» » Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan Root Pada Android

Android SuperUser
Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan Root Pada Android | Pada hari jum'at kemarin setelah saya berhasil me-Rooting Samsung Galaxy Y milik teman saya dan alhamdulillah lancar tanpa banyak memakan waktu, sekarang akan saya beritahu apa sajakah kelebihan ponsel android yang di-root serta kekurangannya setelah di-root seperti yang sudah saya janjikan kemarin.

Namun sebelum kita tahu apa manfaat-manfaat rooting perlu kita pahami bahwa fungsi root pada dasarnya untuk membuka Hak Akses tidak hanya ke system tetapi kesemua lapisan yang membutuhkan akses administrator. Untuk itu, apabila anda menggunakan android hanya untuk keperluan dasar saja dan tidak anda gunakan untuk yang neko-neko sebaiknya tidak usah anda root ponsel anda.

Kelebihan Ponsel yang di-Root
  1. Mendapatkan Hak Akses Penuh (SuperUser)
    Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android. Android sendiri memproteksi system dikarenakan khawatir bila terjadi apa-apa pada penggunanya.
  2. Dapat Meningkatkan Performance
    Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda (Cloacking).
  3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi "Failure/Failed". Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Gemini App Manager. Baca Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal (SD Card)
  4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri. Jangan ngeres lo ya?
Kekurangan Ponsel yang di-Root
  1. Menghilangkan Garansi Android Anda
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root. Apabila garansi anda sudah tidak ada, maka anda tidak bisa pergi ke service center dengan harapan tidak dipungut biaya perbaikan.
  2. Masalah Keamanan Pada Android
    Ya, melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.
Referensi : www.bagas31.com
Gambar : www.droiddog.com
Bagaimana sekarang? Masihkah anda berniat untuk me-root ponsel android anda? Buat yang suka utak-atik seperti saya sih masih :)

About Yusron Kristanto

Hai, saya Yusron Kristanto -- seorang penggemar dan pengamat Android serta penulis. Paling suka diajak touring, pergi ke pantai, foto-foto, menikmati alam.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post