» » Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2

Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2 - Tutorial selanjutnya setelah kemarin kita mencoba rooting Xperia Neo L yaitu Cara root Galaxy Ace. Sudah tahu kan Samsung galaxy Ace yang seperti apa? Bentuk body nya menyerupai Samsung Galaxy Young namun berbeda ukurannya. Samsung Galaxy Ace memiliki bentangan layar yang lebih besar daripada Galaxy Young.

Samsung Galaxy Ace
Anda mungkin belum tahu bahwa Samsung Galaxy Ace memiliki dua varian yaitu Galaxy Ace 1 dan Galaxy Ace 2. Keduanya sangatlah jauh berbeda. Samsung Galaxy Ace 1 memiliki kode S5830 dan Samsung Galaxy Ace 2 berkodekan i8160 (untuk mengecek nya silahkan masuk ke Settings < About phone). Dilihat dari segi body, Galaxy Ace 2 sudah mirip-mirip dengan body Samsung Galaxy SIII. Sedangkan Galaxy Ace 1 berbentuk candy bar pada umumnya. Galaxy Ace 2 juga sudah mempunyai kamera depan walau masih beresolusi VGA dan bila dilirik dari segi memory, kedua jenis ponsel tersebut jaaaaaauh berbeda. Silahkan cek di GSMArena untuk Samsung Galaxy Ace S5830 dan Samsung Galaxy Ace 2 i8160.

Tadi sudah saya jelaskan bahwa kedua ponsel diatas sangatlah jauh berbeda. Bedanya dari segi hardware dan kode. Jadi secara prinsip tutorial rootingnya pun berbeda pula.

Berikut Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2. Silahkan dipahami dengan teliti dan baca sampai benar-benar paham sebelum anda bertanya.

Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 S5830
A. Persiapan
B. Eksekusi
  1. Sesudah mendownload Update file zip, copy ke SDCard. Jangan menaruh di folder apapun supaya nanti lebih mudah untuk mencari file nya.
  2. Matikan ponsel Samsung Galaxy Ace anda, masuk ke mode recovery (Volume atas + Tombol home + Tombol power)
  3. Pilih opsi apply update from sd card menggunakan kedua tombol volume untuk menaik turunkan opsi dan tombol home untuk OK.
  4. Cari file Update zip Samsung Galaxy Ace yang tadi anda copy ke SDCard.
  5. Setelah ketemu, tekan tombol home untuk OK dan memulai proses rooting.
  6. Tunggu hingga proses selesai, selanjutnya bila sudah pilih reboot now dan nyalakan kembali Galaxy Ace anda. Lihat di menu apakah ada aplikasi SuperUser terpampang nyata disana :) bila ya, selamat Samsung Galaxy Ace anda sudah berstatus ROOTED!
Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 2 i8160
A. Persiapan
B. Eksekusi

*Untuk mengeksekusi Galaxy Ace 2 kemungkinan sedikit sulit karena banyak diantara pengunjung blog ini pada saat mengikuti Tutorial Cara Flashing Samsung Galaxy Young banyak yang belum paham tentang bagaimana cara memakai Odin. Jadi simak baik-baik.
  1. Pertama-tama install driver samsung diatas. Ekstrak juga Odin dan file PDA (I8160XXLD8_ready_root_ANT.tar.zip) kedalam satu folder. Ekstrak file PDA sampai keakar hingga anda temukan file kurang lebih bernama I8160XXLD8_ready_to_root_ANT.tar.md5. File itulah yang akan kita gunakan nanti. INGAT! Matikan antivirus anda. Biasanya Odin terbaca sebagai file yang terinfeksi oleh virus! Untuk file zip nya pindahkan ke SDCard jangan didalam folder.
  2. Aktifkan mode USB Debugging Samsung Galaxy Ace 2 anda. Buka Settings < Applications. Dan aktifkan juga Unknown Sources nya.
  3. Buka Odin
  4. Klik tombol PDA dan browse dimana anda menaruh file md5 yang sudah anda ekstrak.
  5. Sekarang matikan Samsung Galaxy Ace 2 anda dan masuk ke download mode dengan menekan tombol Volume bawah + Tombol home + Tombol power. Tekan saja volume atas bila muncul warning. Maka sesudah itu Galaxy Ace anda akan berubah menjadi download mode.
  6. Sambung ponsel anda ke PC
  7. Tunggu hingga Odin menunjukkan indikatornya berwarna kuning. Bila sudah muncul, maka proses flashing sudah bisa anda lakukan.
  8. Tekan tombol start
  9. Tunggu hingga proses selesai dan selamat :)
Proses pertama sudah selesai. Tapi bukan berarti proses rooting juga selesai.

Oh iya, lalu untuk apa file root zip yang kita download tadi? Itu dia. Langkah terakhirnya yaitu kita flash file zip tersebut. Caranya sama dengan Samsung Galaxy Ace 1 diatas :)

Baca daftar isi untuk tutorial menarik lain.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post