DC2SD, Metode Baru Memindah Aplikasi Android ke SDCard

Posted by

DC2SD, Metode Baru Memindah Aplikasi Android ke SDCard - Ternyata oh ternyata kali ini saya makan sendiri kata-kata saya. Sebetulnya sudah sejak dulu saya merasa apabila memakai Link2SD sebagai metode memindahkan aplikasi ke memory eksternal, aplikasi sering not responding dan terkadang bisa sampai force close. Namun tidak saya hiraukan karena saat itu setahu saya hanya Link2SD yang benar-benar mampu membuat memori internal kosong. Hanya itu patokan saya. Link2SD bisa memindah data-data aplikasi termasuk dalvik cache nya. Tidak seperti APP2SD yang pernah saya bahas di Cara Install App2SD UntukMemindah Aplikasi ke SDCard.

Sebetulnya saya sudah tahu bahwa bila memakai APP2SD dalvik cache nya tidak ikut berpindah namun positifnya performanya bagus. Karena apa? APP2SD hanyalah sebuah script kecil yang tertanam di system. Berbeda dengan Link2SD yang merupakan aplikasi pihak ketiga yang terinstall di internal. Selain itu masih ada faktor lain.

app2sd, dc2sd, link2sd
DC2SD = App + DC
Baru saya mengetahui bahwa ada metode lain yang lebih ampuh dari kedua jenis diatas yaitu DC2SD, hasil penyempurnaan APP2SD. DC2SD, atau apa itu namanya yaitu hasil gabungan antara APP2SD dengan DalvikCache2SD, mampu memindah keseluruhan data aplikasi ke SDCard, sama seperti Link2SD. Tapi ini DC2SD Built-In System. Pastinya lebih baik dibandingkan dengan Link2SD dan APP2SD.
Untuk anda yang sering berkunjung ke blog ini dan sering mendengar saya mengagung-agungkan Link2SD saya mohon maaf namanya juga orang biasa yang masih belajar hal baru wajar bila berbuat lucu :p
Mulai hari ini saya sudah memakai DC2SD di ROM Jelly Bean saya. Mulanya kemarin lusa saya merasa ingin mencoba sesuatu yang baru dan akhirnya saya memutuskan untuk ngubek-ngubek XDA mencari-cari ROM. Saya temukan ROM Jelly Bean yang sudah lumayan (Revisi ke-tiga) dan testi-testinya lumayan banyak yang positif. Changelog nya juga bagus. Bug free + smooth dia bilang. Yang terpenting lagi bluetooth nya fix (karena ROM Jelly Bean untuk X10 Mini yang baru-baru ini release kebanyakan bluetooth nya masih problem) Ya sudah singkat cerita saya mencobanya dan belajar memanfaatkan seluruh fitur yang ada didalamnya. Sampailah saya di menu A2SD Settings.

Saya tidak bohong sudah lama saya ingin mencoba menu ini. Didalamnya ada option. Antara A2SD dan DC2SD. Saya sendiri tidak tahu apa perbedaannya. Saya juga belum pernah browsing masalah ini. Menu A2SD Settings ada disetiap ROM Cyanogen (CM7, CM9, CM10).

Bagi anda yang ingin mencoba menginstall DC2SD di ROM anda, berikut persyaratan-persyaratannya : (Do With Ur Own Risk, Hati-hati)
  1. SDCard harus sudah dipartisi, second partitionnya EXT4 (bukan Fat32). Baca Cara Mempartisi SDCard Android.
  2. Ponsel sudah di root.
  3. Ponsel sudah terinstall xRecovery/CWM.
  4. Download DC2SD (4Shared).
  5. Buat sebuah backupan untuk berjaga-jaga bila nanti terjadi bootloop.
Cara installnya sangat mudah, cukup anda flash seperti biasa melalu recovery ponsel kemudian reboot. Cara ini tidak memerlukan pengaturan apa-apa, cukup setelah anda flash anda coba install aplikasi apapun dan insya allah otomatis data-data aplikasinya akan masuk ke second partition anda.

Saya tidak bertanggung jawab bila terjadi bootloop. Sudah ditest di Xperia X10 Mini Pro dan Samsung Galaxy Young.

*Untuk anda yang sudah menggunakan ROM Cyanogen tidak perlu melakukan hal diatas karena menu A2SD Settings itu pasti ada, kalau tidak di CyanogenMod Settings ya di Performance Settings. Namun sebetulnya tidak hanya di Cyanogen. ROM lain kemungkinan memiliki menu ini juga. Tergantung developernya.


Blog, Updated at: 9:08:00 PM

48 komentar:

  1. Apakah dlm kasus yg ada pd system HH bisa menggunakan methode di atas mas??

    ReplyDelete
  2. wah, di Indonesia masih banyak sih ya yang pake android memori internalnya minim. xixixixi #kan sekarang udah gede-gede internalnya

    ReplyDelete
  3. @Hairu zaman bisa diperjelas lagi maksud mas hairu? :)

    ReplyDelete
  4. @Mas Andank iya tuh. coba bayangin nasib hape keluaran vendor terkenal seperti X10 Mini ini. sekarang kalah telak sama hape-hape cainess :@ hape cainess prosesor quad-core internalnya 2GB -weuh-. X10 Mini internal 200MB :D

    ReplyDelete
  5. Maksud sy methode di atas (DC2SD), apakah bs di aplikasikan pd kasus HH sy yg pernah sy tanyakan ke mas??

    ReplyDelete
  6. @Hairu zaman maaf kalau itu saya tidak bisa menjawab :) belum pernah mencoba. nanti saya jawab 'bisa' hasilnya malah bootloop.
    sepertinya dc2sd hanya untuk custom rom mas hairu

    ReplyDelete
  7. mas bro, itu maksudnya apa ya *Untuk anda yang sudah menggunakan ROM Cyanogen tidak perlu melakukan hal diatas karena menu A2SD Settings itu pasti ada, kalau tidak di CyanogenMod Settings ya di Performance Settings. Namun sebetulnya tidak hanya di Cyanogen. ROM lain kemungkinan memiliki menu ini juga. Tergantung developernya.

    soalnya sya jg pake ROM CM tp ga nemu A2SD nya..
    klo boleh tau mas bro pke ROM yg mana ya?

    ReplyDelete
  8. @Laksonn Blog saya pakai JB Mini Project dari stelios mas.
    biasanya ada menu a2sd (ext) settings. coba di cari di bagian performance.

    ReplyDelete
  9. gan,sebelum nya ak sudah coba cara agan yg menggunakan LINK2SD.Dan berhasil.

    dan pengen coba cara mas yg ini juga.

    cuma mentok di syarat ini,
    Ponsel sudah terinstall xRecovery/CWM.

    mksud xRecovery/CWM ini apa ya ?
    ini aplikasi atau apa gan?
    kalo ini aplikasi download nya dmn gan.
    di playstore adakah??

    makasih sebelum nya.sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya Tablet MITO T720 sekarang dalam kondisi BOOTLOOP.
      barangkali ada yang bisa bantu?
      Recovery.img, dan boot.img nya sudah ada, tapi untuk recovery mode dengan menekan tombol power + volume atas, tidak muncul menunya untuk memilih SD Card yang menyimpan file tersebut. yang muncul hanya tanda => Recovery mode.
      Mohon pencerahannya.

      Delete
  10. mas bro,,memori udah aku partisi tapi ko nggak bs buat nge LINK aplikasi ya?

    ReplyDelete
  11. mas bro,aku udah partisi memori cardnya tpi ko nggak bsa aplikasinya di bikin LINK ya???

    ReplyDelete
  12. cara flash nya gmn gan.
    gw pake galaxy mini gt s5570

    ReplyDelete
  13. @apung prayoga ini ngelink nya otomatis mas apung. DC2SD gak pakek interface. coba check kapasitas second partition nya lewat titanium backup atau aplikasi lain :)

    ReplyDelete
  14. @Saihot Hutasoit pakai cwm mas saihot. cwm itu gak ada di playstore :) baca ini : http://yusronkrista.blogspot.com/2013/03/tutorial-cara-install-clockworkmod-recovery-samsung-galaxy-young-gt-s5360.html

    ReplyDelete
  15. oke gan.
    CWM itu bukan nya "Android System Recovery" ya gan?
    yg memang sudah ad oleh bawaan hp dr pabrik.

    atau berbeda?

    ReplyDelete
  16. dalam hal ini yg sy mksud CWM itu bukan nya yg ini ya http://www.4shared.com/account/dir/SzVOAysa/_online.html#dir=SzVOAysa

    ReplyDelete
  17. wah...
    ternyata ngak sukses di defy xt535 yang udah di upgrade ke 4.0.4

    ReplyDelete
  18. Mas sori mau nanya nih kalo saya pakai ICS apa bisa pakai itu juga? lalu kalo SDCard saya 16GB berapa bagusnya partisinya? n yg terakhir kalo dulu saya baca pas pake Link2SD (Saya juga jujur sebelum baca ini paling demen banget pake Link2SD, dah paling Manteb deh) qta enaknya sisipin juga partisi utk linux swap agar proses jalannya aplikasi lancar.
    Makasih infonya mas

    ReplyDelete
  19. gan kok pas instal DC2SD di CWM kagak bisa ya, tulisannya gini "Amend scripting is no longer supported, Amend scrpiting was depricated by google in android 1.5. It was neccessary to remove it before upgrading to clockworkmod 3.0 gingerbread based recovery, please switch to edify scripting to create working update zip packages"
    Mohon Pencerahannya >>>

    ReplyDelete
  20. iya... Gan, ane juga sama ky Agan fatehtropis...... Amend scripting is no longer supported, Amend scrpiting was depricated by google in android 1.5. It was neccessary to remove it before upgrading to clockworkmod 3.0 gingerbread based recovery, please switch to edify scripting to create working update zip packages...
    solusinya gmn Gan...
    Thanks Gan

    ReplyDelete
  21. oh ini hnya untuk custom rom? kalo buat stock rom, bagusan link to sd atau app2sd ya?

    ReplyDelete
  22. Mas , kalo sebelumnya sudah pake Link2SD, sudah create link dan sebagainya. dan mau pindah ke DC2SD, apa yang mesti dilakuan mas.
    apakah langsung di uninstall aja Link2SD nya..? (File yang udah di create nasibnya gimana..?) atau ada cara lain..

    Terima kasih mas..

    ReplyDelete
  23. Mas , kalo sebelumnya sudah pake Link2SD, sudah create link dan sebagainya. dan mau pindah ke DC2SD, apa yang mesti dilakuan mas.
    apakah langsung di uninstall aja Link2SD nya..? (File yang udah di create nasibnya gimana..?) atau ada cara lain..

    Terima kasih mas..

    ReplyDelete
  24. Mas kalo sebelumnya sudah install Link2SD, sudah create link dan sebagainya. dan mau ganti pake DC2SD.

    apakah langsung di un install Link2SD nya, Nasib apliaksi/game yang udah ada di Link2SD jadi gimana mas?

    atau ada cara lain agar gak perlu instal ulang apliaksi/game2 yang sudah di link di Link2SD..?

    Terima kasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah pakai link2sd ya sudah mending pakai itu saja. sama saja kok dc2sd itu. takutnya ntar malah kecewa pakek dc2sd :)
      cara pindahnya juga ribet. semua aplikasi yang sudah di link harus di remove link nya dulu baru move ke dc2sd

      Delete
  25. sory mas, hp aku samsung epic sprint 4G d700.
    Sewaktu install pakai CWM keluar
    E:SIGNATURE VERIFICATION FAILED
    SD cardnya udah tak partisi EXT4 pakai minitool partision
    Thank mas.....

    ReplyDelete
  26. Gan, ane punya masalah yg sama kyk Agan fatehtropis dan anonym...... Amend scripting is no longer supported, Amend scrpiting was depricated by google in android 1.5. It was neccessary to remove it before upgrading to clockworkmod 3.0 gingerbread based recovery, please switch to edify scripting to create working update zip packages...
    itu kenapa ya gan?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. recovery nya gak cocok / flashable zip nya versi lama :) pakai teknik lain aja mas mimin. link2sd lebih bagus

      Delete
  27. gan katanya ada cara lain untuk mindah aplikasi ke sd card yaitu pakai S2E singkatan dari simple2ext. Tolong dikupas tuntas dunk kelebihan dan kekurangannya...Ditunggu ya...Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah saya bahas :) coba cari di kategori modding. terima kasih

      Delete
  28. mas.. yg ext4 itu primary atau logical?

    ReplyDelete
  29. iya... Gan, ane juga sama ky Agan fatehtropis...... Amend scripting is no longer supported, Amend scrpiting was depricated by google in android 1.5. It was neccessary to remove it before upgrading to clockworkmod 3.0 gingerbread based recovery, please switch to edify scripting to create working update zip packages...
    solusinya gmn Gan...
    Thanks Gan
    saya tunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas versi CWM nya terlalu tinggi.
      solusinya sedang saya cari.

      *sebetulnya flashable zip diatas bisa dioptimalin biar bisa diinstall di CWM versi terbaru. tapi belum sempat saya lakukan :)

      Delete
  30. maaf gan numpang tanya.hp ane samsung galaxy ace 2 klo untuk Cara Install ClockWorkMod Recovery nya sama gk ya dgn Samsung Galaxy Young?klo sama trus file nya apa sama juga?klo beda mohon bimbingannya step by step buat hp ane.soalnya hp ane dh ane upgrade ke versi jellybean dan udh ane root juga.tinggal cara ini aja yg ane blum paham.makasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara install nya beda.
      kalau Galaxy Ace, coba buka ini : http://yusronkrista.blogspot.com/2013/06/cara-mudah-install-recovery-untuk-semua-jenis-android.html tapi kalau Galaxy Ace 2 mungkin lain

      Delete
  31. numpang lewat kang...
    kalo agan mau memory internal nya gede tanpa pindah-pindah ke memory external coba ajah agan test pake script amarulz...klo a2sd,s2e,link2sd extreme atau yg lain nya hanya memindah kan aja...and kadang-kadang suka nge-lag karena kecepatan read-write memory external nyh kurang... kalo agan pke script amarulz bukan di pindah tapi internal nyah yg jadi gede bisa 1-2 gb... syaratnya : partisi sd card, sd cardnya klas 10, download script nya,extract,copy-pastekan ke system/etc/init.d/, seting permision script amarulz jadi rwxrwxrwx kecuali special permision jgn di apa2in... hapus script lain sperti link2sd,a2sd atau s2e...kalo ada 2 script yg mengalihkan penyimpanan dalam init d akan menghasilkan bootlop/stuck...script ini suport sama cusrom based cm.7 atau cm.9.kadang g suport ma stockrom and cm.10... punten kang admin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul performa link2sd, a2sd, dc2sd dan lain-lain itu tergantung dari class sd card nya.
      tapi sebentar. amarulz script hampir sama seperti link2sd, a2sd, dc2sd, mounts2sd, s2e. malah justru amarulz itu lebih ekstrim dari yang lainnya. efeknya lebih buruk soalnya semua proses system ditanggung penuh oleh sd card. satu lagi, besar memori internalnya tetap mas rifky :) gak bisa 180MB jadi 2GB. amarulz bukannya juga pakai second partition? nasibnya sama dong kayak link2sd, a2sd, dc2sd. gak akan sip kalau sd card nya class 6 atau minimal 4.

      lain kali saya share tutorial amarulz nya.

      Delete
  32. gan, ane udah coba partisi sd cardnya sesuai tutorial, tapi pas ane buka link2sd aplikasi gak bisa create link. di coba berulang kali masih tetep aja kagak bisa. tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  33. Mohon pencerahannya,,sy pake galaxy note n8000 10,1 inchi,int memory 16gb,os jely bean 4.1.2 indo,ekst memory 32gb sandisk class 10 dipartisi utk data fat32=28gb, ext2=2gb, linux swap=256mb,sudah gunakan cara ekstrem link2sd,awalnya lancar,aplikasi plus data2nya pindah..tp akirnya HANG,terutama saat instal/uninstal aplikasi..dimana letak salahnya?cara partisinya salah?atau baiknya metode apa digunakan?░T░e░r░i░m░a░K░a░s░i░h░ sbelumnya

    ReplyDelete
  34. bang yos numpang tanya!!!!...
    samsung galaxy grand saya sudah di upgrade firmware OS jelly bean 4.2.2
    tapi kenapa video youtube nya agak beda dengan bawa'an nya.. jadi agk suram..
    tolong minta pencerahan nya!!!!.. terima kasih

    ReplyDelete
  35. Mas kebetulan android saya pake rom cm10 jd ada menu ini. Mau tanya kalo pake cara ini kekurangannya apa ya? ngaruh di performance kah kalo sd cardnya msh kelas rendah?

    ReplyDelete
  36. Mas mau tanya , saya kan menggunakan samsung galaxy s advance, pas otak atik ada yang salah sehingga menyebabkan hape saya BOOTLOOP ,, saya sudah wipe lewat recovery tapi tetp gak bisa ,,

    bisa minta solusinya mas ...

    terimakasih :D

    ReplyDelete
  37. otak-atik apa mas bagoes? ada dua jenis otak-atik yang bisa menyebabkan bootloop. pertama otak-atik settingan aplikasi, otak-atik ini bisa membuat bootloop karena settingan aplikasi crash dengan settingan lain. untuk hal ini, di wipe data melalui recovery insya Allah beres. yang kedua otak-atik system (/system/), anda pernah merubah isi build.prop, memasukkan tweak ke init.d, menambah atau menghapus aplikasi dari system langsung? untuk otak-atik yang satu ini tidak akan bisa selesai jika hanya di wipe. cara yang paling mudah jika anda sudah tidak tahu harus berbuat apa, flashing ulang :)

    ReplyDelete
  38. Maaf mas mau tanya, HH saya Galaxy Mini Pop Plus (GT-S5570I) pake Custom ROM Repencis V.3.5 support nggak sama cara diatas?

    ReplyDelete
  39. hh saya kenapa ya ga bisa instal titanium backup padahal udah d root

    ReplyDelete
  40. Gan, gmn cara ngecek kalo customrom kita sudah support dc
    2sd ini, makasih

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email