kita bisa memainkan game-game HD yang membutuhkan syarat seperti itu?

Mudah. Install ChainFire 3D.

Apa itu ChainFire 3D? ChainFire 3D merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita unduh secara gratis di Google Play. Fungsinya seperti patcher. Atau bisa kita artikan untuk memaksimalkan.

Alasan kita menginstall ChainFire 3D yaitu karena beberapa jenis game membutuhkan GPU tertentu. Sayang kan anda sudah men-download game keren yang kapasitasnya ratusan MB ternyata tidak terpakai sia-sia karena handphone nya ternyata tidak support. ChainFire 3D bisa mem-fix tampilan game anda yang mungkin tampilannya rusak, warnanya hilang, blur, dan juga ChainFire 3D merupakan Solusi Android Sering Keluar/Exit Pada Saat Bermain Game.

Baik bila anda berminat, Cara Install ChainFire 3D di Semua Android sangat mudah. Namun ingat! Segala resiko anda tanggung sendiri! Kalau android anda terjadi bootloop atau brick bukan tanggung jawab saya. Silahkan flash stock firmware/custom rom via CWM untuk memperbaikinya.

ChainFire 3D
ChainFire 3D
Selain itu perlu diperhatikan ChainFire 3D hanya untuk android yang sudah diroot dan memiliki CPU 1 GHz keatas. ChainFire 3D juga hanya support untuk Froyo dan Gingerbread saja. Jadi nanti jangan sampai ada yang tanya apakah compatible dengan ICS atau Jelly Bean juga. Di Google Play dijelaskan ChainFire 3D hanya support pada device modern seperti HTC HD2, Samsung Galaxy S, Samsung Galaxy Tab 7", Samsung Galaxy S II, Samsung Galaxy Note, Samsung Epic 4G, Motorola Atrix 4G, Motorola Droid 2, LG Optimus 2X, dan Google Nexus S. Tapi jangan terpaku pada itu. Itu hanyalah sebagian device yang sudah ditest. Samsung Galaxy W pun bisa diinstallin ChainFire 3D.

Langkah-langkahnya sebagai berikut,
  • Pertama download ChainFire 3D langsung melalui Google Play di android anda. Pilih yang free version.
  • Kemudian buka ChainFire 3D anda. Abaikan bila muncul warning.
  • Setelah beberapa saat sesudah itu android anda akan mengalami blank screen atau terkadang layar menjadi hitam. Tunggu hingga android anda reboot dengan sendirinya.
Selanjutnya install plugin.
  • Download plugin ChainFire 3D disini. Setelah itu ekstrak semuanya di SDCard anda.
  • Buka ChainFire 3D anda.
  • Pilih install plugins, klik semuanya kemudian exit.
  • Buka kembali ChainFire 3D anda, pilih Default Open GL Settings, pilih Use Plugin dengan plugin yang ingin anda gunakan (Direkomendasikan Qualcomm, jangan PowerVR kecuali kalau game yang ingin anda mainkan benar-benar membutuhkan performa grafis yang tinggi. PowerVR bisa menyebabkan kerusakan)
  • Selesai.
ChainFire 3D Interface
ChainFire 3D Interface
Sekarang silahkan anda mencoba bermain game HD di android anda misalkan GTA. Insya allah lancar tanpa error dan pastinya dengan grafis yang bagus dibanding sebelum-sebelumnya :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post