» » Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop - Update 13 Juli 2014, update title, revisi dan update link firmware.

Kebanyakan kerusakan yang timbul akibat gagal flashing yaitu bootloop. Tapi bisa juga efeknya lebih parah seperti ponsel 'mati suri' alias soft brick. Tidak mau menyala sama sekali, tombol power seakan-akan tidak berfungsi dan sepertinya ponsel tersebut sudah tidak bisa diapa-apakan lagi.

Beberapa penyebab bootloop yang lain seperti salah edit build.prop, salah mengganti font, salah install tweak, dan masih banyak lagi yang lain.

Artikel terkait :
  1. Ini Akibat Salah Pasang Framework Android 
  2. Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android Yang Hilang
  3. Dua Jenis Otak-Atik Yang Membuat Android Bootloop
Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop
Biasanya bagi mereka yang mengalami hal tersebut hanya mampu pasrah menunggu nasib dan buru-buru menjual ponselnya tersebut karena takut jika dibiarkan tidak akan laku lagi dipasaran. Dijualnya pun pasti dengan harga yang amat sangat miring.

Pernah kejadian pada waktu itu teman saya membeli Sony Xperia Miro hanya dengan 120K. Itupun barangnya dilihat secara fisik masih sangat bagus dan kelengkapannya masih full set. Sampai pada akhirnya juga saya sendiri yang memperbaikinya dan ponsel itu laku dijual kembali seharga 1500K. Lumayan.

Memperbaiki semua Android Xperia yang bootloop tidak sesulit yang kita bayangkan. Solusi terhadap masalah ini yang paling manjur hanya ada satu yaitu flash ulang ke stock firmware. Pastinya dengan resiko bila gagal flashing tambah rusak lah ponsel tersebut.

Kemarin pernah dengan sengaja saya gagalkan pada saat flashing dan benar ponsel yang saya korbankan benar-benar mati. Untuk kedua kalinya saya flash lagi, alhamdulillah berhasil sembuh.

Hal-hal yang diperlukan untuk flashing ulang ke stock firmware yaitu Flashtool untuk flashing, driver Xperia guna menjembatani ponsel dengan komputer, stock firmware yang akan kita flash ke dalam ponsel, sebuah kabel data sebagai media transfer dan sebuah komputer.

A. Persiapan
  • Download Flashtool
  • Download Stock firmware Xperia disini, sesuaikan dengan jenis smartphone Anda
  • Untuk driver tidak perlu mendownload karena sudah ada didalam folder Flashtool
Catatan : Anda harus login / register terlebih dahulu untuk bisa mengunduh

B. Fase Eksekusi

DWYOR -- Do With Your Own Risk
  • Langkah pertama, install Flashtool kemudian extract dan copy stock firmware berformat FTF ke C:/Flashtool/Firmwares

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop

  • Install driver Xperia milik Flashtool, folder nya berada di C:/Flashtool/Drivers

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop

  • Selanjutnya langkah eksekusi. Buka Flashtool, pilih gambar Flash (halilintar) kemudian pilih Flashmode pada Mode Selector
  • Pilih stock firmware yang sudah Anda copy

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop
Pilih Flash, kemudian Flashmode
Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop
Firmware Selection
  • Tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul warning dimana anda diharuskan menekan dan menahan tombol back / volume bawah kemudian menyambungkan kabel data ke PC

Sebagai informasi : tekan tombol back jika Anda adalah pengguna Xperia ARC (S), Xperia NEO (V), Xperia PRO, Xperia PLAY, Xperia X10 Mini (pro), Xperia X8. Tekan tombol volume bawah jika Anda adalah pengguna Xperia MINI (pro), Xperia RAY, Xperia ACTIVE, Xperia Live with Walkman, Xperia P, Xperia S, Xperia T, Xperia U, Xperia V, Xperia Sola.

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Bootloop

  • Flashing dimulai
  • Tunggu proses berjalan hingga 100%
  • Setelah selesai, ponsel Anda akan reboot dengan sendirinya yang menandakan flashing Xperia berhasil
Pada prinsipnya semua Xperia yang rusak bila di flash ulang ke stock firmware akan kembali normal. Mohon maaf bagi Anda yang masih gagal dalam arti Xperia Anda tetap tidak mau menyala walau sudah diflash ke stock ROM.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya & berdiskusi soal Android.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post