» » Tutorial Cara Root Sony Xperia Tipo ST21i Tapioca

Tutorial Cara Root Sony Xperia Tipo ST21i Tapioca - Minggu ini kemungkinan yang banyak saya bahas di blog yusronkrista.blogspot.com ini tutorial mengenai rooting melihat banyaknya pertanyaan dan request yang datang kepada saya mulai dari Cara Rooting Samsung Galaxy Young, rooting Samsung Galaxy Wonder, rooting Sony Xperia Neo, rooting Sony Xperia Ray, dan masih ada lagi yang lain termasuk rooting Sony Xperia Tipo alias Tapioca. Tapioca bukannya sejenis tepung itu ya?

Kemarin pernah saya bahas mengenai pengertian rooting android dengan berbagai macam keunggulan yang akan kita dapat setelahnya dan tentunya tetapi di iringi kekurangan-kekurangan yang mungkin bisa merugikan anda. Silahkan anda baca postingan tersebut sebelum anda melanjutkan ke proses rooting.

Baik langsung saja ke pokok pembahasan, silahkan anda simak Tutorial Cara Root Sony Xperia Tipo ST21i Tapioca berikut. Do with your own risk.

Xperia Tipo ST21i A.K.A Tapioca
Xperia Tipo ST21i A.K.A Tapioca
Yang perlu dipersiapkan dalam proses rooting Xperia Tipo yaitu sebuah software bernama PC Companion (klik untuk download) yang akan kita jadikan driver Tipo -atau kalau anda memiliki driver Xperia Tipo yang asli tidak perlu anda install PC Companion-, dan satu buah lagi software BAT bernama Root with Restore (klik untuk download). Untuk settingan ponselnya, nyalakan USB Debugging Mode di Setting < Developer Option < USB Debugging. Aktifkan juga option untuk menginstall aplikasi tak dikenal di Setting < Security < Unknown Sources.

Baik semua persiapan sudah lengkap, sekarang mari kita mulai. Pertama-tama install PC Companion yang sudah anda download. Ekstrak juga Root with Restore ke dalam satu folder di drive anda. Sambung ponsel Xperia Tipo anda menggunakan kabel data dan pastikan driver PC Companion bekerja sehingga ponsel sudah benar-benar terhubung dengan komputer.

Kemudian jalankan RUNME.BAT hasil ekstrakan Root with Restore. Kira-kira seperti ini tampilannya :

RUNME.BAT Xperia Tipo ST21i A.K.A Tapioca
RUNME.BAT
Tekan angka 3 pada aplikasi BAT tersebut sampai muncul syntax kurang lebih seperti ini :
Normal mode enabled!
Please connect device with adb-debugging enabled now
1614 kb/s (1085140 bytes in 0.656s)
698 kb/s (22364 bytes in 0.031s)
2510 kb/s (843503 bytes in 0.328s)
Setelah itu, pada layar Tipo anda akan muncul warning Restore. Tekan saja restore (yang sebelah kanan kalau tidak salah) dan pada RUNME.BAT akan menjadi seperti ini :

RUNME.BAT Xperia Tipo ST21i A.K.A Tapioca
RUNME.BAT
Tinggal sedikit lagi proses selesai. Setelah anda tekan restore, Tipo anda akan merestart secara otomatis. Tunggu hingga booting selesai dan pastikan tidak ada error atau bootloop/ gagal start up atau kejanggalan-kejanggalan lain. Biarkan kabel data anda tetap terpasang di komputer.

Setelah kelar rebootnya, coba check di drawer apakah ada aplikasi bernama SuperUser. Apabila sudah ada, selamat anda sudah berhasil me-root Sony Xperia Tipo anda :)

Nanti syntax di BAT anda menjadi semacam ini :

RUNME.BAT Xperia Tipo ST21i A.K.A Tapioca
RUNME.BAT
Disini anda sudah bisa melepaskan kabel data anda dan saatnya oprek-oprekan dimulai.

*Dengan di root nya ponsel android maka aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses ke system menjadi terbuka. Silahkan anda install aplikasi-aplikasi root yang sekiranya anda butuhkan seperti file manager atau aplikasi backup dan saran saya jangan lupa untuk memulai itu semua dengan membaca postingan saya berjudul Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal (SD Card) karena bagi saya itu merupakan langkah awal menginstall puluhan aplikasi ke dalam ponsel android.

Sumber gambar : http://ekos60v5.heck.in/

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post