» » Tips Cara Mempercepat Download File Besar di Android

Pernahkah anda mendownload sebuah file yang ukurannya lumayan besar dari ponsel android? Atau pernahkah anda merasa download file di android memakan waktu yang cukup lama karena koneksinya lelet? Pernahkah anda gagal mendownload file karena time-out/koneksi lambat?

Ya, pasti anda pernah. Rasanya pasti jengkel dan frustasi karena -misal- file yang tadi anda download menjadi corrupt akibat proses downloadnya gagal padahal itu file yang sangat penting dan anda sudah kehabisan banyak waktu menunggu proses download. Saya sendiri juga pernah loh :/ #TadiMalam

Tapi tidak perlu kecewa karena itu semua bukan salah anda. Ada beberapa Tips Cara Mempercepat Download File Besar di Android yang bisa anda uji coba di ponsel android kesayangan anda. Melibatkan beberapa penambahan tweaks di system serta beberapa aplikasi pihak ketiga yang kegunaannya untuk menambah kecepatan internet android.

Tadi sempat saya browsing dan saya coba mendownload file ukuran besar -sekitar hampir 200MB- dan itu berhasil dengan waktu yang relatif cepat. Saya coba juga di ponsel android milik rekan saya yang type handphone nya sama dengan milik saya dan ternyata tidak kuat. Setelah di klik langsung "Downloading Failed".

Berikut tips nya :

1. Maksimalkan Kecepatan Internet Android Anda
Ya,  Maksimalkan Kecepatan Internet Android Anda dengan cara menambahkan sedikit script ke system anda supaya koneksi internetnya semakin oke. Baca disini

2. Gunakan Browser Yang Bagus
Opera Mini sebagai browser handphone menurut saya browser yang sangat bagus dibanding browser-browser lain. Mendukung fitur kompresi yang mana kita akan menjadi lebih hemat dalam menggunakan layanan data.

-misal dari 10MB data yang semestinya kita keluarkan bisa dikompres menjadi hanya 100KB saja-

Selain itu dalam mendownload file, berkat adanya fitur kompresi tadi proses download juga otomatis menjadi lebih cepat.
Sampai disini anda sudah dapat mendownload file ukuran besar, namun masih ada satu tips lagi yang mestinya akan membuat kecepatan download anda menjadi berkali-kali lipat cepatnya.
3. Gunakan Download Manager
Yups, semua orang sudah tahu. Gunakan Download Manager, tentu fungsinya untuk melipat gandakan speed download. Selain itu juga kita bisa mendownload beberapa file sekaligus dalam satu waktu. Seperti pas kita memakai IDM di PC itu loo :O #NglirikYangSukaDownloadPakaiIDM
AndroGet
Download Manager di android bermacam-macam, yang saya sarankan yaitu  AndroGet. Fiturnya paling lengkap.
  • Mempercepat proses download.
  • Mendukung download file berukuran besar.
  • Bisa mendownload langsung dari browser maupun link share.
  • Dilengkapi dengan queue (antrian file download).
  • Bisa digunakan untuk Pause, Stop, Resume atau Retry ketika terjadi error saat proses download.
  • Mendukung proses download dengan menggunakan proxy.
  • Bisa merename atau overwrite file.
  • Mendukung Dropbox.
  • Mendukung berbagai situs file sharing seperti Mediafire, Uploadbaz, dll.
Sejujurnya IDM juga ada untuk android. Namun sangat simple -walau untuk download juga cepet-.

Sudah, tiga hal diatas merupakan kunci Cara Mempercepat Download File Besar di Android. Agar android anda terasa lebih ringan dioperasikan, baca sedikit tips disini.

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post