Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. IV

Posted by

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. IV - Bila di bagian ke I, ke II, dan ke III lebih saya tekankan pada cara menambah RAM, bagian ke IV ini saya utamakan performa.

Eh udah ke IV ya? :)

Sebetulnya malam ini tadi gak ada niat sama sekali untuk melanjutkan tips menambah ram android. Besok saya juga sudah mulai melaksanakan UAN. Mata pelajarannya Bahasa Indonesia dengan paket 30 soal yang 10 untuk cadangan.

Memang niat sekali pemerintahan ini. Seperti apa nanti hasilnya mudah-mudahan yang terbaik dan berjalan dengan lancar. Amin

Pada tutorial mendongkrak kinerja android ini, saya berikan 10 tips yang mungkin bisa anda coba atau jadikan referensi. 10 tips dibawah ini sangat penting guna membuat performa android anda lebih smooth dan lebih kencang.

RAM Booster
Tips 1: Hapus Aplikasi yang Tidak Penting/Tidak Digunakan
 
Sebetulnya tanpa anda sadari ada banyak macam aplikasi-aplikasi yang kemungkinan tidak pernah anda sentuh satu kalipun berjalan dibackground. Misal, Timescape. Tanpa anda ketahui sebetulnya itulah yang membuat kinerja android anda lambat. Maka dari itu daripada bikin ponsel android lemot lebih baik diuninstall.
 
Anda bisa menguninstall aplikasi-aplikasi system/pihak ketiga yang tidak anda gunakan. Dan apabila suatu saat nanti anda membutuhkannya, backup terlebih dahulu aplikasi tersebut menggunakan TitaniumBackup atau AppMonster atau semacamnya.
 
Tips 2: Jangan Menginstall Aplikasi di SDCard
 
Perlu anda ketahui kebanyakan visitor yang datang ke blog ini adalah mereka yang mencari tutorial cara memindahkan aplikasi android ke SDCard. Saya memiliki tutorial semacam itu beberapa artikel. Ada tutorial memindah aplikasi menggunakan Link2SD, App2SD, DC2SD, Move2SD, dan lain-lain.
 
Pada dasarnya kita bisa menginstall aplikasi android sebanyak yang kita mau, tergantung besar memory internal android yang ada. Apabila dirasa kapasitas memory tidak cukup, maka kita bisa menginstallnya di SDCard. Tapi, dampak buruk akibat kita menginstall aplikasi di SDCard yaitu android kita performanya turun. Tidak sebagus kita menginstall aplikasi di internal. Alasannya cukup singkat. Karena speed SDCard itu tidak secepat storage internal (walaupun SDCard nya kelas 10).
 
Jadi bila ingin performa android anda maksimal, install aplikasi di memory internal.
 
*Saya tidak melarang/tidak mewajibkan menginstall aplikasi di internal karena saya sendiri juga memakai metode install aplikasi di SDCard.
 
Tips 3: Gunakan Widget Secukupnya
 
Widget memakan RAM yang lumayan besar. Semakin banyak widget yang anda pasang semakin banyak RAM anda terkuras.
 
Gunakan widget seperlunya saja, kalau perlu pakai launcher yang tidak menyediakan fitur widget.
 
Tips 4: Gunakan Wallpaper Statis
 
Live Wallpaper dan Wallpaper berjalan yang menawan itu tanpa anda ketahui juga banyak menghabiskan RAM. Pakai Wallpaper Statis untuk membuat ponsel anda lebih cepat.
 
Tips 5: Lakukan Manual Kill aplikasi
 
Jangan berfikir apabila anda sudah meng-kill aplikasi melalui aplikasi seperti Task Killer aplikasi yang anda pilih sudah lenyap. Itu belum tentu. Coba anda lihat di menu Running Services di system. Itulah aplikasi yang sedang berjalan yang sesungguhnya.
 
Kill aplikasi yang tidak penting :)
 
Tips 6: Jangan Memakai Fitur Auto Schedule di Task Killer
 
Karena Task Killer juga merupakan aplikasi yang memakan RAM, bila fitur Auto Schedule diaktifkan maka setiap saat Task Killer akan melakukan scanning terhadap aplikasi anda.
 
Tips 7: Root Ponsel Anda
 
Ada banyak keuntungan bila kita telah me-root ponsel kita. Android akan menjadi lebih open source, bisa menginstall beragam aplikasi, dan yang perlu anda tahu rooting bisa menambah performa android. Jadi, silahkan diroot :)
 
Tips 8: Coba Ganti Launcher
 
Launcher ada beraneka macam jenisnya. Masing-masing launcher juga memiliki kapasitas yang berbeda. Tidak ada salahnya bila anda mencoba eksperimen memilih-milih launcher yang ringan dan tidak memakan banyak RAM.
 
Tips 9: Install Custom ROM
 
Tips 10: Overclock

Referensi lain :


Semoga 10 tips diatas bisa menghilangkan penyakit lemot pada ponsel android anda :)

*Sudah saya mau belajar


Blog, Updated at: 7:13:00 PM

1 komentar:

  1. I'm gone to convey my little brother, that he should also pay a quick visit this webpage on regular basis to obtain updated from latest news.

    Here is my web page - fountains

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email