» » Cara Mengetahui Apakah Android Sudah di Root atau Belum

Cara Mengetahui Apakah Android Sudah di Root atau Belum - Beberapa hari yang lalu ada seseorang yang bertanya kepada saya lewat G+ mengenai bagaimana cara membedakan handphone android second yang sudah di root dengan yang belum di root. Jarang ada orang yang memberi pertanyaan seperti itu kalau orang tersebut tidak khawatir mengenai masalah keamanan dan lisensi/ garansi. Mungkin ia khawatir kalau ponsel android sudah di root akan cepat rusak dan tidak laku dijual.

Sebetulnya perlu kita ketahui bahwa Root itu sangat banyak kegunaannya. Tapi tentunya juga ada dampak jeleknya. Jujur saja saya malah merasa tidak safety kalau tidak di Root. Hehe


Baik, bagaimana cara mengetahui android sudah di root atau belum? Jawabannya sangat mudah. Pertama-tama lihat di menu drawer anda. Cari apakah ada aplikasi dengan nama SuperUser atau SuperSU. Kalau tidak ada, berarti selamat ponsel android anda belum di root dan walhasil lisensi garansi masih berlaku untuk anda :)

Tapi apakah anda masih ragu? Mari kita teruskan. Sekarang cari aplikasi terminal emulator. Download Android Terminal Emulator di Google Play Store.


Terminal Emulator ini akan kita gunakan untuk memastikan apakah ponsel android sudah di root atau belum. Namun sebetulnya kita juga bisa menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan akses root seperti DroidWall, Titanium Backup, Link2SD, Root Explorer, dan lain-lain.

Buka Android Terminal Emulator, ketik perintah SU kemudian tekan enter.

Apabila muncul prompt SuperUser atau SuperSU, maka android sudah berstatus rooted.


Itu tadi cara sederhana untuk memastikan apakah ponsel android sudah di root atau belum. Untuk anda yang memiliki android hanya sekedar untuk gaya-gayaan, sms'an, telpon-telponan, sosial media, lebih baik tidak usah di root karena akan lebih beresiko bila di root. Silahkan bertanya-tanya dikotak komentar apabila masih ada yang belum dimengerti.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post