Mari Kita Hidupkan Kembali Mesin Tua Ini

Posted by

Memang setiap orang memiliki ambisi yang kadang kala ambisi itu tak terkontrol dan justru malah menyesatkannya seperti yang saya alami saat ini. Tiba-tiba galau melihat semua kepalsuan yang saya buat sendiri.

Pada awalnya saya buat blog yusronkrista.blogspot.com karena saya sadar akan pentingya suatu niche (yang kerap kali diomongin sama mas Kamil beberapa bulan lalu). Blog saya yang terdahulu, leciku.blogspot.com dengan trafik yang lumayan pada waktu itu namun ber-niche gado-gado (umum) membuat saya jadi ogah-ogahan mengurusnya. Saya jadi berfikir untuk mencoba membuat blog baru lagi. Tentunya dengan niche yang tertarget.

Berbulan-bulan saya vakum dari blog tersebut. Semangat blogging kosong. Waktu terus berjalan, sampai pada akhirnya semangat blogging saya muncul pada pertengahan desember tahun lalu (2012). Kemudian saya buat blog ini dengan pandangan cerah kedepannya, sukses, memiliki trafik yang tinggi dan dikenal banyak orang. #Resolusi :)

Hari demi hari saya lalui. Saya enjoy dengan blog baru ini. Teman blogger lama saya juga mulai banyak yang tahu kalau ini blog saya yang sekarang. Lama kelamaan sedikit demi sedikit pengunjung blog mulai naik. Jelas saya tambah semangat blogging. Hohoh. Namun tiba-tiba saya teringat dengan ide jahat (blackhat). Kan saya punya blog satu lagi. Trafiknya masih lumayan. Kan sudah tidak saya pakai. Isinya semrawut pula. Kenapa tidak saya DIRECT saja trafiknya ke blog ini?

Apa salahnya mencoba? Bagus kan untuk menopang blog ini. Akhirnya saya nekat tanpa pikir panjang. Saya pasangi script redirect di blog leciku ke blog ini. Begitu saya lakukan hal diatas, wuh dalam setengah hari saja visitor naik 5x lipat! Tentu ini juga mempengaruhi nilai alexa saya secara signifikan. Pastinya perasaan ini menjadi senang. Bahkan sangat senang. Saya merasa bangga dengan ide cemerlang ini.

Setiap hari terus dan terus saya lakukan optimasi. Saya berkunjung ke blog-blog teman ber PR tinggi. Salah satu blog teman yang menginspirasi saya yaitu blog nya mas Andank. Dulu dia punya blog dengan domain nick name nya itu namun entah kenapa sekarang buat lagi dengan domain masandank.com.

Suatu hari, mas andank mosting artikel yang intinya alexa nya sudah tembus 1 juta. Blog nya mas andank hampir sama tanggal pembuatannya denga blog ini. Namun kok statistic nya beda jauh ya? Genap satu bulan blog ku masih memiliki alexa 2,5 jutaan. Blog nya mas andank kok tembus 1 jutaan? (900 berapa gitu). Apa mungkin SEO ku jelek :p atau gara-gara beda platform (alias blogspot sulit diajak main SEO) atau apa. Padahal kita berdua memulai dari NOL hampir secara bersamaan, bahkan saya juga dibantu trafik blog lama saya itu. Tapi kok..

Setelah itu saya berfikir merenung. Apa jangan-jangan karena trafik saya tidak murni. Bagaimana bila blog pertama saya tidak memberikan trafik ke blog ini. Oh No!

Hampir 70% visitor saya datang dari trafik leciku.blogspot.com. Itu berarti sama saja saya bohong. Bodohnya aku. Seharusnya saya berfikir sampai kesitu.

Seharusnya saya ingat kalau cara-cara instant seperti ini malah tidak menghasilkan apapun. Bahkan tidak bagus kedepannya.

Pada kenyataannya saya malah menjerumuskan pengunjung ke blog ini yang seharusnya dia tidak kesini/ tidak mengunjungi blog ini.
 
Mari Kita Hidupkan Kembali Mesin Tua Ini

Semenjak saat itu (kemarin), saya mulai berbenah. Saya cabut jalan pintas menuju keramaian itu. Tidak masalah kalau alexa nya nanti jadi naik. Saya cari ide bagaimana supaya kedua blog ini saling menguntungkan satu sama lain suatu hari kelak. Mengingat leciku.blogspot.com ber-niche umum, saya jadikan saja portal berita :)

Untuk blog ini biarlah trafiknya mengalir secara alami karena saya dulu juga memulai semuanya dari nol bolong.

Silahkan berkunjung ke leciku.blogspot.com untuk melihat-lihat (sudah saya Make Over penuh, hanya kurang sedikit perbaikan)


Blog, Updated at: 2:37:00 AM

5 komentar:

  1. Ehm, kok jadi terharu yah.. baca ini.,

    semangat baru, inspirasi baru, desain baru, semuanya baru di 2013..

    saran aja.. load blog yang leciku dibawah rata-rata, atau bisa dibilang super lambat -.-
    biasanya gitu langsung saya close.. tapi berhubung yang punya mas yus.. ya pengen liat keseluruhannya..

    selain itu, oke oke aja :D

    oiya mas.. boleh jujur ga, rasanya gimana punya blog niche ini ? saya yakin pasti beda..

    boleh share ga sama pembaca yang dulu setia blog leciku dan sekarang tiap mau ngomen ga tau yang dikomen akibat ga punya andro <<- this one

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe biasa aja mas gak usah terharu . orang sukses pasti pernah jatuh bangun jatuh bangun :p #Amin

      sebetulnya saya juga ngrasa begitu . namun ide yang muncul difikiran saya, mau saya jadiin portal berita si leciku . jadi yaa.. memang begitu portal berita kebanyakan :) saya anggap itu masih wajar :p

      rasanya pasti beda mas kamil . karena apa ? "karena kita itu berada dijalan yang kita suka dan kita kuasai" . sudah saya katakan diatas saya merasa lebih enjoy dengan blog yang sekarang . misal, kan saya suka android . saya buatlah blog bertema android . nah karena kita suka, tentu ide-ide dari pengalaman-pengalaman pribadi kita itu gampang munculnya sehingga mau mosting artikel pun selalu ada ide . berbeda pas saya pakai blog lama . terkadang saya bingung "mosting apa ya nanti.. duh.. apa ya.." . jadi intinya dengan blog berniche ini rasanya saya lebih terarah :)

      nah tambahan untuk yang koment tapi belum punya android . disini kan saya hanya sekedar share ilmu dan referensi secara umum . baik yang punya/ belum punya android semua berhak membaca . kalau mas kamil belum punya namun ingin ngoment, sudah tidak usah dihiraukan isi artikel saya . beri saja saya semangat "wah wah wah makin rajin nih mas yus ngupas android" sudah cukup buat saya :D

      Delete
  2. wajar-wajar aja ? Apa sepasrah itu ?
    Itu gambar gambar yang disana apa sudah dikompres dulu? kalo belum coba make FileMinimizer [link

    HTML coba dikompres juga, make ini [link

    waduh.. ya ya ya.. ampun mas.. saya khilaff.. -.-

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email