Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V

Posted by

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V - Lanjut kita membahas masalah meringankan kinerja android dengan mudah dan insya allah aman. Saat ini sudah memasuki bagian ke lima mengenai cara menambah ram dan performa android di blog ini.
 
Untuk anda yang ketinggalan/belum mengikuti tutorial sebelumnya, silahkan baca dulu referensi dibawah ini :
Baik, android memang bukan system operasi biasa. Android itu open source. Kita diperbolehkan membongkar luar dalamnya system operasi android semau kita pastinya dengan catatan segala resiko yang terjadi ditanggung oleh kita sendiri.
 
Ngomong-ngomong masalah system, kita berbicara soal aplikasi. Sudah tentu aplikasi-aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus manual yang selalu ada disetiap android itu letaknya di system. Jenisnya ada dua. Odex dan DeOdex. Mari kita pelajari :)
 
Apakah ODEX itu? Apakah DEODEX itu?
 
Dalam file sistem Android, setiap aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya yaitu untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX tersebut sebenarnya koleksi bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot.

Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi-aplikasi yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang lain sebelum bisa di eksekusi.
 
Proses Deodexing singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadikan file dengan nama CLASSES.DEX. Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah akan di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.
 
Jadi kita sudah mengetahui bahwa Odex dan DeOdex itu tidaklah sama. Saya ulang kembali, aplikasi android memiliki dua bagian yaitu APK dan ODEX. DeOdex sendiri merupakan hasil penggabungan antara APK dan ODEX. Extensi DeOdex juga hanyalah berupa file APK saja (tanpa ada file ODEX yang menyertainya karena file ODEX sudah dimasukkan kedalamnya menjadi satu).
 
Lalu apa yang akan kita dapat bila aplikasi system android kita menjadi ODEX atau DEODEX?
 
Keuntungan adanya DeOdex adalah lebih ke kemungkinan modifikasi. Yang biasanya di gunakan pada custom ROM dan pemberian themes. Developer yang mengembangkan custom ROM biasanya melakukan proses DeOdex terlebih dahulu, karena dengan DeOdex, dia bisa merubah banyak paket APK dengan tetap bisa melakukan perubahan themes.
 
Disisi lain, karena file ODEX sebenarnya di tujukan untuk mempercepat pembangunan Dalvik Cache, menghilangkannya akan membuat waktu booting lebih lama. Akan tetapi hal ini benar untuk proses pertama booting, karena cache dalvik saat pertama masih kosong, akan tetapi cache ini akan otomatis terisi dengan seiring waktu aplikasi-aplikasi dijalankan. Proses boot yang lama mungkin kembali terjadi jika, cache dalvik terhapus karena alasan tertentu.
 
Dari pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa system aplikasi yang berjenis ODEX akan lebih cepat proses kinerjanya dibandingkan dengan DEODEX karena file ODEX itu membantu performa dalvik cache. Namun dilain hal ODEX akan menyulitkan kita untuk modifikasi aplikasi. Karena apa? APK dan ODEX nya terpisah.
 
Jadi apa yang dapat anda ambil dari artikel bagian ke lima ini? :)
 
Benar, mari kita ODEXkin android kita kalau anda menginginkan kinerja android yang maksimal.

*PERHATIAN! HANYA UNTUK CUSTOM ROM SAJA. TIDAK UNTUK OFFICIAL ROM.

A. Persiapan
  • Sebelum menginstall file zip untuk odexing, pastikan baterai minimal terisi 75%. Cara menghemat dan merawat baterai android ada disini.
  • Backup android anda melalui CWM Recovery untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu mengalami error/bootloop.
  • Pastikan system android anda DeOdex. Periksa di folder /system/app/ menggunakan file manager (Root Explorer)
  • Download ODEX-JB-GB.zip
B. Fase Eksekusi
  • Setelah anda mendownload file diatas, buka menggunakan WinRAR. Didalamnya anda akan melihat ada dua file flash zip, yang satu untuk gingerbread (GB), satunya lagi khusus jelly bean (JB). Pilih sesuai jenis ponsel kalian kemudian ekstrak dan pindah ke SDCard.
  • Install seperti biasa melalui CWM Recovery
  • Setelah itu reboot
Sesudah anda berhasil memflash file tersebut, android anda akan menjadi smooth dan performanya kencang. Untuk memeriksa apakah system sudah benar-benar ODEX, lihat di folder /system/app/.
 
Seperti ini contohnya :
ODEX

DeOdex
Dari screenshot diatas terlihat jelas bahwa sytem android yang ODEX terdapat file ODEX disetiap aplikasinya. Sedangkan DeOdex tidak.

Demikian tutorial Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V semoga bisa menjadi referensi baru untuk anda semua :)

*do with your own risk


Blog, Updated at: 11:56:00 PM

31 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. maaf gan kalau pertanyaan saya keluar dr topik. saya punya tablet android advan sudah root. waktu buka root explorer gak sengaja saya menghapus salah satu aplikasi bawaan google yaitu gogleLoginService.apk. gara2 itu semua aplikasi sperti gmail,play store dll gak bisa dibuka krna gak bisa masuk ke google account.udah coba muter2 sana sini cari aplikasi trsbut yang ada aplikasi gak bisa dipasang (not instaled). cari GAPPS pun dan menginstal lewat recovery mode pun juga gagal. selalu muncul Error: Invalid OTA package Update.zip is not correct Instalation aborted.
    menurut agan gimana cara ngatasinnya?
    mohon dibales ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. @angga coba download ini : http://qfs.mobi/f565903. itu googleloginservice yang saya ambil dari hp saya. silahkan dicopy ke system/app/ lalu rubah permissionnya menjadi rw-r--r-- menggunakan root explorer :) semoga membantu

    ReplyDelete
  4. Seperti ini urutan permissionnya kalau belum ngerti :

    X X -
    X - -
    X - -

    ReplyDelete
  5. kenapa tetep gak bisa ya gan. saya sudah lakukan seperti yang agan bilang diatas tapi tetep gak jalan. not instaled gitu.apakah tidak compatibke sama hh saya? kalau dicounter service kira2 bisa gak ya?

    ReplyDelete
  6. @angga lhoh gak usah diinstall mas angga. cukup ditaruh ke system/app trus permissionnya dirubah. silahkan ditest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yg ditaruh??? Ket diatas kagak ada ditaruh malah suruh instal via cmw??

      Delete
    2. Apanya yg ditaruh??? Ket diatas kagak ada ditaruh malah suruh instal via cmw??

      Delete
    3. coba dibaca lagi komentarnya mas angga diatas ^_^

      ini gak ada hubungannya dengan tutorial diatas

      Delete
  7. kalau hp samsung Galaxy duos Y GT-S6102 termasuk jelly been ato gingerbread tuh gan??

    ReplyDelete
  8. File bwat ics nya ga ada ya gan cuma bwat jb dan gb

    ReplyDelete
  9. File bwat ics nya ga ada ya gan cuma bwat jb dan gb

    ReplyDelete
  10. ah gan,pnyawe mlah kacau,error,gara'' nginstal file zip itu,,,,v untung w slamet ad backuon yg dulu,tdi'y we cemas bnget krna lupa ng'back up,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tutorial odex sama deodex lo mas. hati2 kalau nyobain tutorial :) silahkan buka sitemap blog ini untuk tutorial yang lebih aman dari yang diatas. (http://yusronkrista.blogspot.com/p/blog-page_20.html)

      Delete
  11. gan untuk ics ada gak ....
    makasih....

    ReplyDelete
  12. Gan Ane Berhasil install yang odex JB, tapi pas reboot terus masuk home screen malah ke kunci, pesan error
    " unfortunately the process com.android.phone has stopped"

    ReplyDelete
  13. gan gal-y g hank di samsung gal-y s5360 ga jalan2 ne ada solusi ga??
    hh ane jely blast ke jelybean 4.2.2 nemesis,

    ReplyDelete
  14. cara ganti permisionnya g mana ga d i polder mana ea heheheh

    ReplyDelete
  15. cara ganti permisionnya gmana gan di polder mana tolong ea

    ReplyDelete
  16. cara ganti permisionnya gmana gan di polder mana

    ReplyDelete
  17. cara bnerin pesan error " unfortunately the process com.android.phone has stopped" gmn?

    ReplyDelete
  18. permisi gan ikutn nyimax j,...peace...

    ReplyDelete
  19. misi gan ikutn nyimak...

    ReplyDelete
  20. mantap gan cendol bwt agan,ane berhasil odex andromax jb ane,cusrom ane pke maxperia,skrg udh wuzzz.....lbiihkenceng lari ny,lebih irit batre nya..makasih gan,ane tgu step yg ke 6 nya,..he.he.he.he..:-):-):-)

    ReplyDelete
  21. mantap gan cendol bwt agan,ane berhasil odex andromax jb ane,cusrom ane pke maxperia,skrg udh wuzzz.....lbiihkenceng lari ny,lebih irit batre nya..makasih gan,ane tgu step yg ke 6 nya,..he.he.he.he..:-):-):-)

    ReplyDelete
  22. Buat agan master, ane mhon ptunjuknya donk, sya punya advan vandroid s5e yg mogok di tulisan android gara2 wktu itu saya coba menmbahkan file image di folder framework-res\res\drawable-nodpi, sya udah coba pke cwm n data dari handphone yg sma, tapi tetep ga bsa, knpa ya?

    Mhon ptunjuk dari master smuanya . . . .

    ReplyDelete
  23. Slam knal buat agan smuanya , , ,
    gan Mau tnya nieh, sya punya advan vandroid s5e yang mogok di tulisan android gara wktu itu sya nambahin image di folder framework-res\res\drawable-nodpi, N sya udah coba memperbaiki melalui cwm dan data dari hh yg sma, tpi ga bsa jg , , ,

    Mhon ptunjuknya dari para master smuanya . . . . .

    ReplyDelete
  24. Gan aku pakai hp cross a66 custom rom nexus brhsil gak kira2 nerapin inin saat boting animationnya lam ap bentar kalau berhasil

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email