Tutorial Cara Mengganti Font Android

Posted by

Tutorial Cara Mengganti Font Android – Kali ini saya akan memberikan cara merubah font android, melengkapi daftar koleksi tutorial android dasar di blog saya ini. Sebelumnya, emang masih ada yang belum bisa ganti font di android? Bener-bener katrok lu :p #Becanda
 
Biasanya kita yang suka ngoprek android, pasti tampilan yang tetap dijadikan nomor satu setelah performa. Karena kebanyakan dari kita beranggapan bahwa performa bagus namun user interface nya sangat buruk seperti halnya orang yang cerdas namun tidak mengenakan pakaian. Lantas apa saja yang mencakup dari segi tampilan?
 
Tentunya mulai dari tema hingga font termasuk hal yang mempengaruhi tampilan. Akan tetapi tidak hanya itu saja. Bentuk lock screen, status bar, icon, launcher, wallpaper, da lainnya juga ikut mengambil pengaruh besar terhadap interface. Namun yang sangat mencolok pastinya tema dan bentuk font.
 
Kemarin sudah pernah saya bahas masalah cara mengganti tema di android. Maka dari itu untuk melengkapinya saya tambah tutorial cara merubah font android.
 
Apakah ada font mania yang membaca postingan saya ini? Apakah ada symbianer yang mampir kemari? Berikut tutorial cara merubah font android :
 
Pertama persiapkan bahannya. Sebuah ponsel android, aplikasi Font Changer -unduh disini-, serta font. Untuk font, bisa anda gunakan font Unicode supaya nanti support untuk dikombinasikan dengan smart keyboard yang telah ditambah auto text nya. Untuk kumpulan font unicode, pilih salah satu disini.
 
Jangan lupa ponsel sudah harus di root.
 
Setelah semua terpenuhi, langkah kedua install aplikasi Font Changer.
 
Taruh font anda didalam folder .fontchanger (menggunakan tanda titik didepan kata fontchanger) di SDCard. Apabila folder tidak tersedia, buat sendiri secara manual.
 
Kemudian buka aplikasi tersebut. Seperti ini tampilan Font Changer :
 
Font Changer, Tutorial Cara Mengganti Font Android
Font Changer
Pada gambar diatas terdapat dua buah font yang tersedia untuk dipakai. Nanti font yang anda taruh di folder .fontchanger tadi akan otomatis di scan oleh Font Changer dan muncul didalam list seperti diatas.
 
Pilih font mana yang ingin anda gunakan. Setelah itu akan muncul dialog prompt dan tekan apply saja untuk melanjutkan. Setelah itu muncul pilihan Reboot Now dan Reboot Later. Terserah anda pilih yang mana :)
 
Font Changer, Tutorial Cara Mengganti Font Android
Dialog Prompt
Selesai. Anda sudah berhasil mengganti font android dengan lancar.

*perlu anda ketahui TUTORIAL INI HANYA UNTUK PENGGUNA GINGERBREAD. JANGAN SEKALI-KALI MENCOBANYA DI ANDROID VERSI ICS/JELLY BEAN, APABILA ANDA MENCOBANYA DAN TERJADI BOOTLOOP BUKAN MENJADI TANGGUNG JAWAB SAYA. Baca tutorial memperbaiki android yang bootloop apabila terjadi kesalahan.


Blog, Updated at: 5:44:00 PM

28 komentar:

  1. saya ada dua aplikasi pengubah font, dulu pas awal sih suka ganti ini itu, tapi lama2 mata jadi puyeng nggak nyaman jadi saya balikin ke font stock bawaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya nyari bentuk font yang sederhana aja dan gak mbengkang-mbengkong hurufnya dan yang penting font unicode :)

      Delete
  2. gan punya ane ketika ganti font pertam setelah install font changer itu bisa tapi cuma sekali, setelah itu mau saya ganti font lagi ketika pilih font dan klik apply setelah itu loading trus dan tidak ada pilihan reboot, solusinya gimana ya gan???

    ReplyDelete
  3. @yasfi khoiron dicoba lagi aja mas. coba setelah di restart langsung buka font changer trus ganti font. biasanya itu lama karna ponselnya berat.

    ReplyDelete
  4. Klo pake CM10.1-20130310-NIGHTLY-tass bsa ganti font g...?
    Thanks

    ReplyDelete
  5. Klo pake CM10.1-20130310-NIGHTLY-tass bsa instal font ap g???

    ReplyDelete
  6. Klo pake CM10.1-20130310-NIGHTLY-tass bsa instal font g....thanks

    ReplyDelete
  7. Klo pake CM10.1-20130310-NIGHTLY-tass bsa ganti font g...?
    Thanks

    ReplyDelete
  8. @doyy bisa tapi tidak keseluruhan ganti. kalau ingin ganti keseluruhan harus diedit font ttf nya.

    ReplyDelete
  9. gan minta tlg, ane pengguna android ics sony tipo
    tipo ane udah rooted lalu ane gnti font dg font changer dan berhasil, stlh itu ane pngen gnti font lain, pas ada perintah reboot ane ok, tp akhrnya tipo ane gak bs msuk system alias gagal booting. Mohon solusinya
    Mahyul

    ReplyDelete
  10. Numpang nanyak.....
    Hp saya andromax e860,bisa gak fontnya di ganti,.....?

    ReplyDelete
  11. Numpang nanyak......hp saya andromax e860,bisa gak fontnya di ganti....?

    ReplyDelete
  12. @Anonymous bisa masuk ke recovery gak? :) di wipe saja kalau sudah gagal booting.

    ReplyDelete
  13. @yoga wahyu sepertinya bisa. tapi pastikan sudah diroot :)

    ReplyDelete
  14. kalo ngembaliin ke aslinya gmn mas?

    ReplyDelete
  15. cara ngembaliin ke aslinya gmn mas?

    ReplyDelete
  16. om nih bisa buat sony experia J ngga

    ReplyDelete
  17. cara edit font ttf ϑï cm10.1 yar keselurah ganti gimana gan, ,,,,,,??
    tutorial edit font ttfnya gan,,,,!!

    ReplyDelete
  18. kalau pakek cm10.1 gimana ngedit font ttfnya,,,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggoooo : http://yusronkrista.blogspot.com/2013/06/cara-mengganti-font-android-jelly-bean.html

      Delete
  19. Tidak semua android bisa di ganti fontnya dengan aplikasi tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas kan sudah tertulis hanya untuk ginger. untuk ics keatas harus dirubah dulu klasifikasi font nya. saya punya tutorialnya. silahkan dicari

      Delete
  20. saya udah coba ganti font pake fontchanger. udah reboot juga.
    tapi kenapa tampilan fontnya masih sama seperti sebelumnya ya? hanya berubah di keyboard nya saja.
    mohon jawabannya. thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fontchanger nya versi berapa? pakai cara diatas atau cara yang lain? yang dipilih menu basic atau advanced? :) kalau basic (seperti pada tutorial diatas) harusnya itu berubah menyeluruh

      Delete
  21. permisi om saya mau nanya , cara ganti font di android g mana ya , maksud nya kalau kita instal font hadwriting , lawan kita juga melihat font yg serupa
    terima kasih ... !

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email