Syarat Jadi Master Android

Posted by

Syarat Jadi Master AndroidAnda merasa pintar masalah android? Anda merasa menjadi master soal android? Jangan ngaku jadi master android kalau belum pernah ngalamin hal dibawah ini :

1. Boot Loop
Handphone android anda me-restart berulang-ulang kali. Sudah masuk ke bootlogo, kemudian masuk ke homescreen atau belum sampai ke homescreen sudah kembali restart lagi.

Tutorial Memperbaiki Android yang Bootloop

2. Hilang IMEI
Yaitu munculnya IMEI dengan nomor 0 semua (atau nomor aneh lain) di status ponsel anda. Cara melihatnya bisa di menu settings atau check di *#06#. Bagi yang belum sempat check IMEI, ada tanda-tanda khusus untuk memastikannya yaitu hilangnya sinyal ponsel anda, padahal kartu yang anda pakai di tempat anda berada sudah tentu ada sinyal. Biasanya Samsung Galaxy Mini yang sering kejadian.

3. Stuck di Bootlogo
Stuck di boot logo maksudnya ponsel macet/ berhenti di logo bootnya saja (tidak masuk-masuk ke homescreen).

4. Gagal Flashing
Ketika sedang melakukan flashing, baik flashing custom rom via Recovery atau via Flash Tools (untuk update firmware/ kernel) tiba-tiba koneksi putus –akibat kabel kendur atau tidak sengaja ditekan tombol cancel-. Selain koneksi putus, bisa juga karena firmware/ rom corrupted.

5. Ponsel Mati Total
Ponsel Mati Total, kita tidak bisa menyalakannya kembali karena semua hardware mati, atau tidak bekerja sama sekali. Tidak bisa dinyalakan dengan tombol power, apalagi masuk ke recovery. jalan satu-satunya adalah membawanya ke service senter.

6. Salah Over Clock
Ponsel android tidak mampu/ tidak bisa merespon system akibat frekuensi CPU yg terlalu tinggi dikarenakan over clocking yang sangat berlebihan (misal dari 600 ke 810). Akibatnya ponsel nge-brick.

7. Freeze
Terjadi apabila ponsel android tidak stabil dengan settingan frekuensi CPU yang di-set. Gejalanya ponsel tidak bisa melakukan proses apapun, tombol tidak bisa merespon, begitu juga dengan touchscreen.

8. Partisi SDCArd Hilang
Secara default file system SDCard adalah FAT32, tiba-tiba SDCard tidak terbaca kemudian dianggap blank SDCard atau partisi seperti tidak dikenali. Apabila di-check menggunakan komputer, SDCard meminta akses untuk mem-format.

Bagaimana? Sudah pernahkah anda mengalami semua hal diatas? Atau mungkin hanya beberapa saja?

Saya pribadi belum pernah mengalami hilang IMEI sama Mati Total. Tidak sampai segitunya kalau untuk saya :p

Baik kemudian apabila anda ingin mengalami/ mencoba problem-problem diatas, berikut ini tips nya :


Tips Merusak Ponsel Android


1. Tips Supaya BootLoop
Silahkan anda mencoba edit permissions secara ngawur pada ROM/ Firmware yang ingin anda install. Insya allah bootloop. Kalau tidak, coba install kernel (misal) kernel Xperia Z di Xperia X10 Mini anda. Cara lain, install Font Changer dan rubah semua settingnya. Tetapi untuk anda yang memakai android seri ICS/ Jelly Bean langsung saja install Font Changer kemudian restart langsung (karena selama ini menurut sepengetahuan saya Font Changer tidak compatible dengan custom rom ICS/ Jelly Bean).

2. Tips Supaya Hilang IMEI
Pada saat ingin menginstall ROM, jangan di wipe. (Untuk point ini sedikit susah karena jarang juga ponsel hilang IMEI kecuali untuk jenis ponsel yang saya sebutkan diatas)

3. Tips Supaya Stuck di Bootlogo
Over Clock ponsel android anda, posisikan di frekuensi tertinggi dan Restart. Apabila tidak masuk ke homescreen, berarti itu Stuck.

4. Tips Supaya Gagal Flashing
Gampang sekali. Cabut kabel yang terhubung antara ponsel dengan PC anda saat melakukan flashing. Khusus yang memakai Samsung, bila memakai odin bisa anda bolak-balik bagian-bagiannya.

5. Tips Supaya Mati Total
Celupkan ke air. (Kecuali untuk Xperia Z. Direndam sehari semalam pun kemungkinan tetap menyala)

6. Tips Supaya Freeze
Over Clock ponsel android anda, posisikan di frekuensi tertinggi dan Restart. Apabila berhasil masuk ke homescreen, tunggu beberapa saat. Saya pastikan ponsel anda tidak bisa diapa-apakan.

7. Partisi SDCard Hilang
Silahkan anda install ROM nya CyanogenMod versi terbaru yang sudah memakai script Mount Ext (ICS/ Jelly Bean). Cara lain, cabut SDCard anda dari dalam ponsel saat hendak menyimpan sesuatu.

Semoga dengan mendapatkan masalah-masalah seperti itu bisa membuat anda menjadi sedikit lebih kreatif dalam bermain android. Saya pribadi bukan master android karena whatever dengan kata “Master” saya disini hanya salah satu orang yang menyukai system operasi android.

Yang terakhir, apabila anda tidak menemukan solusi memecahkan masalah-masalah diatas bisa anda tanyakan dikolom komentar dibawah.

Referensi saya dapat dari Komunitas Android Indonesia


Blog, Updated at: 10:28:00 PM

19 komentar:

  1. saya mau jadi penikmat aja deh hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mau kalau disuruh menikmati ;) eh,

      Delete
    2. lah iya, jadi penikmat itu lebih enak :D nggak perlu tau koding-koding xml, dan compile file di android, apalagi nambahin script disana-sini hahaha

      Delete
  2. cara merusah android paling mudah...
    loncat setinggi2nya dengan membawa hp android anda, kemudian langsung lempar ke bawah dengan sekencang2nya..
    dijamin 100... :D :D :D

    ReplyDelete
  3. ok punya nih tips nya. hahahaha

    www.yahsya.com

    ReplyDelete
  4. tergantung brandednya, berkualitas atau ga boz ?
    punya ane galaxy tab 2 dah dioprek habis-habisan fine aza tu ?
    tapi punya anak ane yang cyrus atompad lite gak pernah di oprek masih prawan 100 %.
    sering error bahkan barusan terjadi stuck bootloop padahal gak di apa-apain.
    gimana kita jadi pinter kalau cuma jadi penikmat doang boz.
    kayak suami ane dia cuma lulusan smu gak pernah kuliah di IT .
    tapi dia bisa jadi desainer web, progamer komputer, dan untuk androit dia ngoprek tablet ane habis-habisan kalau mentok terjadi error dia browsing untuk nyari solusinya.
    kalau gak nemu solusi tinggal flash ulang ke SC pasti beres.
    karna dia mau belajar maka dia sering memperbaiki tablet temen2,lumayanlah bisa dapat tambahan belanja ane.

    ReplyDelete
  5. tergantung brandednya, berkualitas atau ga boz ?
    punya ane galaxy tab 2 dah dioprek habis-habisan fine aza tu ?
    tapi punya anak ane yang cyrus atompad lite gak pernah di oprek masih prawan 100 %.
    sering error bahkan barusan terjadi stuck bootloop padahal gak di apa-apain.
    gimana kita jadi pinter kalau cuma jadi penikmat doang boz.
    kayak suami ane dia cuma lulusan smu gak pernah kuliah di IT .
    tapi dia bisa jadi desainer web, progamer komputer, dan untuk androit dia ngoprek tablet ane habis-habisan kalau mentok terjadi error dia browsing untuk nyari solusinya.
    kalau gak nemu solusi tinggal flash ulang ke SC pasti beres.
    karna dia mau belajar maka dia sering memperbaiki tablet temen2,lumayanlah bisa dapat tambahan belanja ane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan test masukin ke download mode hh yg branded nya okeh..terus agan klik repartion..isi dengan file pit yg tidak seharusnya.... klik tab pda and isi dengan firmware yg bukan seharusnya... klik start... tunggu proses sampe selesai... klo hh g idup and odin g ngerespon berarti agan berhasil ngerusak hh agan...maximal di klo di bawa ke service center ganti mesin.. minimal di flash pake mesin riffbox jtag...kalo g kenpa berarti itu satu hal yg patut di syukuri and silahkan agan coba lgi klo masih penasaran... menurut ane ini cara yg simple,g usah pake berdiri banting-banting hp atau melakukan aktrasi extreme lain nya dengan meng exekusi kejam hh agan....hehehe

      Delete
  6. semua masalah diatas sudah saya alami gan, bahkan saya sudah 3 andromaxi yg jadi korban, sekarang yg ke 4 mati total akibat saya ganti kernel via cwm, sungguh sangat pusing gan jadinya

    ReplyDelete
  7. Udah ngalamin semua tapi kenapa gak kadi master juga ya???

    ReplyDelete
  8. Mantap gan ampir semua tapiasih.juga nubie

    ReplyDelete
  9. Udah ngalamin semua tapi kenapa gak kadi master juga ya???

    ReplyDelete
  10. imei ane udah lenyap om,,, skrng untuk mengembalikan ny bgmn om ??

    ReplyDelete
  11. Penyebab aplikasi tidak merespon di android apa dan solusinya..
    Tolong dibantu Gan..

    ReplyDelete
  12. ak dah bsa hmpir s'mua kcuali IMEI hilang,, pnya ane overclock 832Mhz ke 1248Mhz aman ,, ,,
    mhon bntuan IMEI ane hilang galaxy y S5360 ,, ,,

    ReplyDelete
  13. kalau saya IMEI masih kebaca, cuma ini yang saya alami "hilangnya sinyal ponsel, padahal kartu yang saya pakai di tempat saya berada sudah tentu ada sinyal" kalau fungsi lain berfungsi dengan baik. mohon bantuannya!?

    ReplyDelete
  14. kalau IMEI masih kebaca, HH xperia E dual C1605 yang saya alami "hilangnya sinyal ponsel saya, padahal kartu yang saya pakai di tempat saya berada sudah tentu ada sinyal" fungsi lainnya masih bekerja dengan baik, mohon pencerahannya. please?!??!

    ReplyDelete
  15. Master tolongin nih, galaxy tab 2 ane gejala awalnya suka ngerestart sndiri, di factory reset udah dan sukses tulisannya tp entah kenapa pas dia restart hbs factory tadi malah gak kenapa2, kyk gak di factory gitu. Terus ane flash via odin jg, flash nya sukses (pass warna ijo) tp pas dia restart ya tetep aja gak ada perubahan, tolong bantuin ane mastaah...

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email