» » Tutorial Cara Menghapus Aplikasi System Android Dengan Mudah

Tutorial Cara Menghapus Aplikasi System Android Dengan Mudah - Kali ini akan saya share tutorial cara menghapus aplikasi bawaan handphone/ system android, yang mana biasanya aplikasi system seperti ini tidak bisa kita hapus secara langsung melalui aplikasi app manager bawaan.

Sebagai seorang androider yang suka utak-atik android, tentu anda tahu aplikasi-aplikasi yang tak berguna alias jarang dipakai hanya akan memberatkan kinerja ponsel sehingga anda akan mencari cara menambah performa dan melancarkan kinerja android atau anda mempunyai solusi lain dengan cara memindahkan aplikasi android ke sd card eksternal, namun bagaimana bila yang ingin anda pindahkan itu aplikasi system? Tentu saja tidak bisa.

Contohnya aplikasi GTalk. Saya tidak pernah menggunakannya. Karena apa? Karena ada deh pokoknya. Atau aplikasi Gallery. Gallery saya membosankan. Dibuka sering nge-lag dan kadang gambar-gambarnya tidak mau muncul. Solusi yang saya ambil, "Ah hapus saja lah daripada menuh-menuhin drawer saya. Saya kan sukanya yang simple dan minim".

Pada dasarnya ada banyak cara menghapus aplikasi system android, kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi system. Contohnya SystemApp Remover yang bisa anda unduh di Google Playsore.

SystemApp Remover
Apabila anda sudah mempraktekkan cara memindahkan aplikasi android ke sd card menggunakan Link2SD, aplikasi tersebut bisa anda manfaatkan.

Buka aplikasi Link2SD, cari aplikasi mana yang ingin dihapus, tekan + hold, nanti akan muncul beberapa option dan tersedia option untuk uninstall.

List Aplikasi Link2SD

Option
Cara lain yaitu dengan memanfaatkan Titanium Backup. Sudah tahu kan apa Titanium Backup? Titanium Backup merupakan aplikasi yang sangat berguna dan popular yang berfungsi untuk mem-backup aplikasi-aplikasi android yang tertanam di ponsel anda hingga ke data-datanya bisa ikut dibackup.

Cara menghapus aplikasi system android menggunakan Titanium Backup, buka aplikasi Titanium Backup anda dan pilih Tab Backup/ Restore, disana akan terlihat list dari aplikasi-aplikasi yang ada. Pilih aplikasi mana yang ingin anda hapus kemudian tekan dan akan muncul beberapa option, salah satunya uninstall.

List Aplikasi Titanium Backup

Option
Yang terakhir cara yang sangat mudah dan tidak perlu aplikasi ini itu, yaitu menghapus aplikasi system android langsung ke systemnya. Syaratnya handphone sudah harus dalam kondisi ROOT (baca Cara Root Android Tipe Samsung) dan sediakan satu file manager -seperti ES File Explorer-.

Buka aplikasi file manager anda dan masuk ke folder /system/app/ kemudian cari aplikasi mana yang ingin dihapus kemudian tekan + hold dan cari option delete dan terakhir reboot ponsel anda. Biasanya nama file didalam folder tersebut diakhiri dengan kata ekstensi .apk contohnya Browser.apk atau Camera.apk.

Folder /system/app/
Baik itu tadi beberapa trik cara menghapus aplikasi system dengan mudah. Jangan disalah gunakan tutorial ini karena apabila anda salah menghapus aplikasi system yang seharusnya tidak anda hapus, maka besar kemungkinan android anda error dan bootloop sehingga anda harus membaca tutorial flashing android dan juga tutorial cara memperbaiki android yang bootloop :p

Segala kerusakan ditanggung anda sendiri

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

34 comment(s):

  1. Kalau tentang android saya jujur Mas gak punya.Jadi gpp kan lihat dan memperhatikan saja. :)

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya, sayangnya saya belom punya smartphone android he..he..

    ReplyDelete
  3. makasih ilmunya kang, tapi mungkin langsung ke daftar unduh appstore juga bisa ya :)

    ReplyDelete
  4. @Abed Saragih gapapa mas abed :) terima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  5. @downloadsatujari daftar unduh appstore kan hanya untuk aplikasi yang sudah berhasil diunduh di appstore mas :) tidak bisa anda hapus aplikasi message bawaan hape di appstore :p

    ReplyDelete
  6. Link2SD syaratnya andoid harus sudah di root kan?

    kalau Titanium Backup gak ada syarat harus rooting dulu kan?

    hem... mau hapus beberapa app bawaan tanpa harus root nih.

    ReplyDelete
  7. @Harindra A. Falach titanium backup itu juga harus diroot. mendingan diroot dulu biar semua aplikasi pihak ketiga bisa jalan.

    ReplyDelete
  8. kaka, trims atas infonya,tapi aplikasinya ( systemapp remover ) berbayar tuh... ada yang free ndak? trims

    ReplyDelete
  9. Gan aplikasi bawaan apa aja yang aman di hapus. Ane pake galaxy y. Mohon pencerahan. Trims.

    ReplyDelete
  10. @Anonymous yang jelas aplikasi2 yang berdiri sendiri seperti browser, keyboard, launcher, musik, gmail, dan lain-lain. messaging juga aman untuk dihapus.
    *perlu diingat pastikan anda sadar apa maksud anda menghapus aplikasi tersebut. misal browser. anda jarang memakai aplikasi browser bawaan karena sudah ada penggantinya misal opera mini. atau misal gmail. anda menghapus gmail karena anda tidak pernah memakai app tersebut.

    ReplyDelete
  11. Thanks gan. Langsung ane coba.

    ReplyDelete
  12. Klo cara mengembalikannya gimana ya mas...thank's pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara ngembaliin nya kalau pakai custom rom mudah. tinggal dibongkar ROM zip nya kemudian cari di system aplikasi apa yang ingin dimasukin lagi setelah itu APK nya masukin ke SD Card baru deh di move ke /system/app/. tapi kalau pakai stock rom, cara satu-satunya diflash ulang

      Delete
  13. thank's mas...mantap infonya...

    ReplyDelete
  14. gan minta cara root galaxy ace dong...trmkasih..

    ReplyDelete
  15. gan tlg minta tutorial root buat galaxy ace....trimksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada. silahkan dicari di kategori root di blog ini

      Delete
  16. wah.... ini yg kucari... udh kucoba & sukses... thanks ya...

    ReplyDelete
  17. Gan gmna cara menghapus foto hasil auto backup dri picasa? Di galeri tidak ada DEL

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu langsung tersinkron dengan akun google nya deh mas. di menu settings gak ada gitu?

      Delete
  18. Iya nh gan, saya jg punya masalah auto backup yg ngga bisa di delete, mohon pencerahan nya gan, saya pakai samsug talaxy tab 2 versi jelly bean.

    ReplyDelete
  19. Root it ap ya mas. new bie android ini :D

    Mohon pencerahanya :D

    ReplyDelete
  20. gan kalau yg di system app. file yang berkextensen *apk di hapus semua ngaruh gak. maksugnya yg belakangnya ada tulisan .apk

    ReplyDelete
  21. di hp androidku ada .apk dan .odex, dua-duanya wajib di hapus juga?
    misal ane mau hapus camera.apk brati camera.odex nya juga di hapus?

    ReplyDelete
  22. gan cara hapus game hasil unduhan gimana ya
    dari android samsung galaxy grand duos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sobat grand duos juga neh..
      klu yg smple lgsung masuk recent page ja bray. tekan tombol home trus pilih unduhan. trus pilih apk yg mo d hapus.. hhee

      Delete
  23. semua tutorial baru bisa berjalan setelah andro di rooting, tanpa adanya ijin dari superuser maka apk bawaan akan mringis aja saat mau di uninstal
    (pengalaman pribadi)

    ReplyDelete
  24. hp udah di root tp pas menghapus aplikasi sistem hh mati sendiri
    solusinya gan..

    ReplyDelete
  25. hp udah di root tp pas menghapus aplikasi sistem hh mati sendiri
    solusinya gan..

    ReplyDelete
  26. Testing dulu om, Thanks ya. ditunggu update0an terbaru nya

    ReplyDelete
  27. susah juga bagi pemula, masuk ke rootnya yang masih bingung, terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  28. Akan saya praktekkan, moga berhasil tanpa ngerusak hp android saya

    ReplyDelete

For Your Information : Per-tanggal 4 Mei 2014, fitur user Anonim dimatikan seiring banyaknya komentar spam / promo / tidak sesuai dengan isi artikel muncul setiap waktu. Selain itu, blog ini juga telah memakai script Anti Block pada isi artikel. Jika Anda ingin menduplikasi artikel, Anda masih bisa mengakalinya. Namun perlu saya tekankan jika Anda menduplikasi dengan tujuan memperkaya isi suatu web / blog Anda, lebih baik jangan. Akan lebih bagus jika Anda menulis dengan hasil karya sendiri daripada mengambil konten milik orang lain demi kelangsungan blog Anda. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Terima kasih